Indahnya sebuah hubungan yang berakhir dengan terwujudnya sebuah harapan manis. Mulai dari keseriusan untuk menikah sampai merencanakan berbagai hal terkait kehidupan rumah tangga. Pokoknya semua hal terlihat tampak menyenangkan kalau hubungan lebih serius. Sampai pada saatnya datang berbagai hambatan di luar dugaan yang membuat keyakinanmu timbul tenggelam. Hambatan yang terkadang sepele, tapi bisa mengancam hubungan.

Kamu dan pasangan yang kini mungkin sedang berusaha untuk memulai hubungan yang lebih serius mesti waspada terhadap hambatan tersebut. Kalau sampai nggak siap bisa saja kalian kalah dan menyerah. Rasa optimis perlu dibangun seiring dengan sensitifitas kalian akan datangnya berbagai hambatan. Daripada kamu dan pasangan menyerah begitu saja, persiapkan diri dari sekarang. Kamu perlu fokus dan menjaga emosi tetap pada porsinya yang tepat. Lemah dan salah menyikapi hambatan ini bisa saja melahirkan masalah baru.

1. Saat kamu dan pasangan sudah sama-sama percaya, tapi tiba-tiba datang orang ketiga

Tiba-tiba mantan datang dengan tawaran menggiurkan via unsplash.com

Advertisement

Semua bisa terjadi jika takdir yang berkata. Nanti pasti ada halangan termasuk kehadiran orang ketiga yang anehnya mencoba merusak hubungan kalian. Ini mungkin yang dikatakan sebagai ujian, kalian nggak tahu kan bisa saja seorang mantan datang. Bahaya banget kalau terlena dan tenggelam ke dalam nostalgia sesat masa lalu ini.

2. Semua jadi semakin rumit dan berbeda dengan yang kalian bayangkan, mulai dari menabung untuk nikah sampai beli rumah

Banyak pengeluaran nggak terduga, masih semangat nabung kan? via unsplash.com

Banyak yang perlu dipersiapkan, ini yang mungkin sering luput dari kalian, atau mungkin terlalu menganggap enteng. Setelah masuk ke dalam hubungan yang jauh lebih serius jadinya malah kalian direpotkan dengan rasa nggak siap. Menabung buat resepsi yang begitu besar nggak pernah terbayangkan apalagi mau beli rumah, sepertinya butuh waktu lama lagi untuk mempersiapkan hal ini.

3. Awalnya memang ingin sekali nikah tapi lama-lama malah takut karena beberapa hal yang sudah terjadi malah lepas kendali dan di luar rencana kalian

Ketakutan pun mendera via unsplash.com

Pas masih awal-awal pernah bepikir kalau menjalin hubungan yang lebih serius akan menyenangkan. Misal dengan bertunangan mungkin segala hal seolah terjamin, tapi kok malah jadi takut, ternyata hal yang dulu dibayangkan nggak seberat ini. Beberapa hal yang dijalani malah lepas kendali, angan-angan menginginkan banyak hal yang didambakan malah berantakan.

4. Perbedaan pendapat antara orangtua kamu dan dia jadi masalah yang berat. Padahal kalian yang menjalaninya baik-baik saja

Beda pendapat sama orangtua via unsplash.com

Advertisement

Kamu dan pasangan mungkin bisa dibilang pasangan yang kompak, nggak pernah ada masalah serius. Semua berubah ketika niat menyeriusi hubungan dicampur aduk dengan kepentingan orang tua. Belum selesai masalah itu, malah ada perbedaan pendapat yang sebenarnya nggak perlu terjadi di antara keluarga kalian. Kamu dan pasangan harus bisa bijak, jangan sampai malah tambah susah. Bagaimanapun, kalian yang akan menjalani hubungan ini nantinya.

5. Menjalani hubungan yang serius berarti siap berkorban waktu, batin dan tenaga. Sebab kalian harus melangkah bersama

Harus jalan bareng biar masalah jadi enteng via unsplash.com

Hambatan yang berat mungkin berkurangnya waktu untuk bersenang-senang. Tentunya kalian nggak pengen merasa jenuh dengan hubungan ini, tapi apa daya yang terjadi malah sebaliknya. Kalian harus berkorban tenaga untuk bekerja biar tabungan bertambah pesat. Kalian harus sering mengalah dengan keluarga jika terjadi beda pendapat, waktu senang-senang kalian pun harus berkurang karena semua hal ini.

6. Sekarang bukan waktunya mengungkit-ungkit masalah yang sudah lalu dan saling memaafkan

Nikmati yang dihadapi kalian sekarang, nggak perlu mengungkit keburukan masa lalu via unsplash.com

Banyak yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan masa depan bersama pasangan. Jika memang niatnya serius, jangan sekalipun mengungkit masalah di masa lalu yang nggak penting untuk dibahas. Tapi masalah ini tampaknya muncul lagi, karena mungkin kejenuhan kalian jadi wajar saja kalian luput menahan emosi. Semoga kamu dan pasangan bisa saling mengerti kelelahan masing-masing seingga nggak menimbulkan masalah lain karena kalian sudah saling memaklumi hal semacam ini.

Bagaimana bisa kalian bersikukuh untuk tetap lanjut kalau hambatan ini nggak pernah kalian coba kalahkan? Jangan menghindar, segala hambatan yang menghadang kalian harus diselesaikan biar di masa depan masalah ini nggak jadi bom waktu yang menghancurkan keharmonisan kalian. Semoga yang kalian cita-citakan untuk masa depan selalu lancar dan dibebaskan dari hambatan-hambatan. Klaau pun ada hambatan kamu dan pasangan harus selalu bersama karena soal cinta adalah soal kebersamaan dan saling asuh mengasihi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya