Sederet Persiapan Pranikah yang Bisa Kamu Lakukan Mulai dari Sekarang. Nyicil yuk, Yang!

Persiapan pra nikah

Keputusan untuk melepas masa lajang bukanlah keputusan sembarangan yang bisa kamu ambil tanpa melakukan pikir panjang. Banyak aspek yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk melanjutkan hubunganmu dengan sang pasangan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Dalam hubungan rumah tangga, keuangan menjadi sesuatu yang benar-benar pelik dan harus disepakati bersama. Nah, ada baiknya jika kamu melakukan 5 tips di bawah ini sebelum memutuskan untuk menikah demi kondisi keuangan yang lebih baik lagi.

Advertisement

1. Buatlah rekening bersama

Segera buka rekening bersama

Segera buka rekening bersama via http://liveolive.com

Rekening bersama memiliki dua jenis yang berbeda, yakni jenis 'AND' dan 'OR'. Jenis 'AND' membutuhkan tanda tanganmu dan pasangan yang berguna untuk mengontrol keuangan yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Sedangkan 'OR' hanya perlu satu pihak saja untuk menandatanganinya. Rekening jenis 'OR' biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lebih fleksibel, seperti kebutuhan sehari-hari.

Selain alat untuk mengontrol keuangan, rekening bersama ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi mengenai keadaan finansial dan administrasi rumah tangga. Dengan adanya rekening ini kamu dan pasangan bisa lebih banyak menabung karena memiliki kesepahaman bahwa kebutuhan yang akan dihadapi di masa depan semakin banyak, bukan semakin sedikit. Selain itu, dengan rekening ini kamu dan pasangan akan lebih memiliki rasa percaya satu sama lain, lho!

Advertisement

2. Buat anggaran bersama

Buat anggaran bersama

Buat anggaran bersama via http://www.moneycrashers.com

Anggaran bersama fungsinya berbeda dengan rekening bersama, lho. Anggaran bersama lebih berfungsi untuk saling menyemangati atau memotivasi satu sama lain agar tujuan keuangan dapat terwujud dengan segera. Kontribusimu dan pasangan dapat disesuaikan dengan kesepatakan masing-masing. Namun, biasanya porsi suami lebih banyak dari istri. Istri lebih bertanggungjawab pada efektivitas pengeluaran yang ada. So, tunggu apa lagi? Buatlah anggaran bersama sejak sebelum menikah, ya!

3. Lakukan tes kesehatan pra-nikah

Tes kesehatan pra-nikah

Tes kesehatan pra-nikah via http://www.drlinaman.com

Jangan anggap tes kesehatan yang di maksud adalah tes kesehatan seperti saat akan melamar kerja, ya! Tes kesehatan pra-nikah ini lebih ditujukan untuk mencari tahu kondisi kesehatanmu dan pasangan. Hal ini akan sangat berdampak pada kesehatan buah hatimu kelak. Tes kesehatan pra-nikah ini biasanya berupa pemeriksaan TORCH, yakni Toxoplasmosis, Other Agents, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes Simplex. Jika salah satu dari TORCH ditemukan maka kondisi kesehatan yang kurang baik akan menyerang sang bayi. Serem, ya?

4. Audit kondisi keuangan

Advertisement
Audit kondisi keuangan kalian

Audit kondisi keuangan kalian via http://www.cheatsheet.com

Beberapa hal yang masih ada hubungannya dengan kondisi keuangan ini layak kamu jawab sejak sebelum menikah, antara lain:

  • Apakah kamu dan pasangan mempunyai dana darurat?
  • Apakah kamu dan pasangan sudah memiliki asuransi jiwa?
  • Berapa jumlah investasimu dan pasangan saat ini?

Salah satu pertanyaan paling penting yang harus dijawab berikutnya adalah utang. Jangan sampai jumlah utangmu lebih dari sepertiga total penghasilan bersama antara kamu dan pasangan, ya!

5. Temukan jenjang karir yang lebih baik

Lowongan kerja online adalah solusinya

Lowongan kerja online adalah solusinya via https://www.karirpad.com

Mungkin di masa lajang kamu masih bisa hidup nyaman dengan gaji yang kamu miliki sekarang. Namun, hal tersebut harus kamu pertimbangkan jika di akhir bulan kamu masih sering kesulitan dalam hal finansial. Kehidupan pernikahan membutuhkan biaya yang lebih tinggi, lho. Segera temukan jenjang karir yang lebih baik untukmu agar kondisi keuangan setelah menikah nanti akan tetap dalam kondisi yang baik.

 

Menikah memang bukan hal yang mudah, ya? Nah, sebelum melangkah lebih jauh ke jenjang pernikahan ada baiknya loh jika kamu mendiskusikan lima hal di atas bersama dengan pasanganmu. Jangan ditunda-tunda, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

History - Philosophy - Radiohead

Editor

Not that millennial in digital era.

192 Comments

  1. Erica Tjahjadi berkata:

    hai haloo, aq punya banyak hadiah loh buat kamu, Cashback sampai 100%. yuk add pin bb aku : 25CBBB46 , atau kunjungi www(.)d-ew-a168(.)com

  2. Winda Kesuma berkata:

    Ni yang boljug…. Dian Eka Fajriyanto yg ak blg kmrn

CLOSE