Kebotakan tergolong masalah rumit yang banyak menimpa banyak orang. Siapa sangka kalau masalah ini bahkan konon bikin Presiden Amerika, Donald Trump terganggu. Kebanyakan orang yang mengalami kebotakan selama ini melalukan implan rambut hingga berusaha menumbuhkannyakembali dengan berbagai ramuan dan obat penumbuh rambut. Sayangnya belum ada yang benar-benar ampuh dan dipercaya bisa menumbuhkan kembali rambut yang sudah hilang.

Belakangan ini ada berita mengejutkan dari Yokohama National University di Jepang. Pasalnya mereka menemukan ada zat yang ampuh yang bisa menumbuhkan kembali rambut botak terdapat pada kentang goreng McDonald’s. Padahal, kentang dari restoran cepat saji populer ini terkenal sebagai junk food lho. Apasih kandungan sebenarnya yang ada dalam kentang goreng McDonald’s sampai banyak media yang heboh memberitakan? Kamu perlu simak uraian Hipwee News & Feature di bawah ini sampai habis.

Bukan rahasia lagi kalau kentang goreng McDonald’ss memang mengandung bahan-bahan kimia. Tentunya untuk memberikan tekstur yang krispi dan rasa yang enak

Makan yang banyak dek! via thenextweb.com

Advertisement

Memang nggak ada yang bisa menyangkal kelezatan kentang goreng. Apalagi kentang goreng buatan restoran cepat saji yang terkenal lebih krispi, gurih, dan enak. Tak terkecuali buatan McDonald’s yang sudah terkenal di seluruh dunia. Untuk mencapai tekstur dan rasa yang sempurna, kentang goreng pun diberi beberapa bahan kimia. Bahkan nggak hanya kentangnya, seperti yang dilansir dari Kompas, minyak goreng McDonald juga diberi kandungan silikon untuk mencegah efek percikan saat menggoreng.

Penelitian lebih lanjut menemukan kandungan bahan kimia pada kentang goreng McDonalds mampu memproduksi folikel rambut tikus

Percobaan pada tikus via wat-if.com

Awalnya para periset di Jpeang menggunakan tikus sebagai percobaan. Nggak disangka punggung tikus yang diolesi zat minyak yang terdapat dalam kentang goreng McDonald’s muncul rambut-rambut baru. Para ilmuwan menyebutnya dengan HFG (Hair Follicel Germ). Berdasarkan percobaan yang dilakukan, ada kandungan yang terdapat di kentang goreng McDonald yang mampu menumbuhkan rambut-rambut kecil secara massal sebanyak 500 HFG.

Ternyata, bukan karena kentangnya. Tapi karena minyak goreng McDonald’s mengandung zat silikon yang juga melekat di kentang goreng

Penggorengan kentang via www.thesun.co.uk

Kandungan dimethylpolysiloxane awalnya bertujuan mencegah percikan saat proses menggoreng. Kentang goreng bisa jadi salah satu petunjuk para periset dalam menemukan kandungan ini. Dimethylpolysiloxane yang telah diuji pada tikus yang gundul terbukti menumbuhkan rambut-rambutnya dengan cepat. Jadi, jika ingin menumbuhkan kembali rambut yang botak caranya bukan dengan memakan sebanyak-banyaknya kentang goreng McDonald’s ya, tapi dengan mengoleskan minyaknya.

Meski belum 100% menjanjikan, tp para ilmuwan merasa kandungan di kentang ini bisa diaplikasikan ke manusia

Yuhu…! Selamat tinggal kebotakan… via metrouk2.files.wordpress.com

Advertisement

Penemuan kandungan dimethylpolysiloxane yang mampu menumbuhkan rmabut botak ini nggak serta merta langsung bisa diapliasikan ke manusia. Tentunya harus ada penelitian lebih lanjut dan uji coba kalau zat ini benar-benar aman jika diaplikasikan ke kulit manusia. Meski percobaan awalnya menggunakan tikus, namun ilmuwan nggak menyangkal kemungkinan bahwa zat ini juga bisa punya efek yang sama jika diaplikasikan ke kulit manusia. Zat ini memang diakui bisa jadi sebuah petunjuk untuk menyusun strategi potensial penumbuhan rambut, seperti yang dilansir melalui USA Today.

“Kami berharap teknik ini akan memperbaiki terapi regeneratif rambut manusia untuk mengobati rambut rontok seperti androgenic alopeciaatau pola kebotakan pria.” ujar Fukuda, salah satu peneliti dari Yokohama National University.

Kalau selama ini mengobati kebotakan selalu jadi misteri dan ketidakpastian, dengan adanya penemuan yang tidak disangka ini bisa jadi kebotakan bukanlah sebuah masalah rumit di kemudian hari. Semoga saja parailmuawan cepat mengembangkannya dan memasarkan obat ini dengan harga terjangkau ya. Itung-itung biar dunia nggak silau karena kinclongnya kepala botak. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya