Dalam setiap pekerjaan, selalu ada barang-barang krusial yang harus ada bagi si pekerjanya. Seperti arsitek yang selalu membawa penggaris dan pelukis yang selalu menggunakan kuas, pembaca juga memiliki barang-barang penting. Tapi, yakin nih membaca itu sebuah pekerjaan? Jangan salah, bagi si kutu buku, membaca adalah pekerjaan utamanya. Tiada hari tanpa membaca. Lalu, apa sih yang selalu dibawa oleh si kutu buku yang bahkan jadi sahabat karib sepanjang hidupnya?

1. Pembatas Buku

Kalo Filatelis Koleksi Prangko, Kutu Buku Koleksi Pembatas Buku via http://marveloustales.com

Si kutu buku tahu bagaimana cara berhenti sejenak saat membaca satu buku tanpa merusaknya dan diganti dengan pembatas buku. Kalaupun memang buku yang dibacanya tidak menyertakan pembatas buku di dalamnya, dia tahu barang-barang yang tepat sebagai penggantinya. Dari sobekan kertas yang ada di sekitarnya, uang kertas, bahkan sampai struk belanjaan. Asalkan benda-benda tersebut tidak merusak buku, si kutu buku pasti akan menggunakannya dan setia sampai buku yang dibacanya selesai.

2. Alat Tulis

Ini khusus bagi si kutu buku yang merasa buku yang dibacanya begitu penting sampai-sampai dia tidak mau kalimat-kalimat di dalamnya terlewatkan begitu saja. Baik buku-buku pelajaran, modul kuliah, maupun novel favoritnya. Si kutu buku bisa saja dengan sengaja mencorat-coret halaman dengan pensil, pulpen, atau bahkan stabilo. Biasanya, coretan-coretan itu sebagai antisipasi kalau-kalau si kutu buku akan membacanya kembali. Sungguh sayang. Tapi apalah arti sebuah coretan kalau kau begitu suka dengan bukunya.

3. Minuman Panas

Advertisement

Jangan Sampai Menumpahi Buku via https://popsugar.com

Barang ini memang sedikit merepotkan bagi si kutu buku. Membutuhkan daya upaya serta niat yang teguh untuk membuatnya. Tapi bukan tidak mungkin dia melakukannya. Biasanya saat malam dan kantuk mulai menyerang, si kutu buku menyempatkan membuat minuman panas–entah itu kopi, teh, atau cokelat. Dia yakin minuman panas dapat membuat dirinya rileks dan dapat dengan mudah menyelesaikan ibadah wajib itu (membaca).

4. Post-It Sticker

Tahu Barang Ini? via http://aliexpress.com

Mungkin kamu baru tahu benda seperti ini, tetapi si kutu buku selalu membawanya ke mana pun buku yang sedang dibacanya dibawa. Dia bahkan memiliki berbagai macam tipe dan warna. Coba perhatikan buku-buku yang sedang atau sudah dibaca si kutu buku deh. Pasti ada selipan-selipan stiker yang biasanya berjumlah banyak menghiasi buku-buku tersebut. Bagi si kutu buku, itu adalah seni yang paling lihai dia buat.

5. Mp3 Player

Selalu Terpasang via https://facebook.com

Mendengarkan musik? Hal mudah bagi si kutu buku. Fokusnya semakin meningkat setelah headset dari mp3 player-nya dinyalakan. Musik instrumental dari playlist-nya mengalun dan membuatnya lupa dengan sekitar. Walaupun tidak bagi semua yang suka membaca, sebagian kutu buku memang terbiasa membaca sambil mendengarkan musik. Jadi, mp3 player beserta headset-nya sudah menjadi barang yang wajib dibawa bagi si kutu buku.

6. Gadget

Baca Lewat Mana Saja via http://mobifeed.com.br

Yap. Bagi si kutu buku yang sudah mengikuti perkembangan jaman, tidak ada halangan dalam membaca buku. Sebagai bentuk efisiensi, si kutu buku selalu membawa gadget-nya untuk membaca. Buku digital memang kini sudah mulai merambah pasar dan bagi si kutu buku tidak ada salahnya membaca via berbagai medium asal dia tetap bisa melakukan hobinya tersebut. Selain efisien, membaca buku secara digital juga lebih murah dan mengusung kampanye Go Green.

Jadi, sudah siap bercengkerama dengan si kutu buku? Perhatikan apa yang selalu dibawanya saat membaca. Kalau ada lima barang di atas di sekitarnya, itu tandanya dia sedang tidak ingin diganggu. Si kutu buku sedang khusyuk dalam ibadah membaca yang harus ditunaikannya setiap hari. Kamu bisa mencobanya setelah dia melepaskan kelima barang tersebut. Selamat mencoba!