Jadi teman curhat

Setiap orang pasti punya permasalahan hidupnya masing-masing. Hanya saja, pengelolaan terhadap masalah tersebut berbeda-beda. Ada yang selalu berpikiran positif atas apa yang dilaluinya, ada yang suka memendam perasaan, ada juga yang selalu merasa harus menceritakan setiap masalahnya ke orang lain. Nah, di samping keberadaan orang-orang dengan masalah yang menimpanya, pasti akan ada orang yang selalu menjadi tempat untuk mencurahkan hati.

Jika kamu adalah orangnya, tempat curhat yang terbiasa menampung segala keluh kesah maupun sisi bahagia mereka, beruntunglah. Di balik segala lelahmu yang rela meluangkan waktu untuk mendengarkan curhatan, ada hal baik yang kamu dapatkan.

1. Terlepas dari topik curhatannya, wawasan atau pengetahuanmu pasti bertambah karenanya

Tambah wawasan via www.videoblocks.com

Advertisement

Nggak semua curhatan berkonotasi negatif, beberapa curhatan juga ada yang berisi ungkapan kebahagiaan. Terlepas dari apapun topik curhatan dan emosi yang dibagikan, ada wawasan dan pengetahuan baru yang kamu dapatkan. Banyak hal yang akan membuka matamu tentang dunia, tentang betapa ajaibnya sifat-sifat manusia dan tentang betapa beragamnya kehidupan yang dijalani orang-orang di luar sana. Di mana wawasan dan pengetahuan ini sifatnya berharga dan nggak dibagikan dari sekolah manapun juga.

2. Lewat curhatan orang lain, kamu jadi belajar tentang kehidupan tanpa harus mengalaminya sendiri

Belajar kehidupan via www.liveabout.com

Melalui wawasan dan pengetahuan yang kamu dapatkan dari setiap kisah yang dicurahkan padamu, pasti akan ada pengalaman hidup yang bisa kamu petik hikmahnya. Dari situ, kamu akan bisa mengambil sikap sewaktu-waktu mengalami hal yang sama seperti yang diceritakan. Secara otomatis, tubuhmu akan memberikan peringatan pada diri sendiri agar nggak mengalami hal (negatif) seperti yang dirasakan orang lain. Karena lewat curhatan  orang, kamu jadi belajar tentang kehidupan tanpa harus mengalaminya sendiri.

3. Mendengarkan curhatan akan menjauhkan keegoisan dalam dirimu, nggak semua hal di dunia ini tentang kamu melulu

Menghilangkan sifat egois via www.rd.com

Terkadang kamu merasa bahwa nggak cuma orang-orang saja yang butuh didengarkan, kamu sendiri pun perlu seseorang untuk meluapkan segala kegundahan. Tapi, coba lebarkan sedikit jarak pandangmu, di luar sana masih banyak orang dengan permasalahan yang lebih berat dari apa yang kamu rasakan, kenyataannya masih mampu bertahan dan lebih bersemangat menjalani hidup. Menjadi tempat curhat menjauhkanmu dari sifgat egois, pikiran sempit, dan mental korban. Lihatlah lebih jauh, nggak semua hal di dunia ini melulu tentang kamu.

4. Meski nggak instan, menjadi tempat curhat menambah modal pengembangan diri dengan menjadi orang yang lebih peka dan peduli sekitar

Lebih peduli sekitar via www.pexels.com

Advertisement

Seringnya menampung curhatan dari orang lain secara nggak langsung akan membuatmu jadi lebih peka dan peduli terhadap sekitar. Kata-kata dan tindakanmu menjadi lebih cermat demi menghindari kesalahan sama seperti yang diceritakan padamu. Terkadang, kita baru sadar akan sebuah kebiasaan buruk justru setelah mendengar orang lain mengatakan bahwa hal itu buruk. Dari sini, kamu akan berusaha sebisa mungkin membenahi hal buruk tersebut sebagai upaya pengembangan diri ke arah yang lebih baik.

5. Dianggap sebagai sosok yang bisa dipercaya, kamu adalah orang pilihan dengan kelebihan yang belum tentu orang lain punya

Kamu adalah orang pilihan via thoughtcatalog.com

Satu hal yang penting untuk kamu ketahui bahwa nggak semua orang nyaman mencurahkan isi hati dan perasaannya pada orang lain. Sebaliknya, nggak semua orang punya kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik dan bijak. Saat orang lain memilihmu untuk membagikan kisah hidupnya, tentu bukan karena sembarangan. Kamu adalah orang yang benar-benar mereka percaya, seseorang yang membuat mereka nyaman untuk menumpahkan isi hatinya. Jika kamu adalah orang terpilih itu, bersyukurlah. Nggak banyak orang seperti dirimu di dunia.

6. Semua curhatan-curhatan itu akan mendewasakanmu, membuatmu lebih matang menyikapi dan menjalani hidup

Menjadi lebih dewasa via myfaithradio.com

Ketika kamu fokus mendengarkan curhatan orang lain, secara nggak langsung kamu belajar bersyukur atas keadaanmu apa adanya, lantas berjanji pada diri sendiri untuk nggak membuat kesalahan yang sama. Pandanganmu tentang kehidupan secara otomatis meluas, karena kamu terbiasa mengamati segala sesuatu dari berbagai sisi. Kamu menjadi lebih fleksibel, nggak membatasi diri hanya dengan satu pemikiran. Semua hal itu, tanpa kamu sadari, akan mendewasakan dan membuatmu lebih matang dalam menyikapi dan menjalani hidup. Mendengarkan orang lain memberi dirimu kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Menjadi tempat curhatan nggak berarti kamu terlalu mementingkan orang lain dan melupakan dirimu sendiri. Justru apa yang kamu dapat dari orang lain itu adalah pengalaman berharga yang menjadikan kamu lebih baik lagi menjalani hidup. Jadi, jangan bosan mendengarkan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya