• 1 Desember 2018, 12:00 am
  • Jakarta

Kramat Jati – Jakarta Timur , 30 November 2018 – Dalam upaya mengatasi maraknya pemberitaan di media sosial akhir-akhir ini mengenai isu sara, ujaran kebencian, dan  sikap intoleransi  yang terpublikasikan secara luas melalui media sosial sehingga dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk anak-anak. Mahasiswa Universitas Mercubuana Fakultas Komunikasi Jurusan Public Relations mengadakan kegiatan sosialisasi Kuliah Peduli Negeri yang menanamkan nilai toleransi melalui kegiatan dongeng dengan tema perbedaan dan keragaman makhluk hidup.

Maraknya aksi saling hujat di media sosial (medsos) bahkan menjurus isu SARA menjadi cermin rendahnya tingkat toleransi masyarakat. Hal itu sangat terlihat pada momen-momen pemilu dari pilres sampai pilkada.

Advertisement

Saat ini media sosial memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan sosial masyarakat. Melalui kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi seluruh  orang untuk mengakses internet sehingga saat ini media sosial  berperan besar untuk mempengaruhi opini publik.

Untuk itu sebagai generasi muda tim Satu Ceria ingin memperbaiki kondisi ini melalui suatu kegiatan dalam upaya menanamkan rasa toleransi sejak dini kepada anak-anak di lingkungan RT 001 RW 008 Kelurahan Tengah Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur agar kedepanya anak-anak di lingkungan ini dapat memberikan suatu pengaruh yang baik terhadap lingkunganya di masa yang akan datang nanti untuk melihat keindahan terhadap perbedaan dan bersatu dalam perbedaan.

Dari pelaksanaan ini diharapkan dapat menciptakan kerukunan ditengah-tengah perbedaan (agama, ras, suku, budaya dan bahasa) dalam ruang lingkup kehidupan bemasyarakat, meningkatkan rasa saling menghormati satu sama lain ditengah-tengah perbedaan (agama, ras, suku, budaya dan bahasa) dalam kehidupan bermasyarakat serta meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan terhadap sesama .

Advertisement

Keigatan Sosialisasi ini dilaksanakan esok hari , Tanggal 1 Desember 2018 berlokasi di Aula RT 001 / RW 008 Kelurahan Tengah Kecamatan Kramat Jati , dimulai pukul 10:00 – 12:00 WIB memiliki serangkaian kegiatan diantaranya ;

  1. Menonton film kartun yang memaknai toleransi dan keragaman makhluk hidup
  2. Kuis Tanya jawab tentang apa yang sudah di dengarkan dan dilihat.
  3. Makan bersama dengan pembicara dan panitia

Dari hasil pelaksanaan event/kegiatan ini pula diharapkan 80% peserta kedepanya mampu mengaplikasikan sikap toleransi  di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolahnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya