Facebook dan Google merupakan tempat bekerja yang banyak diimpikan oleh orang-orang yang ingin bekerja di dunia teknologi, karena memang Facebook dan Google terkenal sebagai tempat yang menyenangkan untuk bekerja, namun selama empat tahun tahun terakhir Fecebook telah menyusul Google sebagai tempat terbaik untuk bekerja di Amerika. Lalu apa saja sebenarnya yang menjadi tolak ukur sehingga Facebook bisa mengungguli Google sebagai tempat bekerja terbaik. Berikut adalah perbandingan antara Facebook dan Google dari berbagai faktor dan kenyamanan dalam bekerja.

1. Kepuasan karyawan

Kepuasan karyawan

Kepuasan karyawan via http://zardata.ir

Secara keseluruhan karyawan merasa senang bekerja di kedua perusahaan tersebut, namun dari segi presentase, Facebook ternyata lebih unggul dari Google, dengan tingkat kepuasan mencapai 93%, sedangkan Google hanya 84% menurut karyawan yang telah menyelesaikan survey PayScale.

“Setiap pagi saat masuk kerja saya merasa seperti manusia yang paling beruntung di dunia”. Tulis salah satu karyawan Facebook.

2. Karyawan lebih banyak mendapatkan kebebasan

Karyawan lebih mendapatkan kebebasan

Karyawan lebih mendapatkan kebebasan via http://www.techrepublic.com

Advertisement

Dibandingkan Google yang katanya lebih terstruktur dan menempatkan posisi manager lebih penting dari karyawan biasa dan terkesan kaku, karyawan Facebook justru bisa mendorong dan mengkritik manager mereka. Dan kebebasan seperti ini yang membuat karyawan merasa terlibat dalam kemajuan perusahaan dan lebih mendapatkan kebebasan dalam mengekspresikan pemikiran mereka.

3. Karyawan membuat lebih banyak uang

Karyawan membuat lebih banyak uang

Karyawan membuat lebih banyak uang via http://www.loodley.com

Seperti yang kita tahu uang bukanlah patokan utama yang menentukan kepuasan dalam bekerja, namun hal tesebut tetap berkontribusi dalam mengukur tingkat kepuasan dalam bekerja. Dan dalam hal ini lagi-lagi Facebook mengungguli Google, rata-rata karyawan Facebook mendapatkan $ 135.000 per tahun sedangkan Google $ 133.000, sementara karyawan magang Facebook $ 7.400 per bulan, sedangkan Google $ 7.200.

4. Tingkat stres yang lebih rendah

Tingkat stres yang lebih rendah

Tingkat stres yang lebih rendah via http://www.jobacle.com

Fakta menemukan bahwa karyawan Facebook mengalami tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan teknologi lainnya termasuk Google. Meskipun bekerja di perusahaan teknologi cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi, namun jika dibandingkan dengan Google, karyawan Facebook cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan karyawan Google.

5. Karyawan menganggap pekerjaan mereka lebih bermakna

Menganggap pekerjaan mereka lebih bermakan

Menganggap pekerjaan mereka lebih bermakan via https://ericjacobsononleadership.com

Advertisement

“Apakah pekerjaan yang anda lakukan akan membuat dunia lebih baik ?” itulah pertanyaan yang diajukan PayScale dan 81% karyawan Facebook mengatakan ya, sedangkan karyawan Google yang mengatakan ya sebanyak 67%.

6. Proses perekrutan lebih mudah

Proses perekrutan lebih mudah

Proses perekrutan lebih mudah via http://www.business2community.com

Hasil survey menunjukan bahwa proses perekrutan di Facebook ternyata lebih mudah daripada di Google, dengan kata lain lebih sulit untuk bekerja di Google dibandingkan dengan di Facebook. Namun meskipun melalui tahapan seleksi yang sangat sulit untuk bekerja di Google, para karyawan Google mengatakan mereka bekerja untuk hal-hal yang jauh lebih mudah dari kemampuan mereka, dengan kata lain kemampuan mereka tidak benar-benar digunakan ketika bekerja di Google.

7. Tim kecil lebih berpeluang untuk tumbuh

Tim Kecil Lebih Berpeluang Untuk Tumbuh

Tim Kecil Lebih Berpeluang Untuk Tumbuh via http://www.devicedaily.com

Mantan karyawan Google mengatakan sulit untuk tumbuh diantara 53.000 karyawan dan memberikan dampak yang nyata. Sedangkan Facebook dengan 10.000 karyawan lebih memungkinkan untuk tumbuh dan berkontribusi nyata pada perusahaan. Kecuali anda seorang insinyur yang mempunyai bakat luar biasa dan menciptakan sesuatu yang baru mungkin anda akan diperhatikan, jika bukan maka akan sangat sulit untuk bersaing ketika bekerja di Google.

8. Memilki keuntungan berlimpah

Memiliki keuntungan berlimpah

Memiliki keuntungan berlimpah via https://www.johnkay.com

Facebook dan Google sama-sama memanjakan karyawannya dengan berbagai fasilitas dan tunjangan yang menyenangkan, namun Facebook mengalahkan Google dalam hal lain. Facebook menyediakan $ 4.000 untuk karyawan yang baru memiliki bayi, dan para karyawan sangat menikmati dengan adanya ketentuan tersebut, selain itu ketentuan cuti yang diterapkan oleh Facebook pun sangat memanjakan karyawannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya