Belajar 4 Prinsip Parenting ala Bill dan Melinda Gates. Tetap Bersahaja Walau Bergelimang Harta

Gaya parenting Bill Gates

Siapa sih yang nggak tahu Bill Gates? Seorang tokoh bisnis, investor, dan penulis ternama asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai co-founder Microsoft Corporation. Ternyata, selain menginspirasi dalam bidang teknologi, Bill Gates dan istrinya Melinda Gates juga menjadi sosok panutan karena gaya parenting-nya yang unik. Keberhasilan mereka dalam mengasuh ketiga anaknya memang patut diacungi jempol. Pasalnya, ketiga anak Bill Gates dikenal tumbuh sebagai pribadi yang dermawan dan sederhana. Padahal ya semua tahu, jumlah harta orang tuanya bukan main.

Advertisement

Dalam sebuah acara di Harvard University, Bill Gates mengaku bahwa urusan parenting memang lebih banyak dilakukan oleh Melinda. Meski begitu ia tetap berusaha untuk selalu dekat dan mendampingi anak-anaknya. Lantas seperti apa sih gaya parenting yang dilakukan oleh Bill Gates dan istrinya? Mengutip dari laman Bussiner Insider dan sumber lainnya, berikut pola asuh Bill Gates yang menginspirasi para orang tua milenial.

1. Penerapan konsep “Love and Logic” membuat ketiga anak Bill Gates tumbuh menjadi pribadi yang sederhana serta apa adanya

metode “Love and Logic” | credit: Tatiana Syrikova via www.pexels.com

Bill dan Melinda Gates memilih metode pengasuhan “Cinta dan Logika” yang sebetulnya sudah ada sejak tahun 1970-an silam.  Metode ini berpusat pada kendali emosi yang dapat meminimalisir reaksi emosional seperti berteriak atau membentak anak. Selain itu, metode ini juga mendorong orang tua untuk menyerahkan keputusan pada sang anak. Jadi, anak pelan-pelan mesti belajar bagaimana cara memecahkan masalahnya sendiri dan harus mampu menghadapi kemungkinan untuk gagal.

Psikolog anak Anna Surti Ariani dalam laman Hai Bunda menyebut bahwa, metode “Cinta dan Logika” ini akan memengaruhi kesuksesan anak di masa depan karena pembentukan karakternya sudah dilakukan sedari kecil. Walau nampaknya gampang, nyatanya hingga saat ini Bill Gates dan sang istri pun mengaku masih terus belajar dan kerap mengalami kesulitan. Tapi ia tak menyerah dan terus menjajal metode tersebut demi kesuksesan sang anak.

Advertisement

2. Bill Gates selalu menerangkan pada anak-anaknya bahwa mereka belum tentu bisa mendapatkan apa yang dimau, termasuk soal penggunaan ponsel

melatih sabar dan usaha | credit: Katerina Holmes via www.pexels.com

Sebagai orang tua mungkin kamu sulit berkata ‘tidak’ pada keinginan anak. Padahal hal tersebut mesti dilakukan supaya anak mau bersabar dan berusaha. Dalam hal ini sepertinya kamu perlu meneladani sikap Bill Gates dan sang istri. Mengutip laman Today, Bill Gates dan keluarga sepakat untuk menggunakan ponsel saat anak mereka sudah berusia 13 tahun. Secara nggak langsung, ketiga anaknya mesti menunggu sampai ulang tahun ke-13 untuk bisa memiliki ponsel sendiri.

Walaupun sulit, namun berkat penjelasan yang tepat Bill Gates dan Melinda dapat membuat anak-anak mereka menunggu. Karena menurutnya, dengan menerapkan aturan dan batasan di rumah, orang tua bisa melatih dan membantu kesabaran serta rasa puas anak-anak. Dengan begitu, anak-anak bisa belajar bersyukur dan mau menjaga barang tersebut karena mereka sudah bersusah payah mendapatkannya

3. Melinda dan Bill Gates tak membiarkan gender membatasi impian dan cita-cita anak mereka. Begitu pun dengan nilai akademis

Dalam laman CNBC, Melinda mengatakan kalau orang tuanya dulu percaya bahwa ia bisa melakukan apapun pekerjaan yang juga dilakukan oleh saudara laki-lakinya. Dari situ, ia tahu bahwa gender semestinya tak memengaruhi keinginannya dalam berkarier dan berkembang. Walau kenyataannya, masih ada saja seseorang yang memberi batasan kerja karena alasan gender. Namun sebisa mungkin Melinda dan Bill Gates akan menanamkan rasa kepercayaan diri pada anak-anak mereka supaya tak segan bermimpi dan tetap bercita-cita tanpa peduli jenis kelamin.

“Bill dan saya selalu tahu bahwa, seperti orang tua kami sendiri, kami akan membesarkan anak-anak kami untuk percaya bahwa mereka dapat melakukan apa saja tanpa jenis kelamin mereka membatasi pilihan mereka,” ungkap Melinda.

Di luar daripada itu, Bill Gates pun tak terlalu peduli pada nilai akademis anak-anaknya. Selama mereka punya karakter yang baik dan memiliki kemampuan memecahkan masalahnya, menurutnya nilai tak akan jadi persoalan.

4. Tak lupa Bill Gates pun menerapkan konsep ‘uang dan amal’ pada kehidupan anak-anak mereka

“When life has been good to you, give back”

Amal, kehidupan, dan kasih sayang adalah hal penting yang harus dipelajari oleh anak-anak. Disebutkan dalam laman, The Asian Parent, Bill dan Melinda pun meminta anak-anaknya untuk menabung sepertiga dari uang sakunya guna disumbangkan ke tempat yang memang mereka kehendaki. Untuk mendorong motivasi anak, Bill dan Melinda akan menambahkan jumlah yang sama sehingga uang amal mereka nantinya bisa jadi dua kali lipat. Dengan begitu, anak tak akan merasa berat dan tahu bahwa orang tuanya pun ikut berperan.

Selain itu, keluarga Bill Gates pun selalu menerapkan konsep kesederhanaan meski mereka bergelimang harta. Menurutnya, dengan hidup bersahaja, anak-anak bisa lebih siap menghadapi kehidupan keras di luar sana. Mereka juga akan menghargai arti dari ruang. Bahkan, Bill Gates dan Melinda tak segan menerapkan konsep “kerja berbayar” di rumah — anak diminta mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, kemudian diberi uang jajan yang cukup.

Nah, itu tadi pembelajaran dari pola asuh Bill Gates dan istri. Walau sebetulnya keluarga Bill Gates kaya raya tapi mereka tetap mengutamakan kesederhaan juga. Wah, bisa nih disontek 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE