1. Barang KW sama dengan pembajakan

fake hand bag via https://www.hipwee.com

Sudah sangat jelas sekali bahwa barang KW membuat tiruan dari barang asli tanpa sepengetahuan produsen barang aslinya. Mengambil hak produksi, hak merek, dan hak memasarkan dengan sengaja, menjadikan memproduksi dan membeli barang KW merupakan bagian dari kegiatan yang ilegal dan bisa merugikan banyak pihak.

2. Tanpa Garansi yang jelas

garansi tidak jelas via http://ponselmu.com

Barang original biasanya memiliki garansi, seperti jaminan mutu dan kualitas yang jelas untuk menjamin kepuasan konsumen saat mengunakannya. Sementara barang KW tidak memiliki itu. Kalaupun ada, itu hanya dalam waktu pendek dan tidak meng-cover semua fitur.

3. Kualitas lebih rendah

perbandingan via http://www.makemac.com

Advertisement

Biasanya untuk mengurangi biaya produksi, produsen barang KW akan mengurangi kualitas barangnya untuk mencapai harga jual yang lebih rendah daripada barang aslinya. Terkadang kualitas barang tersebut berada pada kualitas terendah dan kadang bisa berbahaya. Barang asli tapi second memilki standar kualitas yang lebih baik daripada barang KW tersebut.

4. Merugikan produk Lokal

produk lokal via http://gizitinggi.org

Barang yang di produksi versi KW nya biasanya adalah merek merek asing yang memiliki harga jual tinggi. Sebenarnya untuk barang yang sama, masih ada pilihan produk lokal dengan kualitas yang tidak kalah bagus dan harga bersaing. Namun kecendrungan untuk menyukai merek luar, membuat membeli barang KW pun menjadi pilihan dan ini bisa berdampak kepada industri-industri dalam negeri.

5. Lebih baik beli barang Second tapi asli dari pada KW

Walaupun disebut second, tapi untuk kualitas tentu saja bisa diuji. Jika memang kamu tidak bisa membeli barang asli yang baru, belilah yang second yang masih bagus. Dengan membeli barang asli, kita telah membantu menjaga hak-hak produsen yang seharusnya kita jaga, namun jika kamu membeli barang KW, maka kamu akan merugikan banyak pihak dan tentunya diri kamu sendiri. Kini ada marketplace baru yang khusus menjual barang original, barang KW tidak diperkenankan dijual disana.