Kopi memang sangat populer sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari supaya tubuh dan pikiran kita menjadi lebih segar. Tapi enggak jarang kopi juga diminum saat malam hari supaya mata kita tetap segar dan bisa bergadang. Nah, tapi kalian para pecinta kopi enggak usah takut ya soal rumor yang menyimpulkan kalau minum kopi bisa merusak kesehatan tubuh kita. Ternyata ini enggak 100% benar, loh! 

Ada banyak sekali penelitian yang mengungkapkan kalau minum kopi lebih dari 3 gelas dalam sehari itu, ternyata sangat bagus untuk kesehatan.

National Cancer Institute dan sudah diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’ adalah sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 400 ribu orang, telah menyimpulkan kalau peminum setia kopi itu justru memiliki resiko kematian dini sampai 16% lebih kecil dibanding orang yang jarang minum kopi. Untuk lebih jelasnya, yuk intip manfaat minum kopi bagi kesehatan di bawah ini!

 

1. Mencegah kepikunan

Sering lupa bikin aktivitas kita terhambat

Sering lupa bikin aktivitas kita terhambat via http://www.penulispro.com

Masalah kepikunan dan penyakit alzheimer ternyata dipengaruhi oleh senyawa polifenol yang terdapat dalam kopi sebagai zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan otak. Kandungan kafein dalam kopi juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya plak amiloid serta mencegah terjadinya kerusakan neurofibrulary yang menjadi sumber penyebab terjadinya penyakit alzheimer.

2. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Penyakit batu empedu

Penyakit batu empedu via http://www.penyakitbatuempedu.com

Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

 

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengurangi penyakit diabetes

Mengurangi penyakit diabetes via http://www.deherba.com

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Sebuah laporan pada Januari 2012 dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ kemudian menjelaskan alasannya. Yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker prostat

Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker prostat via http://sesukahatiku.com

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Namun tidak hanya wanita yang mendapatkan keuntungan. Sebuah studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi –baik yang biasa ataupun tanpa kafein– mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh dan mampu menurunkan berat badan

Cintai tubuhmu.. jangan cinta sama sesuatu yang gak pasti

Cintai tubuhmu.. jangan cinta sama sesuatu yang gak pasti via http://www.mausehat.com

Kopi dapat membantu Anda mempertahankan – atau bahkan menurunkan- berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

 

6. Kandungan Antioksidan

Kopi dapat digunakan sebagai masker wajah alami

Kopi dapat digunakan sebagai masker wajah alami via http://www.teruskan.com

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam unrutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika. Selain diminum, kopi juga dapat dijadikan masker wajah alami karena kandungan antioksidan yang tinggi. Kamu bisa membuat masker alami sendiri dari bahan tersebut untuk menjaga kehalusan kulit loh..

7. Mencegah Encok

Mencegah penyakit encok

Mencegah penyakit encok via http://obatkanker.web.id

 

Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

8. Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke

Kopi baik untuk kesehatan jantungmu..

Kopi baik untuk kesehatan jantungmu.. via http://www.feed.id

Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi.Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari. 

 

Wah ternyata banyak sekali kan manfaat dari minum kopi ya guys! Jadi untuk kalian pecinta kopi, enggak usah khawatir ya karena terbukti banyak sekali manfaatnya!