Dijaman sekarang ini, mungkin banyak orang merasa hidupnya memiliki beban yang berat. Tekanan dari lingkungan sekolah, lingkungan kerja hingga lingkungan rumah memuat anda tak merasa bahagia. Hingga akhirnya banyak cara yang orang lakukan hanya untuk merasakan bahagia. Mulai dari nonton bioskop, duduk ngobrol sambil ngopi, hingga traveling ke luar negeri. Tanpa kita sadari, banyak uang yang terbuang sia-sia hanya untuk kita merasa bahagia dan lepas dari tekanan hidup. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk merasa bahagia, dan yang terpenting tanpa mengeluarkan banyak uang. 

1. Bangun pagilah, pergi keluar rumah untuk merasakan sejuknya udara pagi

Menyambut matahari pagi via http://www.meliaindo.com

Merasa kurang bahagia? Bangun pagilah! Masih bingung kenapa bangun pagi bisa membuat anda bahagia? Cobalah besok bangun pagi, sekitar selepas sholat subuh bagi yang muslim. Keluarlah dari rumahmu, kemudian jalan-jalan lah disekitar rumahmu, cobalah rasakan segarnya udara yang masih beraroma embun pagi, tarik nafasmu dalam-dalam. Merenunglah, kenapa kamu tidak bahagia. Padahal kamu masih bisa bangun pagi, masih bisa berjalan, masih bisa merasakan embun pagi, masih bisa merasakan udara segar, masih bisa bernafas, dan bonusnya kamu masih bisa melihat matahari terbit jika beruntung!

2. Pergilah keminimarket, belilah beberapa makanan ringan

Berbagi dengan sesama via http://4.bp.blogspot.com

Setelah pergi ke minimarket, jangan makan makanan ringan yang kamu beli. Tentunya, dengan hanya menikmati sedikit makanan ringan kamu belum merasa bahagia seutuhnya, kan? Pergilah ke lampu merah terdekat, carilah pengamen atau pengemis yang biasanya ada didekat area itu, kalau bisa carilah yang masih anak-anak. Berikanlah makanan tadi ke anak tersebut, coba tengok senyumannya? dia bahagia, dia bahagia karena kamu. Tentunya kamu bahagia kan jika ada orang yang bahagia karena kamu ?

3. Matikan semua gagdetmu, menghilanglah satu hari

Advertisement

Sering merasa stres? Tertekan oleh lingkungan? Pilih lah satu hari saja untuk menghilang dari semuanya. Matikan semua gadgetmu, pilihlah satu kegiatan yang kamu sukai. Kamu bisa membaca buku seharian, bisa ke taman untuk menyegarkan pikiran, bermain musik, melukis dan bahkan kamu bisa tidur seharian tanpa gangguan siapapun. Bahagia, kan?

4. Ngobrol dengan ibu atau ayahmu

Mengobrol dengan ibu via http://abiummi.com

Tanpa kamu sadari, saat kamu mengobrol dengan ibu atau ayahmu. Tekanan dan beban yang ada dalam dirimu akan berkurang. Ceritalah kepada mereka apa yang menjadi bebanmu, apa yang membuatmu merasa tidak bahagia. Tanpa sungkan, mereka akan berbagi pundaknya untuk meringankan bebanmu. Kamu juga akan mendapat wejangan-wejangan hebat yang tak akan kamu temui di tempat lain. Untuk kamu yang ada diperantauan, manfaatkan kecangggihan teknologi untuk menghubungi ibu atau ayahmu. Bagaimana? sudah merasa bahagia sekarang ?

5. Masih belum bahagia ? Yakinkan kamu enggak lupa sama Tuhanmu ?

Kamu sudah melakukan hal-hal diatas dan kamu masih belum bahagia sepenuhnya? Coba renungkan, kapan kamu berinteraksi dengan Tuhanmu. Mungkin bisa saja kamu tak merasa bahagia karena sering melupakan Tuhanmu. Mungkin selama ini kamu terlalu sibuk dengan urusan duniamu hingga tak sempat meningkatkan spiritualmu. Seseorang yang dekat dengan Tuhannya tentu akan selalu merasa bahagia. Karena dia akan merasa selalu bersyukur dengan apa yang telah digariskan Tuhannya. Jika kamu muslim, mulailah biasakan bangun sepertiga malam. diwaktu seperti itulah interaksi dengan Tuhanmu akan berkualitas dan tentunya tanpa kamu sadari kebiasaan itu akan meningkatkan kualitas hidupmu. Nah tentunya hidup yang berkualitas akan selalu merasa bahagia bukan ?