Cerita Para Ibu Tentang Rasanya Melahirkan. Katanya, ‘Nikmat Walau Sakitnya Nggak Nahan!’

Rasanya melahirkan

Rasanya melahirkan itu gimana sih?

Advertisement

Pertanyaan yang mungkin sangat umum untuk dilontarkan kepada ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan. Bukan bermaksud kepo berlebihan, bagi yang belum pernah melahirkan, menanyakan hal tersebut merupakan rasa penasaran karena takjub dengan segala proses yang dilalui para ibu sebelum akhirnya bisa ‘membawa’ sang anak ke dunia. Yup, tentu saja hal ini nggak dilalui dengan mudah atau tanpa rasa sakit, baik yang melahirkan secara normal maupun operasi caesar.

Nah, sebenarnya gimana sih rasa sesungguhnya melahirkan itu?

Melahirkan normal atau caesar bukanlah jadi soal. Pada akhirnya, semua hanya tentang perjuangan yang taruhannya nyawa

rasanya gimana via www.pexels.com

Aku pribadi nggak pernah tahu rasa sesungguhnya melahirkan, sampai akhirnya sekarang udah punya 3 anak. Semuanya melalui proses normal dan rasanya, sungguh mantap. Meski kehamilanku termasuk yang tanpa kendala, tapi aku tahu banget rasanya mengandung 9 bulan sedangkan masih harus bekerja. Melahirkan normal memang sakit nggak tertahankan rasanya, tapi semuanya langsung sirna pas udah ngelihat anak kita lahir ke dunia. Kalau soal lahiran melalui prosedur operasi, aku juga udah sering dengar dari temanku kalau mereka juga ngerasain sakit luar biasa. Asli, semuanya tuh tentang perjuangan dan pertaruhan nyawa!

Vinna, 35 tahun

Advertisement

Rasanya melahirkan tuh memang susah digambarkan, harus merasakan langsung. Tapi, begini kira-kira kalau diwakilkan lewat kata-kata

sama aja sakitnya via www.pexels.com

Kalau boleh bilang, rasanya melahirkan tuh nano-nano. Kalau aku dulu (lewat proses normal), sembari nunggu bukaan lengkap, rasanya persis kayak orang nahan pup tapi nggak boleh mengejan kalau bukaan belum lengkap berjumlah 8. Momen ini tuh challenging banget! Di satu sisi, aku pengen banget cepet-cepet ngelihat anakku keluar, di sisi lain tenaga udah habis duluan karena nunggu bukaan lengkap sampai 12 jam! Tentu, ini bukan perjuangan mudah ya, susah banget malahan. Tapi, rasa syukurku lebih besar waktu itu, jadi ya enjoy aja sih.

Naomi, 29 tahun

Jangan menyepelekaan ibu-ibu yang melahirkan anaknya lewat operasi caesar. Mereka juga pejuang tangguh, rasa sakitnya pun sampai nggak bisa diutarakan!

don’t judge via www.pexels.com

Katanya, ibu yang melahirkan lewat operasi caesar itu bukanlah ibu seutuhnya. Katanya juga, mereka ini cuma mau proses instan tanpa harus mengejan dan menahan rasa sakit menunggu bukaan. Ah, kata siapa! Aku 2 kali melahirkan lewat operasi caesar dan rasanya, sungguh nikmat! Jahiran pasca operasi tuh masih ngilu meski udah setahun lebih, belum lagi kalau jalan atau ngangkat berat kudu hati-hati banget. Nggak usah judgemental sama ibu-ibu melahirkan caesar karena sama aja kok rasa sakitnya, pun pertaruhan nyawanya.

Misty, 35 tahun

Buatmu yang pengen tahu lebih dalam atau sekadar kepo gimana sih rasa sesungguhnya melahirkan, besok malam pukul 19.30 Hipwee YoungMom akan mengadakan live Instagram bareng Jamilatus Sadiyah. Ini dia detailnya!

Live with Jamilatus Sadiyah via instagram.com

Sampai jumpa besok ya, semua!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE