Fotografer adalah mahluk yang kreatif dan artistik. Berbeda dengan seniman di bidang lain, mereka memiliki cara sendiri untuk melihat berbagai objek melalui mata.

Jika kamu meminta dia meletakkan dan menyusun alat makan di atas meja, misalnya, dia bisa butuh waktu lebih lama untuk menuntaskan tugas itu. Dia akan merasa wajib memperhatikan bentuk meja, mempertimbangkan bentuk dan warna piring serta makanan, sebelum menyusunnya sesuai the rule of thirds.

Begini cara dia melihat meja makan via thingsorganizedneatly.tumblr.com

Seorang fotografer akan mudah tersulut semangatnya ketika mengerjakan sesuatu, baik itu hobi maupun profesi. Bukan berarti profesi lain nggak memerlukan semangat. Tapi, menemukan dan mengabadikan keindahan adalah gairah tersendiri, dan gairah ini bisa membentuk seorang fotografer menjadi pribadi yang berbeda dari orang-orang kebanyakan. Itulah kenapa pacaran sama mereka bisa memberikan kamu pengalaman yang lebih unik, asyik, dan seru.

Nggak percaya? Supaya kamu lebih yakin, Hipwee udah siapkan alasan kenapa kamu mesti pacaran dengan fotografer.

1. Gak Ada Momen Romantis yang Akan Kalian Lewatkan.

Advertisement

Tiap Momen Selalu Ditangkap via lovesuckyeah.blogspot.com

Karena dia ke mana-mana bawa kamera, kamu gak bakal ketinggalan momen penting tiap kali kamu jalan bareng dia. Pacar fotografer selalu siap mengabadikan kejadian lucu, seru, dan emosional — bahkan saat kamu nggak menyadarinya. Tahu-tahu, foto manis kamu dengannya saat liburan kemarin menangkap matamu, dicetak rapi dan terpajang dengan pigura kayu mungil di ujung kamarnya.

2. Pacaran sama fotografer itu simple, hadiah ultahnya aja gampang dicari.

Shutter Release Kepik. Lucu, kan? via www.matchtechnical.com

Pusing tujuh keliling mencari kado yang pas buat pacar? Kalau pacaran sama fotografer, kamu gak usah pusing lagi. Cukup mudah kok untuk bikin dia bahagia. Beri saja hadiah yang berhubungan dengan fotografi. Jika kamera Leica terlalu mahal, kamu bisa menghadiahkan aksesorisnya dulu. Dia pun akan senang kalau kamu memberikannya sebuah kamera Lomo.

3. Dia tahu cara menghargai pasangannya…

Taking Care of you via 24.media.tumblr.com

Karena segala peralatannya bisa lebih mahal dari harga mobil, dia harus terbiasa ahli dalam menghargai dan merawat segala sesuatu yang berharga. Termasuk kamu :p

4. Bahkan di saat muram pun dia selalu bisa menemukan keindahan dari dirimu.

Dia Selalu Menemukan Keindahan via favim.com

Ke mana pun lensanya mengarah, dia selalu berusaha mencari keindahan — terutama di tempat-tempat yang nggak disangka orang. Mungkin bagi kamu gedung tua di hari mendung itu serem, tapi baginya itu set yang magis untuk foto-foto sama pacar.

5. No Make-Up, No Problem

Sebelum dan Sesudah via www.youtube.com

Jangan khawatir jika kamu belum dandan maksimal sebelum foto. Kamu bisa memintanya mengolah hasil jepretan di Photoshop. Lemak berlebih di pipi dan pinggang kamu juga bisa dipermak. Apapun yang kamu mau, deh!

6. Tiap kenangan indah yang kalian lewati bersama akan diabadikan dengan ciamik!

Hubungan Kalian Penuh Dengan Memori via daily-woman.com

…Karena dia selalu punya impuls untuk mendokumentasikan semua kejadian penting (dan bahkan yang gak begitu penting). Memori yang berbekas di pikiran kamu akan dia visualisasikan dengan keahliannya.

7. Siapa yang bisa menolak sensasi kencan saat sunrise dan sunset?

Dreamy Date

Obsesi fotografer untuk memotret saat golden hour secara gak langsung membawa kamu ke tempat kencan yang romantis dengan suasana ‘keemasan’ dari matahari yang terbit atau tenggelam.

8. Kamu Selalu Dibuat Tersenyum.

Bawaan ingin senyum terus via hdw.eweb4.com

Sudah menjadi tugasnya untuk membuat orang lain tersenyum. Dengan dia, kamu jadi terbiasa menyunggingkan wajah terbaikmu setiap waktu.

9. Pengetahuannya yang luas bisa membuka wawasan kamu.

Berbagi Ilmu via i257.photobucket.com

Fotografer punya kebiasaan membaca majalah ternama, seperti misalnya National Geographic. Walhasil, kamu bisa menggali berbagai pengetahuan darinya — dari hal-hal ajaib di permukaan bumi hingga tokoh-tokoh penting dalam sejarah.

10. Ukuran Gak Jadi Masalah…

Mengerdilkan Jakarta via www.sawimage.com

Di tangan seorang fotografer, sebuah benda berukuran mungil sekalipun bisa terlihat besar. Begitu juga sebaliknya. Dia jadi terbiasa untuk nggak memusingkan ukuran tubuh kamu. Mau petite, mau tinggi semampai, nggak masalah.

11. Kamu Jadi Ngerti Arti Penting Cahaya

Tiba-tiba kamu peduli dengan pencahayaan di kamarmu via roomdecor.tumblr.com

Kamu bakal paham soal pencahayaan yang bagus atau kurang bagus, karena itu hal yang rajin dia bicarakan setiap hari.

12. Buka perspektif baru kamu bersama pacar fotografer kamu.

Kamu Belajar Menggunakan Banyak Perspektif via trstn.com

Karena dia sudah terlatih melihat suatu objek dari berbagai perspektif, kamu juga akan terbiasa menggunakan banyak sudut pandang dalam melihat masalah.

13. Lihai Bergerak Di Tempat Gelap :p (If you know what I mean)

Lihai di dalam gelap 🙂 via www.procterphotography.co.uk

Fotografer terbiasa bekerja di studio rendah pencahayaan dan mungkin tidur di kamar gelap.

14. Dia jarang nongkrong-nongkrong gak jelas, paling nongkrong di studio.

Mending Selfie bareng kamu daripada nongkrong via stil.kurir-info.rs

Kalau kamu gak suka lihat pacar kamu nongkrong gak jelas di bar dan kafe, maka fotografer adalah pilihan tepat. Kebanyakan waktunya dihabiskan di studio dan depan komputer.

15. Di saat tertentu, dia layaknya power bank berjalan buat kamu.

Selalu ngingatin kamu buat nge-charge ponsel via i1.ytimg.com

Saat kamu sering lupa mengisi baterai ponsel, fotografer baru keluar rumah setelah semua baterai kamera, flash, power bank dan gadget lain terisi penuh.

16. Pacar fotografer gak bakalan gaptek, pastinya.

Fotografer sangat melek teknologi. Pengetahuan teknologi bikin dia gak takut sembarangan pencet ketika memegang kamera terbaru.

17. Dia adalah orang yang sangat perhatian hingga ke detail-detail tertentu.

Ingat mantan kamu yang gak pernah perhatian kalau rambutmu lagi oke, atau bahkan waktu kamu habis potong rambut? Ingat waktu kamu berharap dipuji make-upnya, tapi dia malah nggak sadar kamu pakai make-up? Sebaliknya, pacar fotografer akan memerhatikan segala hal yang kasat mata hingga rinci, bahkan hingga hal-hal kecil sekalipun.

18. Jika kamu mengharapkan pacar yang kreatif, fotograferlah orangnya!

Semua pekerjaan memerlukan kreativitas, bahkan kalau kamu seorang bankir atau akuntan. Tapi fotografer, seperti kebanyakan seniman, bergantung sepenuhnya dari kreativitas mereka. Hasil karyanya memang dibatasi dimensi panjang serta lebar, namun aliran-aliran ide kreatifnya sendiri musti tak terbatas. Bahkan hasil karyanya ditentukan dari seberapa avant-garde pemikiran mereka.

19. Fotografer itu selevel sama rock star.

Berjiwa Rock Star via sophievanderperre.com

Jumlah ‘Like’ di Facebook Page-nya ada ribuan. Follower Twitter-nya puluhan ribu. Ponselnya gak pernah sepi dari panggilan dari klien. Kadang, rasanya kamu seperti sedang pacaran dengan bintang rock terkenal — saking dia seringkali dicari banyak orang. Bangga, dong?

20. Dia Pintar Bergaul Dengan Siapa Saja, termasuk dengan sahabat-sahabat kamu.

Pekerjaannya Melibatkan Banyak Tenaga Kreatif via metroxlovesyou.blogspot.com

Fotografer biasanya sangat supel dalam pergaulan. Dia aktif dan punya banyak teman. Selain karena pembawaannya, fotografer harus pandai bergaul karena tuntutan kerja. Sebagian besar kliennya adalah orang yang dia kenal dekat. So please, don’t be jealous.

21. Toko Online kamu bisa laris manis bak kacang goreng.

Laris Manis…

Iya dong. Semua item yang kamu jual terlihat amazing di internet berkat jasa dari pacar fotografer.

22. (Biasanya) Keuangan seorang fotografer berada pada level ‘Sehat’.

Mencintai Pekerjaannya via hdw.eweb4.com

Luangkan sedikit waktu untuk mengagumi pekerjaan pacar kamu. Gak banyak lho orang yang dibayar untuk melakukan hobinya. Fotografer sangat beruntung karena melakukan hal yang dia cintai, sehingga makin menikmati pekerjaannya.

23. Fokusnya hanya untuk kamu seorang

Fokus ke Kamu via www.minxsociety.com

Jelas, dia tahu apa yang penting dan mana yang gak penting. Dia bisa fokus ke satu masalah tanpa teralih perhatiannya oleh elemen yang gak penting. Lebih penting lagi, dia selalu fokus ke kamu.

24. Yang menyenangkan adalah: dia mengagumi kecantikan kamu…

Dia Penggemar Terbesarmu via instagram.com

Pacar fotografer kamu adalah penggemar beratmu. Dia tahu sudut mana yang bikin kamu terlihat lebih tampan atau cantik. Tiap lekuk di tubuh akan diperhatikan.

25. Tujuan Liburan Kalian Selalu ‘Menarik’ (tergantung situasinya).

Pacaran Sama Fotografer Banyak Jalannya via www.davidgiralphoto.com

Pacaran sama fotografer = banyak traveling! Dan pastinya, kalian akan mengunjungi lokasi yang menakjubkan buat difoto. Bisa pantai, perbukitan atau kota tua nan eksotis. Semburan lumpur di Sidoarjo juga merupakan lokasi yang ‘menarik’ baginya. Meskipun tentu, kemungkinan besar tetap lokasi liburan impian kamu yang jadi pemenangnya — kamu tinggal bilang, “…tapi Raja Ampat lebih oke buat hunting foto”.

26. Ucapkan selamat tinggal pada Camera 360

Wajah Mulus Tanpa Jerawat via youtube.com

Gak ada lagi cerita muka kusam berminyak dan jerawatan jika kamu udah dipotret oleh si pacar fotografer.

27. Di matanya, kamu adalah super model!

Kamu adalah sumber inspirasinya via soniaeryka.blogspot.com

Walaupun pacar fotografermu sering motret model-model cantik dan ganteng papan atas, kamu akan selalu jadi model favoritnya.

28. Hasil jepretannya yang cetar bikin kamu jadi sering gonta-ganti Profile Picture.

Profile Picture buat besok apa ya? via hdw.eweb4.com

Mau gimana lagi, foto kamu yang pacar kamu ambil emang bagus. Bikin kamu terlihat lebih menarik dan menawan. Akhirnya kamu makin pede di media sosial.

29. Kamu Gak Pernah Secantik Ini Pas Tidur.

Tidur pun Jadi Cantik

Lagi-lagi cahaya, komposisi dan sedikit photoshop akan membantu.

30. Pacar fotografer selalu bisa diandalkan dalam berbagai hal, bahkan untuk urusan keluarga kamu.

Mengabadikan konser yang gak bisa kamu datangi via i.huffpost.com

Pacar fotografer selalu bisa kamu andalkan dalam urusan visual seperti, “Tolong edit-in foto arisan Mamaku, dong…” atau “Tolong foto aku saat Wisuda, ya”.

31. Punya pacar fotografer membuat opini kamu selalu di dengarkan.

Pendapat kamu itu penting baginya via hdw.eweb4.com

Baginya, kamu adalah kritikus seni terbaik di dunia. Apalagi kalau kamu ngasih pujian atas karya foto terbarunya.

32. Dia gak ngebosenin, nge-date bareng dia pasti diselingi aktivitas menarik.

Susah untuk bosen kalau kamu udah pacaran sama fotografer. Terutama kalau pekerjaannya melibatkan acara jalan-jalan. Bahkan kalau lagi gak motret pun kegiatan pacar kamu tetap menarik. Misalnya, pergi ke fashion week.

33. Teman-Temannya Juga Gak Bosenin.

Teman-teman kreatif via www.tanveerbadal.com

Kebanyakan fotografer berteman dengan orang-orang yang juga bekerja di industri kreatif seperti perancang busana, musisi, aktor, editor majalah dan sebagainya.

 34. Selera Musik fotografer itu (rata-rata) oke punya, lho!

Beberapa Koleksi vinyl-nya via radvinylrecords.tumblr.com

Biasanya fotografer  punya referensi musik yang oke. Karena dia bergaul dengan orang-orang yang unik, selera musik fotografer juga unik. Jadi kamu jangan kaget kalau dia nyodorin lagu beraliran atmospheric orchestral retro ’60s pop ke telinga kamu.

35. Motret Acara Keluarga, Gratis!

Cukup dibayar dengan cinta via 38.media.tumblr.com

Ngapain bayar orang lain kalau pacar kamu bisa datang ke acara kawinan kakak kamu. Dengan senang hati dia akan keliling mencari momen untuk dijepret, for fun.

36. Pengalaman membuatnya sedikit-banyak melek soal fashion.

Memang gak semua fotografer tertarik pada fashion, tapi kebanyakan dari mereka harus cukup “sadar” soal busana. Ini karena pekerjaan mereka akan mengharuskan diri mereka “terpapar” pada tren-tren busana terbaru, atau gaya yang pas untuk warna kulit dan jenis tubuh tertentu. Kalau cowok-cowok yang lain akan cuek aja meladeni pertanyaan tentang gaya yang paling pas untukmu, pacar fotografer akan dengan senang hati memberimu saran dan menemanimu belanja.

37. Harus diakui menjadi fotografer menuntut fisik yang kuat.

Lumayan… via trstn.com

Secara fisik fotografer memiliki punggung, lengan dan paha yang kokoh. Coba aja kamu angkat salah satu tas kameranya. Berat ‘kan?

38. Klise sih, tapi kalian akan sering ke bioskop.

Kisah kalian seperti kisah di film klasik via blancobleu.com

Jika kamu pecinta film, fotografer emang cocok buat kamu. Ini karena mereka suka banget nonton film, terutama film klasik hitam-putih. Bukan buat pamer, tapi karena banyak pelajaran dari fotografi yang bisa diambil dari film-film klasik ala Casablanca, The Battleship Potemkin, dan The Bicycle Thief.

39. Dia adalah penasihat yang baik, ketika kamu memutuskan untuk punya kamera.

Tempat Bertanya soal kamera via hypebeast.com

Sebelum kamu latah ikut-ikutan beli kamera baru, minta dulu saran dari dia. Kamera apa yang cocok buat kebutuhanmu, yang bisa kamu sanggupi dengan anggaranmu. Dijamin kamu nggak nyesel.

40. Mudah berbaur adalah salah satu alasan yang bikin dia jadi pacar yang menyenangkan.

Asik diajak kemana aja via 4.bp.blogspot.com

Seorang yang dulunya pemalu, bisa jadi orang yang berpengaruh gara-gara fotografi. Pekerjaannya bikin dia cepat berbaur dan beradaptasi ketika kamu kenalkan dia kepada keluarga.

41. Dia diutus ke muka bumi ini buat ngajarin kamu untuk sabar.

Berjam-jam

Fotografer pada dasarnya harus sabar dalam menghadapi berbagai klien. Permintaan klien itu macam-macam, kadang bahkan gak jelas apa maunya. Sesi pemotretan bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari. Maka dari itu, seorang fotografer biasanya punya hati yang sabar. Kamu bisa belajar sabar dari dia.

42. Dia punya banyak ide untuk bikin kamu bahagia tiap hari.

Photo Booth untuk Para Undangan? Yes, Please. via www.weddingsbylilly.com

Karena terbiasa mencari cara — dari yang konvensional sampai yang paling gila — untuk memenuhi tuntutan klien, dia bisa punya banyak ide dalam hal apa saja. Mau makan dimana? Check. Liburan kemana? Check. Nonton film apa malam ini? Check. Dan pastinya, dia bakal punya banyak ide soal konsep nikahan kalian besok!

Gimana? Masih ragu mau macarin seorang fotografer?