5 Trik Cerdas Cegah Anak Merasa Bosan Selama Sekolah Daring. Semangat, Moms!

Cara Agar Nggak Bosan Belajar

Belajar secara daring mungkin akan memunculkan perasaan yang berbeda khususnya bagi anak-anak. Mereka yang terbiasa sekolah dan bertemu dengan teman-temannya kini harus belajar di rumah hingga waktu yang belum ditetapkan. Kondisi sekarang ini memang lebih aman jika kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan lain yang biasanya tatap muka harus dilakukan secara daring. Bagi orang dewasa mungkin nggak ada masalah, namun lain halnya dengan anak-anak yang justru mudah bosan saat belajar daring.

Advertisement

Sebagai orang tua, Moms harus punya cara agar anak-anak nggak mudah bosan saat belajar daring. Kalau dibilang jenuh, pastinya mereka akan sangat merasakan. Namanya juga anak-anak, pasti merasakan kerinduan untuk kembali bisa sekolah agar bisa bermain dengan teman-temannya. Akan tetapi, demi keamanan, sementara ini sekolah harus dilakukan secara daring. Agar anak nggak bosan belajar secara daring, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan.

Berikut cara yang bisa Moms lakukan agar anak semakin asyik kala belajar secara daring di rumah;

1.”Menyulap” ruang belajar menjadi lebih menarik. Agar anak nggak bosan, Moms perlu merombak ruangan belajarnya

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Ruang belajar adalah faktor penting untuk anak-anak. Apalagi kalau ada variasi yang berbeda setiap harinya, pasti semangat belajarnya juga akan meningkat. Berkorban sedikit untuk merombak ruang belajarnya nggak apa- apa ya Moms, semua demi anak agar nggak bosan selama daring.

Advertisement

2.Menyediakan perlengkapan belajar dengan barang-barang kesukaannya. Mereka bisa belajar sambil sesekali bermain

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Setiap anak tentunya memiliki barang-barang kesayangan lengkap dengan warna favoritnya. Di sini, Moms bisa menyediakannya di ruang belajar. Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan karena belajar sambil ditemani dengan barang-barang kesayangan. Coba deh, Moms!

3.Mendampingi anak ketika belajar daring. Anak akan lebih senang jika orang tua turut mendampinginya saat belajar

Photo by cottonbro from Pexels

Bagi anak-anak, mungkin sekolah secara daring sangat membosankan. Lain halnya ketika mereka didampingi selama belajar, pasti akan sangat senang. Moms bisa membagi waktu untuk mendampingi anak di sela-sela kesibukan saat bekerja. Dalam hal ini, peran orang tua yang sesekali ikut mendampingi akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

4.Mengajak anak bermain saat merasa bosan. Cara ini mampu meningkatkan lagi semangat belajarnya

Photo by cottonbro from Pexels

Moms pastinya paham kalau terlalu lama membiarkan anak belajar secara daring tanpa diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan hanya akan membuat anak bosan. Untuk itu, Moms perlu mengajaknya bermain sejenak ketika melihat si kecil nampak bosan. Cara ini akan membantu menumbuhkan semangat belajarnya lagi lo Moms.

Advertisement

5.Memastikan anak tetap sehat dengan menyediakan cemilan yang bervariasi. Biar anak tetap bisa “jajan” meski belajar daring di rumah

Photo by Angela Roma from Pexels

Bagi beberapa anak, mungkin yang paling kangen dari masuk sekolah adalah jajanan yang di jual di sekolah. Ini bisa Moms manfaatkan untuk membuat aneka jajanan sekolah sehingga anak bisa menikmatinya di rumah. Hal ini bisa Moms lakukan agar anak merasakan suasana sekolah.

Meski hanya melakukan hal-hal sederhana seperti di atas, nyatanya sangat membantu anak-anak dalam  belajar secara daring. Kebosanan pada anak akan sangat berpengaruh pada proses belajarnya, jadi Moms dan Dads perlu terus memupuk semangatnya, ya! Semoga cara diatas membantu ya Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE