Sabun biasanya digunakan saat mandi untuk membersihkan kulit tubuh dari debu dan kotoran, selain itu juga punya manfaat melembabkan dan menyegarkan. Namun, beberapa orang telah membuktikan bahwa sabun batang terutama, memiliki khasiat lain yang menakjubkan. Kamu penasaran?

Berikut Hipwee Tips rangkumkan fakta-fakta uniknya khusus untukmu…

Jika kamu mengalami susah tidur malam dan hanya guling-guling di tempat tidur tanpa bisa merasa mengantuk, mungkin kamu menderita RLS (Restless Leg Syndrome)

Restless Leg Syndrome via www.mountcastleveincenters.com

Lalu apa kaitannya dengan sabun batang? Sabar dulu, ikuti alurnya agar kamu paham betul apa yang ingin Hipwee sampaikan.

Pernahkah kamu merasa memiliki keinginan yang nggak tertahankan untuk selalu menggerak-gerakan kaki, lengan atau anggota tubuh lainnya dan setelah melakukannya kamu akan merasa lebih nyaman? Ternyata keadaan ini bukanlah suatu kelainan yang disebabkan psikologis saja, seperti rasa gugup, stress, atau insomnia.

Advertisement

Restless Leg Syndrome (RLS) adalah kondisi neurologis atau gangguan yang berhubungan dengan sensasi dan gerakan, biasanya berupa gejala kaki yang kejut-kejut sewaktu tidur.

Hingga kini, belum ditemukan penyebab pasti dari RLS. Namun, para peneliti menduga adanya RLS disebabkan karena ketidakseimbangan dopamin, suatu kimiawi yang dihasilkan otak, yang akan mengirim sinyal ke otak untuk mengontrol pergerakan otot. Selain itu juga kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan ini. Nah, lho!

Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi bahwa kamu terserang gangguan RLS? Apa saja gejalanya?

kaki nggak mau diam via www.doctorondemand.com

Coba telusuri, apakah kamu mengalami hal-hal ini. Jika ya, berarti kamu menderita RLS. Hmm..

  • Keinginan yang kuat untuk menggerakkan kaki dan nggak bisa ditolak terutama menjelang tidur. Seringkali disertai dengan sensasi atau perasaan nggak nyaman seperti kesemutan, tertusuk, tertarik, atau seperti ada yang menjalar.
  • Setelah menggerakkan bagian tubuh, biasanya kamu merasa lebih baik untuk sementara waktu dan akan menetap selama pergerakan dilakukan.
  • Setelah kamu tertidur, tungkai kaki atau lengan mulai berkejut atau bergerak sehingga membuatmu terbangun dari tidur sehingga menambah kelelahan.

Duh, gejalanya mirip banget sama yang kamu rasakan, ya? Tenang, kiat-kiat ini bisa jadi solusinya

makan makanan mengandung zat besi via www.zwitsal.co.id

Jika kamu benar mengalami gejala-gejala yang Hipwee paparkan di atas, lakukan hal-hla in bisa mengurangi RLS.

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, brokoli, buncis dan lain sebagainya. Folat juga bisa membantu meminimalisasi keluhan RLS.
  • Berjalan-jalan sebelum tidur. Berjalan akan melepas endorfin yang berperan meningkatkan tidur lebih nyenyak.
  • Mandi air hangat sebelum tidur akan merelaksasi otot-otot dan meminimalisasi gejala RLS.

ubah posisi tidur via www.entitashukum.com

  • Ubah posisi tidur beberapa kali. Jadwal tidur yang teratur juga membantu membiasakan tubuh dan pikiran untuk menikmati tidur yang baik.
  • Usahakan kurangi makan terlalu banyak sebelum tidur. Gerakan pencernaan mendekati waktu istirahat ini dapat memicu gejala RLS.
  • Hindari konsumsi alkohol, kafein, termasuk obat tidur. FYI, obat-obatan untuk sinusitis dan alergi juga bisa memunculkan gejala RLS.

Fakta menariknya, meletakkan sabun batang di bawah sprei dipercaya mampu menyembuhkan RLS. Wow!

sabun batang rahasia sembuhkan RLS via janoubna.com

Rahasia seputar sabun batang ini akhirnya terjawab, ternyata sabun batang mampu meredakan bahkan menyembuhkan RLS secara perlahan hanya dengan meletakannya di bawah sprei.

  • Masukkan sabun batang di bawah sprei atau di antara sprei dan kasur, sesuaikan dengan posisi kaki ketika kamu berbaring.
  • Periksa sabun batang sebulan sekali, jika sabun mengering dan menyusut, maka gantilah dengan yang baru.
  • Sabun batang varian apapun bisa digunakan, namun yang mengandung lavender akan lebih baik untuk membantu merilekskan otot-otot kaki.
  • Kuncinya adalah untuk menjaga sabun tetap segar setiap saat karena sabun melepaskan ion yang membuatnya mengering.

Sekitar 42% dari orang yang menderita RLS menggunakan trik unik ini untuk meringankan gangguan yang dialaminya. Beberapa ahli medis percaya bahwa magnesium dalam sabunlah yang telah menjadi penyebabnya. Karena kekurangan magnesium juga merupakan penyebab RLS.

Meski belum ada penelitian secara ilmiah yang menegaskan metode yang nggak biasa ini bisa berhasil, beberapa orang telah membuktikannya sendiri dan mengklaim bahwa trik ini ampuh meringankan gejala dan bahkan menyembuhkan RLS dengan cepat.

Nah, nggak penasaran lagi kan tentang manfaat mengagumkan di balik meletakkan sabun batang di bawah sprei? Jika kamu mengalami RLS, kamu bisa mencoba cara ini. Selain murah, cara ini juga nggak memiliki efek samping yang membahayakan, lho.