Tinggal di negara tropis seperti Indonesia yang sinar mataharinya melimpah ruah, menjadikan kita tak perlu repot-repot berjemur di pantai untuk merasakan hangatnya sinar matahari serta memperoleh manfaatnya, hal seperti ini seharusnya patut kita syukuri. Bukannya malah mengumpat kalau sinar matahari mulai menyengat, mending baca artikel dibawah ini deh, biar kamu tau sinar matahari punya segudang manfaat!

1. Sinar matahari baik untuk kesehatan kulit

Jangan takut berjemur via https://www.pexels.com

Penelitian membuktikan, kulit yang terkena paparan sinar matahari secara teratur lebih rendah terkena resiko infeksi jamur kulit daripada kulit yang jarang terkena paparan sinar matahari, hal ini dikarenakan jamur dan mikroba lebih mudah tumbuh di lingkungan yang lembab. Bahkan bangsa Romawi Kuno menjadikan terapi paparan sinar matahari sebagai pengobatan alternatif penyakit kudis dan infeksi jamur kulit lainnya.

2. Sinar matahari digunakan untuk terapi penyakit kulit

terapi murah meriah, pake sinar matahari aja! via http://healthyskinclinic.com.au

Kandungan UVA yang banyak terdapat pada sinar matahari dapat digunakan sebagai terapi pengobatan Vitiligo atau penyakit yang menyerang sel penghasil pigmen pada kulit. Terapi UVA ini juga digunakan pada penderita penyakit autoimun, dimana penderitanya akan mengalami kulit yang hypersensitif. Terapi sinar UV dari matahari juga digunakan untuk pengobatan penyakit Lupus vulgaris ( TBC kulit ), yaitu penyakit borok yang rata-rata menggerogoti wajah dan leher pasien. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan terapi radiasi UV untuk mengobati eksim, jerawat, ikterus dan psoriasis, tentunya dengan pengawasan dokter dan ahli medis di bidangnya.

3. Sinar matahari bikin kulit awet muda

Advertisement

awet muda , murah meriah! via http://www.stylecraze.com

Terpapar sinar matahari secara teratur terbukti dapat memperlebar jaringan pembuluh darah di kulit, sehingga melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat kulit tampak lebih bercahaya karena oksigen tersebar ke seluruh tubuh dengan merata.

Selain itu, sinar matahari juga dapat merangsang produksi vitamin D dalam tubuh yang tidak hanya membantu penyerapan kalsium bagi tulang tapi juga membantu dalam proses peremajaan kulit, sehingga penting sekali untuk kita beraktivitas diluar ruangan, misalnya dengan berolahraga. Berolahraga diluar ruangan memberikan kita banyak keuntungan, tidak hanya kulit yang lebih sehat dan awet muda tapi juga kesehatan jantung dan kardiovaskuler yang lebih terjaga.

4. Sinar matahari bikin aura cantikmu lebih keluar

Happy Girls Are The Prettiest-Audrey Hepburn via http://holes.wikia.com

Selain memberikan manfaat untuk membantu merangsang produksi vitamin D pada tubuh, paparan sinar matahari langsung pada tubuh ternyata dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak hormon yang berperan dalam meningkatkan kebahagiaan dan kualitas tidur. Yaitu hormon serotonin dan melatonin.

Melatonin adalah hormon yang membantu memperbaiki pola tidur dan mencegah orang terkena penyakit insomnia sedangkan hormon serotonin adalah hormon yang secara alamiah diproduksi tubuh sebagai anti depresan,dan digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi. Hormon ini berperan dalam mengelola mood lebih baik.

Penelitian menunjukkan selain melalui makanan, dan obat-obatan aktivitas diluar ruangan dibawah paparan sinar matahari juga menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kadar serotonin, karena tubuh akan menyerap vitamin D dari matahari dan mengelolanya untuk pembentukan hormon tersebut. Dengan tidur yang cukup dan hati yang riang, perasaan yang lebih bahagia serta mood yang lebih terjaga, maka aura kecantikanmu juga akan lebih terpancar keluar. Pada setuju kan ya?

5. Dampak buruk sinar matahari bisa kok ditanggulangi dengan penggunaan tabir surya yang tepat

akai sunscreen minimal 20 menit sebelum keluar ruangan untuk cegah dampak buruk paparan sinar matahari via http://www.flairflickers.com

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, tetap saja banyak orang yang takut dan risih jika harus berlama-lama terpapar sinar matahari, karena selain mengandung manfaat yang banyak, terpapar sinar matahari juga bisa membawa dampak buruk apabila tidak kita lakukan dengan bijak, misal terlalu lama berada dibawah paparan sinar matahari atau terpapar matahari pada jam yang tidak tepat, jam 11-2 siang misalnya.

Parahnya lagi jika kamu lupa menggunakan tabir surya saat beraktivitas diluar ruangan, boro-boro mendapat manfaat, yang ada kulitmu bisa kusam dan gelap. Tapi, sekarang sudah banyak kan tabir surya beredar di pasaran, nah tabir surya atau sunscreen ini mengandung SPF (Sun Protection Factor) untuk menyaring sinar matahari yang akan diserap oleh kulitmu mulai dari yang kadar 15% sampai dengan 125% sesuai kebutuhan, produk tabir surya yang tersedia di pasaran juga beragam, mulai dari yang water resistant sampai yang repair complex, agar bisa sekaligus merawat kesehatan kulitmu. Jangan lupa oleskan benda ajaib ini 20-30 menit sebelum keluar ruangan ya!

Jadi, yakin nih masih pada takut paparan sinar matahari?