Ini dia 12 lokasi film dengan latar negri Britania Raya

Britania Raya memang dikenal sebagai negara dengan ribuan cerita di tiap sudut kotanya, tak heran hal ini membuatnya banyak dipilih untuk menjadi lokasi syuting berbagai film dari penjuru negri. Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi penonton, selain menikmati alur cerita film yang seru, mata juga tak lepas melihat latar negara Inggris dan segala keunikannya.

Bahkan, sering kali suatu tempat yang biasa saja menjadi dicari-cari karena sebuah film, lho. Ini dia potret keindahan Britania Raya yang diangkat ke layar lebar

1. Harry Potter

Harry Potter

Harry Potter via http://collider.com

Jika di Film Harry Potter, muggle (sebutan untuk non sihir) tidak bisa melihat peron 9 3/4 yang menjadi jalan pertama Harry dan teman-teman menaiki kereta menuju Hogwrats, Kini tidak lagi. Keunikan serta kepopuleran dari peron ini membuat pengelola Stasiun Kereta Kings Cross untuk membuat replika dinding pembatas dengan tanda Platform 9 3/4 di salah satu sudut stasiun tersebut, lengkap dengan troli barang yang setengahnya berada di dalam dinding, layaknya troli tersebut akan masuk ke peron 9 3/4 .

Jika kamu berkunjung ke London, tempat ini menjadi destinasi wajib kamu kunjungi. Agar bisa berfoto layaknya murid Sekolah Sihir Hogwrats lengkap dengan seragam dan tongkat sihir. Dijamin bikin feeds kamu tambah kece!

Advertisement

2. Edge of Tommorow

Edge of Tommorow

Edge of Tommorow via https://en.wikipedia.org

Masih ingat adegan saat si ganteng Tom Cruise lengkap dengan seragam tentaranya turun dari helikopter? Ternyata lokasi itu mengambil tempat di Trafalgur Square, London. Film ini juga menjadi film pertama yang mendapatkan izin mendaratkan helikopter untuk kepentingan produksi film. Sebelumnya, izin untuk mendaratkan helikopter di Trafalgar Square hanya diberikan untuk pihak militer Inggris, serta untuk keperluan darurat.

Lain halnya dengan yang terlihat di film The Edge of Tomorrow, Trafalgar Square selalu ramai oleh wisatawan yang ingin melihat keindahan patung dan air mancur di tengah-tengah alun-alun. Selain itu, banyak burung merpati yang bebas berkeliaran di wilayah ini.

3. Night at the Museum: Secret of the Tomb

Advertisement

Pada sekuel ke 3 petualangan Ben Stiller yang berperan menjadi Larry si Penjaga Museum kali ini, mereka menggunaka British Museum sebagai lokasi syuting film ini. Mereka hanya diberi waktu 3 hari untuk merekam semua adegan di museum ini.

Tak lama setelah penayangan perdana film ini, website resmi British Museum menulis artikel tentang fakta film Night at Museum ini. Bahwa tidak semua koleksi yang ditampilkan di layar lebar itu mereka miliki. Salah satunya adalah kerangka dinosaurus, yang sempat menyusahkan Larry di awal film. Namun, mereka memiliki koleksi lain yang lengkap dan tak kalah menarik, yang menjadi alasan mengapa tempat ini wajib kamu kunjungi!

4. Notting Hill

Notting Hill

Notting Hill via https://www.flickr.com

Film ini menjadi sangat populer di tahun 2000an, bahkan masih punya banyak fans setia hingga saat ini, lo. Film ini berlokasi di tempat yang sama dengan judulnya yaitu Notting Hill, London. Jika kamu berkunjung ke kawasan ini, kamu akan menemukan semua lokasi syuting film ini.

Mulai dari pasar yang terletak di Portebello Road tempat William tak sengaja menumpahkan kopi ke baju Anna. Bioskop Coronet, tempat William menonton film Anna, Ritz Hotel tempat Anna menginap, serta pintu biru yang sangat ikonik dari film ini, beralamat di 280 Westbourne Park Road, Notting Hill, London W11.

Namun, toko buku yang dimiliki oleh William tidak benar-benar ada. Toko yang sebenarnya adalah toko barang antik bernama Nicholls Antique Arcade. Jika kamu berkunjung ke Notting Hill, kamu akan bisa menyusuri semua lokasi syuting nya hanya dengan jalan kaki.

5. Me Before You

Kastil Pembroke yang berlokasi di Pembrokeshire, Wales menjadi pilihan lokasi syuting film ini, yang sukses mengambil hati penonton dengan cerita romansa yang tragis antara Lou Clark dan Will Traynor. Mereka beberapa kali mengambil adegan di sekitaran kastil ini, hingga membawa penonton melihat pemandangan kota wales dari ketinggian kastel.

Mereka juga mengambil tempat di lingkungan sekitar, di mana Lou menemani pacarnya Running Man latihan lari, serta kafe tempat Lou pernah bekerja. Kastil ini terbuka untuk umum dan tutup jam 5.30 PM. Mereka membutuhkan waktu 5 hari untuk menyelesaikan film di Wales, dan selama proses pembuatan film banyak fans yang datang dan berfoto bersama.

Kamu juga harus mencoba ke Wales dan, jika kastil ini menjadi tempat favorit Lou dan Will, mungkin bisa menjadi tempat favorit mu dan pasangan, lho.

6. Game of Thrones

Game of Thrones

Game of Thrones via https://www.tripadvisor.co.uk

Kamu penggemar Game of Thrones? Tempat yang satu ini harus masuk kedalam list wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Britania Raya. Pelabuhan Ballintoy di Irlandia Timur, menjadi tempat shooting season 2 dari serial produksi HBO ini. Di mana, menunjukkan saat-saat kelam Theon Greyjoy. Tempat ini kembali ditampilkan pada season 6, saat Aeron Greyjoy, mengingatkan Yara bahwa penguasa baru Ironborn akan dipustuskan di Kingsmoot.

Di kehidupan sehari-hari Pelabuhan Ballintoy menjadi pusat perdangangan ikan dan menjadi landmark kota Iron. Terlepas dari pernah digunakan sebagai tempat shooting serial Game of Thrones, keindahan pantai Ballintoy menjadi spot keren untuk kamu kunjungi.

7. Paddington

Siapa tak kenal beruang kecil lucu yang dapat berbicara ini? Film yang diawali dari turunnya si beruang kecil dari kereta api dan bertemu dengan keluarga Brown yang kemudian mengadopsi nya dan memilihkan nama "Paddington", dari nama stasiun tempat mereka bertemu.

Stasiun yang terletak di Praed street, Paddington, London ini menjadi pusat jam-jam sibuk di London. Didalamnya ada patung Paddington yang tak lain dibuat untuk keperluan film, namun masih terpajang hingga sekarang.

8. Love Actually

Film romantis yang selalu bisa jadi andalan ditonton saat hari Valentine ataupun akhir pekan ini, bersetting di London. Film ini mengajak kita untuk melihat sekeliling kota London dan keindahannya. Ditambah lagi bernuansa natal, film ini juga menunjukkan suasana natal yang hangat walupun sedang dihujani salju.

Adegan paling ikonik dari film ini saat Mark mengetuk pintu Juliet dan menuliskan perasaannya di berlembar-lembar kertas ternyata mengambil lokasi di Notting Hill, lho. Tepatnya di ST. Luke's Mews.

9. V for Vendetta

V for Vendetta

V for Vendetta via https://www.visitlondon.com

Film yang bercerita saat Negara Inggris dikuasai oleh kelompok fasis, dan memperlihatkan bagaimana kota London hancur terbakar. Wah, untung hanya di adegan film, ya? Film yang hampir separuhnya berlokasi di London ini juga memperlihatkan sudut-sudut kota London. Termasuk Trafalgar Square juga menjadi pilihan untuk merekam film ini.

10. Now You See Me 2

Now You See Me 2

Now You See Me 2 via https://www.visitlondon.com

Sekuel dari film yang bercerita tentang para pesulap ini mengambil lokasi di Greenwich, London. Walau sebagian filmnya ber-setting di negara Makau, ternyata, saat adegan bertarung yang diceritakan di dalam pasar Makau sebernarnya mengambil lokasi di The Farmilou Building 34 St John Street, London, England, UK.

Inggris yang mempunyai sejarah dengan para penyihir pada masa-masa dark age dulu pun membuat suasana di film ini semakin hidup. Selain itu, film ini juga menampilkan kemegahan dari Old Royal Naval College, yang ini bisa jadi pilihan destinasi kamu saat berkesempatan mengunjungi London.

11. Thor: The Dark World

Thor: The Dark World

Thor: The Dark World via https://kateandtoms.com

Ingat adegan saat Erik Selvig ditangkap di Stonehenge? Ya, film produksi Marvel yang memilih lokasi di Britania Raya menunjukkan spot-spot menarik untuk dikunjungi lho. Salah satunya adalah Stonehenge ini, yang termasuk dalam 1 diantara 7 keajaiban dunia.

Selain menjadi keajaiban dunia, dan lokasi syuting film Thor, kemisteriusan dari alasan bentuk dan fungsi dari bangunan tumpukan kayu inipun menjadi daya tarik sendiri.

12. Batman Begins

Batman Begins

Batman Begins via http://www.bdp.com

Semua orang pasti tahu bahwa Gotham City terletak di Amerika Serikat, namun siapa sangka ternyata bahwa gedung Pengadilan kota Gotham ternyata mengambil tempat di Senate House, University of London, Malet Street, London, United Kingdom.

Di adegan saat Joe Chill ditembak ini, kita diajak menlihat arsitektur Inggris yang kental dengan kemewahan dan kemegahannya. Selain Senate House, Batman Begins juga menunjukkan Garrick Theatre di Charing Cross Road, London WC2, The Farmiloe Building di 28-36 St John Street, Clerkenwell, London EC1, dan CityPoint di Ropemaker Street, London EC2.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya