“Sarapan dengan komposisi gizi baik meningkatkan peningkatan kemampuan konsentrasi Anda”

Ronald E. Kleinman, M.D. (Pakar Nutrisi Harvard University)

Bagi beberapa orang sarapan itu harus enak dan membuat perut kenyang. Bukannya menyalahkan pendapat tersebut, jika hanya berdasarkan fakta itu semata, tentu terdengar kurang bijak. Lalu apa untungnya buat tubuh jika yang dikonsumsi semuanya berbasis pada karbohidrat tinggi semata dengan sedikit asupan protein?

Perut kenyang tak harus dengan dengan santapan berkalori tinggi, seperti bubur ayam, soto mie, dan sejenisnya. Apalagi ketika Anda mencoba beradaptasi dengan pola hidup sehat dengan tujuan berdiet. Maka jelas anda harus mencoba menambahkan beberapa makanan ini ke menu yang nantinya berada di meja makan, dan dijamin menu yang identik dengan gaya hidup modern ini bisa meningkatkan konsentrasi Anda.

1. Tingkatkan kinerja otak dengan salmon (bukan bermain Pokemon Go! Catet)

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon merupakan sumber yang baik demi meningkakan fungsi otak. Ketika mendapat asupan yang cukup dari salmon, maka otomatis seketika bisa meningkatkan kinerja otak. Dikala otak cemerlang, mengerjakan apa saja akan terasa lebih menyenangkan. Setuju?

2. Sumber potein telur baik bagi perkembangan memori

Tak bosan-bosannya menempatkan telur sebagai menu sarapan yang wajib, bukan karena apa-apa, ujaran Dr. Fiastuti W. MSC. MS. SpGk, dari Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, turut pula menegaskan bahwa telur adalah sumber protein. “Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin – nutrisi penting untuk perkembangan memori.”

3. Semua orang suka beri-berian, kamu?

Advertisement

Biji dari beri-berian mengandung lemak omega 3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Kaya akan kandungan vitamin C serta antioksidan lainnya membuat kelompok buah ini bisa membantu banyak dalam proses peningkatan memori otak.

4. Tak hanya memiliki kalsium yang tinggi, susu dan yogurt bermanfaat bagi pertumbuhan jaringan otak

susu via http://rd.com

Ragam produk susu yang didapatkan baik disupermarket ataupun dari minimarket yang berada diseberang jalan, paling tidak menjadi sumber dari vitamin B, vitamin D, dan kalsium yang tinggi. Khasiat vitamin B pun tak perlu diragukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Jadi tunggu apalagi, yuk borong susu dan yogurt.

5. Madu, makanan yang selalu menjadi andalan kala konsentrasi maksimal dibutuhkan

Campuran Vitamin, mineral, bio-hormon, serta enzim menjadikan madu sebagai makanan yang mampu merangsang kinerja otak, dan tentu saja dapat membantu Anda berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan sesuatu dan lain hal. Cukup dengan 2 sendok perhari dan segera rasakan keajaiban dari makanan yang dihasilkan oleh lebah-lebah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya