Selain mata minus, mata silinder merupakan penyakit yang umum diderita banyak orang. Pada penderita mata silinder, kornea mata mengalami ketidaksempurnaan bentuk, sehingga cahaya yang masuk dari kornea nggak difokuskan pada satu titik di retina sehingga membuat penglihatan kabur.

Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil, sakit kepala, mata tegang, dan lelah. Selain itu, penderita biasanya merasakan silau yang berlebih ketika mengendarai kendaraan pada malam hari.

Mata silinder bukan berarti nggak bisa disembuhkan. Hipwee Tips telah merangkum beberapa cara untuk merawat hingga memulihkan mata silinder khusus buat kamu. Simak, ya ūüôā

1. Mata silinder disebabkan karena bentuk kornea yang nggak sempurna, olahraga mata bisa dilakukan untuk memperbaikinya

gerakkan ke kiri dan ke kanan via 3.bp.blogspot.com

Mata silinder perlu dilatih dengan olahraga mata ringan yang dilakukan secara rutin setiap hari terutama sebelum tidur dan pagi hari. Olahraga ini bertujuan untuk melatih otot mata agar lentur dan membuka mata agar mendapat oksigen yang cukup.

Advertisement

Gerakkan mata ke kiri dan ke kanan, kemudian pandangan lurus ke depan selanjutnya tekan kedua pelipis mata kanan kiri dengan kedua tangan anda, pijat memutar searah jarum jam, kemudian pijit perlahan bagian belakang  bawah kepala.

2. Jaga kebersihan mata agar kotoran nggak menghalangi sistem optik untuk memfokuskan objek

bersihkan kotoran mata dengan kapas via static6.businessinsider.com

Salah satu penyebab mata silinder adalah kornea mata yang nggak mampu memfokuskan objek. Kotoran yang mengganjal di mata akan mengganggu kerja kornea dan lensa sehingga penderita mata silinder akan semakin kesulitan memfokuskan objek.

Membersihkan mata dapat dilakukan dengan menyeka lensa mata menggunakan kapas yang direndam dengan air. Mulailah menyeka dari sisi kiri ke kanan sekali usap saja karena kotoran akan menempel jika kapas digunakan 2 kali penyekaan. Selain itu juga bisa menyebabkan luka pada mata.

3. Hindari berbagi handuk, bantal atau guling dengan orang lain. Siapa tahu bakterinya pindah ke matamu

pakai bantalmu sendiri via bedpostsurbiton.files.wordpress.com

Meski kelihatannya sepele, namun penderita mata silinder rentan terhadap infeksi terhadap kornea. Sehingga perlu diperhatikan untuk nggak berbagi barang-barang yang memiliki kemungkinan bersinggungan langsung dengan mata seperti handuk, bantal, atau guling. Waspada jika barang tersebut terjangkiti oleh bakteri dari orang lain, karena bisa menularkan penyakit matamu.

4. Gunakan kacamata silinder dengan ukuran yang tepat, niscaya silindermu nggak akan nambah banyak

gunakan lensa kacamata dengan ukuran yang tepat via www.uni-bremen.de

Dengan menggunakan lensa yang didesain khusus, kacamata adalah cara paling mudah untuk mengoreksi penglihatan kabur atau berbayang akibat mata silinder.

Berbeda dengan mata minus, mata silinder cenderung nggak akan bertambah jika kamu menggunakan ukuran yang tepat pada kacamata. Silinder justru akan bertambah jika kamu nggak menggunakan ukuran aslinya.

Pada umumnya, sekali diberikan ukuran yang sebenarnya maka silinder akan tetap pada ukuran tersebut. Penambahan silinder pada kasus ini sangat jarang.

5. Jangan melulu pakai kacamata. Mengompres mata dengan air hangat untuk mengurangi ketegangan otot mata

basuh atau kompres dengan air hangat via i.huffpost.com

Mata silinder juga mudah mengalami lelah dan tegang. Untuk mengatasinya, sesekali lakukan kompres mata dengan air hangat setiap hari. Usahakan jangan membuat mata kamu tergantung dengan kacamata. Dengan melakukan kompres mata, maka akan merilekskan dan melenturkan otot-otot mata.

6. Buang jauh-jauh kebiasaan-kebiasaan buruk seperti memakai brightness berlebihan pada HP, kalau nggak pengen mata silindermu makin menyiksa

kurang-kurangin yang begini via www.texilaconnect.com

Kebiasaan buruk merupakan salah satu penyebab terbesar seseorang menderita mata silinder. Sangat penting untuk menjaga mata kamu tetap normal, atau membaik untuk penderita silinder. Hindari kebiasaan yang nggak baik seperti membaca terlalu lama, terlalu dekat, dan nggak cukup cahaya.

Selain itu juga hindari menonton TV terlalu dekat, bermain games atau menghadap layar komputer terlalu dekat. Kondisikan mata senyaman mungkin agar nggak terlalu lelah dengan kegiatan tersebut.

7. Suplemen mata juga perlu untuk memenuhi asupan gizi biar matamu terbebas dari penyakit

konsumsi supleme mata via www.rd.com

Penyakit mata silinder bisa juga disebabkan karena kekurangan zat atau gizi yang seharusnya dikonsumsi oleh mata. Nah, untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan mata, baiknya kamu juga mengkonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter.

Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen alami yang punya khasiat untuk mata seperti blueberry, wortel, ikan salmon dan tomat.

8. Atau, kamu bisa menyembuhkan mata silindermu dengan melakukan operasi lasik. Tapi lumayan mahal sih…

atau, melakukan operasi lasik via i1.wp.com

Penyembuhan mata silinder dapat dilakukan dengan cara cepat melalui operasi lasik. Melalui prosedur ini, bentuk kornea diubah dengan laser. Operasi dilakukan dengan mengembalikan lengkungan mata menjadi normal. Awalnya lapisan permukaan kornea dibuka (flap) menggunakan alat khusus yang disebut keratom. Selanjutnya, laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi. Flap kemudian ditutup kembali.

Nah, tadi adalah beberapa cara untuk merawat dan memulihkan mata silinder. Meski begitu, kamu tetap harus mengontrol perkembangan kesehatan mata ke dokter spesialis, ya. Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas, matamu akan kembali normal seperti sediakala. Be healthy, good people!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!