5 Solusi Saat Kucingmu Suka Minum Air Toilet. Perlu Ambil Tindakan Biar Peliharaanmu Sehat Terus

kucing minum air toilet

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Tak heran banyak dari kita memelihara kucing, dan memperlakukan mereka seperti teman bahkan saudara sendiri. Sebagai pemilik kucing, tentunya kita selalu menginginkan yang terbaik untuk menjaga kesehatan kucing dalam keadaan prima. Namun terkadang kucing melakukan hal-hal yang justru dapat mengganggu kesehatannya, misal meminum air toilet. Mereka menganggap air toilet lebih segar daripada air yang ada di mangkoknya karena rutin di flush. Tentunya hal ini harus segera dihentikan, mengingat ada miliaran bakteri pada air toilet. Maka dari itu, yuk coba beberapa ide di bawah ini untuk menghentikan aksi kucingmu yang suka minum air toilet!

Advertisement

1. Rajin-rajin nutup pintu toilet

Photo by Christa Grover on Pexels

Photo by Christa Grover on Pexels via https://www.pexels.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menutup toilet. Tentu saja langkah ini cukup ampuh, karena kamu langsung menutup sumber air yang kucingmu selalu cari. Namun kucing juga tidak akan menyerah begitu saja. Mereka akan mengerahkan tenaganya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaannya. Maka dari itu, tetap baca tips-tips selanjutnya ya!

2. Memberinya air mancur mainan

Photo by Skitterphoto on Pexels

Photo by Skitterphoto on Pexels via https://www.pexels.com

Kucing menyukai air segar yang sumbernya dapat terlihat jelas. Menurut mereka, air yang mengalir seperti air mancur adalah air bersih dan sehat. Nah, kamu bisa, nih, membelikan kucing kamu air mancur mainan sebagai alat untuk minum mereka. Melihat air yang lebih segar dan mudah dijangkau mungkin akan membuat kucingmu beralih dari air toilet.

Advertisement

3. Rutin membersihkan mangkok minumannya

Photo by Burst on Pexels

Photo by Burst on Pexels via https://www.pexels.com

Mungkin membeli air mancur mainan merogoh kocek yang cukup banyak. Bagi kamu yang ingin hemat dan simpel, tentu saja bisa menggunakan wadah biasa seperti mangkok. Namun, kamu harus bisa menjaga kebersihan mangkoknya untuk menjamin kesegaran air. Kamu dapat mencuci mangkok tersebut jika memang sudah terlalu kotor. Gunakan sabun pencuci yang memiliki kandungan surfaktan rendah seperti yang digunakan untuk mencuci botol bayi.

4. Menggunakan mangkok porselen

Photo by Eniko Kis on Unsplash

Photo by Eniko Kis on Unsplash via https://unsplash.com

Kamu bisa menggunakan mangkok jenis apa saja sebagai wadah air minum untuk kucing. Namun, mangkok berjenis porselen akan lebih baik. Selain kualitasnya yang tidak lagi diragukan, mangkok porselen juga dapat menjaga suhu air tetap stabil. Sehingga terasa segar bagi si kucing.

5. Memperhatikan kebersihan air

Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Air menjadi hal utama yang harus diperhatikan selain wadah atau alat minum untuk si kucing. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan mangkok, maka kamu bisa mengganti airnya setiap 3 jam sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga air tetap bersih dan terasa segar bagi si kucing. Karena air yang dibiarkan dalam wadah terbuka sangat rentan terkena debu, kotoran, bahkan bulu si kucing sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE