5 Plus Minus Menikahi Pasangan yang Karakternya Beda Jauh. Seru atau Justru Sering ‘Rusuh’?

pasangan beda karakter

Katanya cinta itu saling melengkapi, tapi katanya jodoh itu mirip. Lo, mana ya yang benar? Terlepas dari itu semua yang terjadi di lapangan memang beragam. Ada yang salah satu pendiam, pasangannnya cerewet. Ada yang dua-duanya menyukai film tertentu. Ada yang satunya pemarah, satunya lagi super sabar. Nah, yang terakhir ini yang katanya saling melengkapi karena sifatnya yang berbeda jauh. Akan tetapi ternyata memiliki pasangan dengan sifat yang berbeda jauh tak selamanya menguntungkan lo.

Advertisement

Selalu ada plus dan minus dari suatu hal seperti yang satu ini. Nah, mungkin kamu juga bisa menggunakannya untuk mempertimbangkan apakah mampu hidup dengan ia yang sifatnya berbeda jauh. Simak yuk selengkapnya!

1. Membiasakan diri dengan berbagai perbedaan dengan pasangan akan menaikkan kadar toleransimu

Saat sudah mulai terbiasa dengan pasangan yang memiliki perbedaan karakter yang jauh denganmu, maka kamu akan mulai terbiasa menerima perbedaan-perbedaan lain yang mungkin datang suatu saat nanti entah dari mana munculnya. Sehingga konflik bisa diminimalisir karena kamu sudah mampu berdamai dengan berbagai perbedaan.

2. Perbedaan pendapat mungkin sering muncul karena karakter kalian yang berbeda namun karena inilah diskusi jadi sering terjadi

Kadang kamu perlu untuk bertemu dengan seseorang yang memiliki sifat berbeda 180º denganmu agar tak selalu melihat dari satu sudut pandang saja. Dengan adanya perbedaan karakter maka akan muncul diskusi-diskusi yang menambah pengetahun baru dari sudut pandang yang berbeda, ujungnya kamu bisa menjadi sosok yang lebih fleksibel dan banyak tahu. Akan tetapi, hal ini baru terjadi kalau kamu mau bersikap terbuka.

Advertisement

3. Walau terdengar klise namun frasa ‘saling melengkapi’ saat kalian memiliki sifat yang berbeda juga bisa saja terjadi

Mungkin suatu ketika kamu akan merasa bahwa di beberapa sisi, kamu memiliki kepribadian yang kurang baik. Nah, saat itulah seseorang dengan sifatnya yang berbeda akan menutupi kekuranganmu. Katakanlah kamu merupakan sosok yang mudah meledak saat marah dan dia merupakan sosok penyabar yang akan meredam emosi. Mungkin juga dia sosok yang selalu serius, maka kamu yang ceria bisa saja membuat harinya lebih berwarna dan bergelimang tawa. Begitulah akhirnya kalian saling melengkapi.

4. Beberapa jenis perbedaan mungkin bisa ditoleransi tapi kalau sudah ke visi misi nanti bisa repot sendiri

Beberapa jenis perbedaan karakter mungkin masih bisa ditoleransi tapi kalau ternyata perbedaan karakter tersebut mempengaruhi hingga ke tujuan di depan maka kamu harus siap-siap repot sendiri. Pasalnya, hal yang satu ini merupakan sesuatu yang mendasar dan prinsip. Walaupun terjadi kesepakatan namun jika salah satu melakukannya dengan terpaksa maka kalian tidak bisa menikmati hubungan dan perjalanan menuju ke tujuan tersebut.

5. Setiap orang memiliki karakter berbeda, namun jika ego yang dimiliki sama tingginya maka pertengkaran akan sulit dihindarkan

Advertisement

Kalian mungkin memiliki beberapa sifat yang berbeda jauh namun kalau ada satu saja sifat yang sama yaitu memiliki ego yang tinggi maka kemungkinan pecahnya suatu pertengkaran tak bisa dihindarkan. Pasalnya pasangan dengan sifat seperti ini kemungkinan akan sulit menjadikan perbedaan sebagai sarana untuk toleransi malah masing-masing akan merasa paling benar sendiri.

Sebelum menikahi ia yang memiliki karakter yang sangat berbeda denganmu maka ada baiknya kamu menguji dulu seberapa mampu kamu untuk menoleransi segala perbedaan tersebut. Mungkin akan ada banyak hal baru dengan perbedaan tersebut, kalian juga bisa saling melengkapi, namun tak bisa dimungkiri bahwa pertengkaran juga bisa saja terjadi karenanya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE