Dandan Cakep Meski di Rumah Aja; Cara Efektif Mama Jaga Kewarasan di Tengah Pandemi Corona!

well dressed stay at home

Mungkin para mama muda akan setuju kalau pakaian paling nyaman sedunia adalah daster atau piyama, rasanya kalau sudah pakai itu seperti bisa menguasai dunia. Makanya saat ada kabar work from home atau perintah untuk meminimalisir ke luar rumah maka intensitas dipakainya baju-baju rumahan tersebut akan semakin tinggi, malah mungkin baju perginya sudah sampai jamuran di dalam lemari.  Waduh~ Yah, pasalnya nggak ada tujuan khusus untuk memakainya.

Advertisement

Tapi mungkin setelah ini, para mama muda perlu mempertimbangkan untuk kembali mengeluarkan koleksi baju pergi dari luar lemari dan sesekali memilih mau memakai baju apa hari ini karena ternyata tetap berpenampilan rapi dan menarik di rumah ada kaitannya dengan emosi. Simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

Ternyata apa yang kamu pakai berhubungan pula dengan emosi, saat baju yang dipilih adalah piyama terus-terusan, ternyata dirimu bakal ikut stuck juga

Pakai daster/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Di masa pandemi ini mungkin kita sering merasa terisolasi, tidak terhubung dengan siapapun dan merasa sendiri walau sebenarnya ada suami atau si kecil di rumah. Hal ini yang membuat malas ganti dari baju daster atau piyama yang dipakai karena pada akhirnya jika semua sudah dikerjakan maka waktu akan lebih banyak dihabiskan di ruang tamu atau rebahan sambil main dengan anak di kamar.

Akan tetapi kata seorang fisioterapis bernama Jennifer Mussleman, ternyata memakai daster atau piyama seharian akan membuat kamu merasa stuck juga lo. Bahkan hal ini bisa membuatmu makan sembarangan hingga mengurangi suasana positif serta berkurangnya rasa terkoneksi dengan orang lain.

Advertisement

Sebaliknya, jika kamu memilih untuk mengenakan baju yang bagus seperti baju pergi di pagi hari maka kamu akan lebih semangat menjalani hari

Lebih semangat/ Credit: Mojok via mojok.co

Beecroft yang merupakan seorang pekerja sosial yang tersertifikasi menyatakan bahwa memilih baju bagus di pagi hari akan memainkan peran dalam meningkatkan mood sehingga lebih produktif, optimis, dan termotivasi. Saat kamu mandi di pagi hari kemudian memilih baju yang bagus untuk dikenakan maka semangatmu akan lebih terkumpul, percaya diri, dan siap untuk menghadapi hari. Hal ini juga bisa membuat kita memiliki performa lebih baik dan lebih fokus walaupun mengerjakan sesuatu hanya di teras rumah.

Jika kamu terheran-heran bagaimana bisa pakaian mempengaruhi mood seharian, ternyata cara kerjanya sama saat kamu menyetel musik lo~

Terlihat stylish/ Credit: The Bump via www.thebump.com

Hal ini mirip juga seperti saat kamu menyalakan lampu remang-remang dan menyalakan lilin untuk memberikan kesan romantis. Menurut Mussleman memakai pakaian yang bagus dapat melepaskan neurotransmiter di otak kita termasuk dopamin, serotonin, norepinefrin, dan endorfin yang dapat memercikkan perasaan bahagia. Zat-zat kimia ini dapat mendorong keadaan mental kita yang mana dibutuhkan di saat yang berat seperti sekarang. Jika mengganti piyama terasa sulit untuk dilakukan, maka ibu bisa mulai membuat jadwal apa saja yang harus dikerjakan seharian sehingga sekalian bisa membedakan pekerjaan rumah dan kantor, walau kami tahu pasti sulit. Coba deh, kalau pakai baju cakep dan dandan manis, pasti bawaannya juga ikutan semangat kan?

Walau memakai outfit bepergian tapi kamu bisa mulai menggantinya dengan yang selama ini justru tak pernah kamu pakai lo

Advertisement

Pake baju bebas/ Fashion Agony via fashion-agony.com

Tak hanya berpakaian rapi, kamu juga bisa tampil berbeda dari biasanya dengan memadupadankan baju yang jarang kamu kenakan. Baju cerah yang selama ini hanya kamu beli tapi tak pernah kamu pakai karena kurang percaya diri atau justru pakaian lain yang membuatmu terlihat ekstra bisa mulai kamu kenakan mulai dari sekarang. Jika kamu kesulitan memilihnya, seorang stylist bernama Brandon Tan merekomendasikan agar memilih satu baju favorit kemudian memadupadankannya. Sesuaikan juga ya saat akan ada meeting atau mungkin saat ini kamu sedang menyusui, pilih baju yang bisa memudahkanmu melakukannya juga. Dandan tipis-tipis juga bisa meningkatkan mood, biar muka nggak pucat melulu. Do whatever makes you happy deh pokoknya!

Walaupun di rumah saja, ternyata pakaian bisa memengaruhi mood-mu dengan sebegitunya. Yang tak kalah penting jangan lupa susun jadwal juga agar lebih terarah apa yang akan kamu lakukan seharian nanti ya~ Semangat, Bund!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE