<>1. Masih adakah 'kita' ?

Aku membayangkannya, akan seperti apakah kita di masa depan. Kini memori tentang kebersamaan kita masih tergambar jelas di benakku. Seiring waktu, gambaran-gambaran kebahagiaan mungkin saja luntur dari benakku atau benak kalian. Aku khawatir, akulah yang menghapus kalian dari benakku. Menggantikan kalian dengan sosok-sosok lain dan perlahan aku lupakan kebersamaan kita. Namun kuharap hal itu takkan pernah terjadi. Begitupun dengan kalian, kuharap tak ada yang menghapus kenangan-kenangan kita dari benak kalian. Akan menyenangkan jika kita sekarang menjadi kita di masa depan. Kita yang saling menguatkan. Kita yang menangis bersama. Kita yang bercanda tawa bersama. Kita yang memberikan pelukan hangat ketika air mata tak lagi bisa ditahan. Kita yang saling menggengam tangan dan memanjatkan doa saat khawatir menerpa. Bahkan kita yang tersenyum pada dunia yang kadang terasa menyakitkan.

<>2. Dikala Kegilaan Berubah Menjadi Kebahagiaan
When we are together

When we are together via https://id.pinterest.com

Aku tahu akan tiba waktunya. Waktu dimana kita tak akan bisa berkumpul semudah ini. Tak bisa lagi sekedar berbagi snack karena sama-sama belum sarapan. Tak bisa lagi sekedar berbincang santai di warung saat kuliah dibatalkan. Tak bisa lagi dengan mudah mengingatkan tugas apa yang harus dikumpulkan esok atau bahkan rela bolos bersama demi menenangkan diri dari tugas dan segala macamnya. Kukira mustahil untuk setiap hari melihat kita duduk di ruang kelas yang sesak dan panas bersama lagi. Aku tahu segala kegilaan yang kita lakukan terkadang tanpa pikir panjang, jelas yang terlintas di pikiran adalah menikmati dunia yang luar biasa ini. Bahkan jika terpikir lagi olehku, aku mungkin memang tercipta untuk menikmati kegilaan di masa mudaku dengan kalian. Di masa depan, akankan aku masih segila ini? Apakah aku masih sering tertawa dengan lantang seperti saat bersama kalian? 

<>3. Waktu Berlalu Meninggalkan Jejak Kenangan

Setiap kali matahari terbenam ke peraduannya, aku tersadar bahwa satu hari akan segera berlalu. Hari itu mungkin adalah hari berat bagiku, mungkin pula hari itu adalah hari yang membosankan, atau mungkin justru hari penuh kebahagiaan bagiku dan kala pagi menjelang aku sadar bahwa hari baru akan segera dimulai. Hari yang penuh misteri akan apa yang kuhadapi. Kukira baru kemarin aku mengenal kalian satu per satu. Rasanya seperti tidur dengan mimpi indah namun tiba-tiba terbangun dan dengan segala cara ingin melanjutkan mimpi indah itu. Mengapa harus terbangun? Sangat sulit untuk melanjutkan mimpi indah yang sama seperti sebelumnya. Itulah yang kurasakan. Kebersamaan kita bukan waktu yang singkat, entah mengapa aku merasa waktu berlalu dengan cepatnya. Rasanya ingin kembali mengenal kalian lagi dari awal. Mungkin ini ketakutanku saja, ketakutan jika nanti aku takkan ada sosok kalian lagi di dekatku. Kekhawatiran jika tak ada seseorang yang mau berada di sisiku lagi selain kalian. Namun satu hal yang pasti, jejak kenangan kita bersama-sama ada di hati dan pikiranku. Kuharap jejak kenangan kita akan tetap ada di masa depanku dan masa depan kalian.

<>4. Berjuang Demi Mimpi-Mimpi Kita
The times when you have seen only one set of footprints, is when I carried you

The times when you have seen only one set of footprints, is when I carried you via https://id.pinterest.com

Setelah ini kita akan berlari di jalan masing-masing. Mewujudkan semua mimpi-mimpi yang pernah kita ceritakan bersama. Mencoba menjadi seseorang yang lebih baik dan saat bertemu lagi kita akan melihat masing-masing dari kita menjadi orang yang sangat layak kusebut sebagai sahabat yang menakjubkan. Kuharap waktu itu segera tiba. Akan selalu kuingat bahwa kalian menantikan aku yang menakjubkan di masa depan, akan selalu kutanam di hatiku kekuatan yang kalian berikan untukku. Aku akan mencoba sekuat tenaga agar tak melupakan semangat yang terus kalian teriakan untukku. Jika kalian membaca surat ini, apakah aku sudah menakjubkan sehingga layak disebut sahabat kalian ? Aku yang ada di masa depan akan menjadi menakjubkan dan kuharap kalian bangga menyebutku sebagai sahabat. Tak peduli sekuat apapun arus akan menyeretku, aku kan berusaha kembali dan menjadi pantas disebut sahabat menakjubkan bagi kalian.

<>5. Tak Ada Kata Selain 'Terimakasih Sahabat'
Get all of your friends together

Get all of your friends together via https://id.pinterest.com

Kelak jalan yang kita lalui akan terasa sangat jauh dan tanpa disadari air mata mengalir dari hati yang perih. Ketika semuanya berubah menjadi kenangan, kuharap kita akan menjadi tempat berlindung satu-sama lain hingga saat aku dapat melihat ujung dari jalanku. Tak ada yang akan tersesat, tak ada yang akan menangis sendirian, dan tak ada yang akan kesepian. Kita akan tetap bergandengan tangan dari tempat yang berbeda, kenangan akan menggandeng kita bersama menuju mimpi-mimpi besar kita. Terimakasih sahabat, waktu yang kalian berikan padaku takkan bisa kubayar dengan apapun. Aku akan menunggu kalian sebagai sahabat menakjubkan sambil memantaskan diriku untuk layak kalian panggil sebagai sahabat. Sungguh pesahabatan yang indah. Kelak, tetaplah menjadi sahabatku. Sampai jumpa di masa depan, aku menyayangi kalian sahabatku. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya