Kisah memerangi jerawat ini saya alami sendiri. Sebagai perempuan, saya tentu ingin kulit wajah saya sehat terkendali :)

Demi tampil sempurna di hari pernikahan, banyak orang rela mengeluarkan tenaga dan dana ekstra. Saya termasuk salah satunya. Kalau ditotal jumlah pengeluaran untuk memuluskan muka bisa 2-3 kali gaji bulanan. Tapi hasilnya tetap nihil. Karena tingkat stres yang meningkat menjelang hari H hasilnya muka dipenuhi jerawat-jerawat besar. Kulit juga terlihat jauh lebih kusam.

Sempat senewen karena kondisi muka belum menunjukkan perbaikan sampai sebulan menjelang akad nikah maka 7 hal ini yang saya lakukan. Semoga bisa menginspirasimu untuk berjuang demi penampilan yang tetap glowing sebelum hari pentingmu nanti, ya!

1. Memaksa diri untuk tidur minimal 8 jam tiap hari

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash via https://unsplash.com

Satu hal yang saya perhatikan menjelang menikah adalah waktu tidur yang ternyata berbanding terbalik dengan jerawat. Semakin sedikit waktu tidur, makin banyak jerawat. Menyadari hal ini akhirnya saya memaksa diri untuk tidur minimal 8 jam sehari. Kebiasaan lembur saya pindah ke kerja pagi.

Maksimal jam 9 malam sudah harus tidur supaya fresh waktu harus bangun jam 5 pagi lalu mencicil pekerjaan yang masih belum selesai.

2. Mengganti sprei dan sarung bantal seminggu sekali

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Badai jerawat sebenarnya tidak menyerang ke seluruh muka. Bagian wajah yang paling rentan terkena jerawat adalah sisi rahang kanan-kiri dan bagian samping muka yang sering terkena rambut. Saya juga menyadari kalau jerawat sering muncul setelah bangun tidur, selepas semalaman berbaring di sisi muka yang sama.

Menyadari hal ini akhirnya saya mencoba untuk mengganti semua kain yang bersinggungan dengan muka, yaitu sprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali. Bahan sprei dan sarung bantalnya juga dicari yang katun supaya lebih menyerap keringat. Cara ini memang tidak menghilangkan jerawat tetapi sangat mengurangi laju pertumbuhan jerawat.

3. Keramas tiap hari

Photo by Dan Gold on Unsplash

Photo by Dan Gold on Unsplash via https://unsplash.com

Karena kulit muka dan kulit kepala saya seperti ladang minyak, timbunan sebum ini juga berpengaruh ke pertumbuhan jerawat. Kulit muka yang terkena rambut yang berminyak makin jadi ladang suburnya jerawat. Mencuci rambut tiap hari ternyata membuat kondisi kulit membaik, lho.

4. Menghindari gerakan tangan menyentuh kulit muka

Photo by JoelValve on Unsplash

Photo by JoelValve on Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Tangan kita sebenarnya adalah agen penyumbang bakteri jerawat terbesar. Coba deh perhatikan, setelah menyentuh berbagai barang seberapa sadar kita untuk mencuci tangan? Transfer kuman dan bakteri bisa terjadi dari sini. Selama usaha memuluskan muka saya memasang mental note ke diri sendiri untuk sesedikit mungkin menyentuh muka dengan tangan sepanjang hari.

5. Mengurangi konsumsi dairy

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Photo by Annie Spratt on Unsplash via https://unsplash.com

Satu hal lagi yang saya ubah dari kebiasaan selama memperjuangkan muka mulus adalah konsumsi makanan. Selama sebulan saya menghindari dairy dan berbagai olahannya. Menghindari minum susu, makan kuning telur, yoghurt dan keju.

6. Double cleansing does help!

Photo by Kyle Loftus on Unsplash

Photo by Kyle Loftus on Unsplash via https://unsplash.com

Sebelum sampai di titik frustrasi karena muka dipenuhi jerawat kegiatan bebersih muka harian hanya dilakukan 1 langkah saja, menggunakan sabun muka cair saat mandi. Setelah membaca berbagai saran beauty blogger akhirnya saya mencoba untuk menerapkan dua kali pembersihan muka (double cleansing).

Caranya, saya menggunakan micellar water sebagai pembersih pertama. Dilanjut facial wash saat mandi. Setelahnya saya menggunakan toner untuk meringkas pori dan membersihkan kotoran di muka secara menyeluruh.

7. No make up but skin care

Photo by Hian Oliveira on Unsplash

Photo by Hian Oliveira on Unsplash via https://unsplash.com

Selama sebulan sebelum pernikahan saya puasa make up. Yang saya pakai di muka hanya pelembab bebas minyak dan bedak tabur supaya muka tidak terlalu pucat. Oh iya, semua produk ber SPF juga saya hindari karena bisa membuat muka makin berminyak dan bisa mengundang jerawat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya