Pentingnya Self Reward untuk Diri Sendiri. Biar Makin Semangat Buat Kerja!

Kupas Tuntas Soal Self Reward

Bekerja sudah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Menghabiskan waktu sekitar delapan jam bahkan lebih sering kali membuat kita jenuh dan capek. Belum lagi jika ada komplain baik dari atasan maupun client, wuih rasa campur aduk tumbuh jadi satu. Tak jarang kita mengalami titik jenuh dan hilang motivasi.

Menjaga motivasi dalam bekerja memang bukan perkara mudah. Padahal semakin tinggi motivasi berbanding lurus dengan meningkatnya produktivitas dalam bekerja. Nah, salah satu cara untuk menjaga motivasi adalah dengan memberikan Self reward. Tahukan kamu tentang istilah yang satu ini? Jika belum, yuk langsung disimak.

Advertisement

1. Self reward adalah bentuk penghargaan terhadap diri sendiri

Photo by Hassan OUAJBIR from Pexels

Photo by Hassan OUAJBIR from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah bekerja seharian, tentu saja badan dan pikiran letih tak karuan. Istirahat aja ngak cukup loh. Kamu perlu memberikan self reward atau hadiah terhadap diri sendiri. Misalnya kamu berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, gak ada salahnya kamu mengapresiasi kerja kerasmu hari ini.

Jangan salah, memberikan hadiah kepada diri sendiri terbukti ampuh membuatmu bahagia dan berpikir positif. Hal ini selaras dengan meningkatnya dopamine, zat kimia dalam tubuh yang mampu membuat hatimu senang.

Advertisement

2. Tak harus mahal, yang penting bisa bikin kamu senang

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Bentuk self reward tidak selalu dengan barang mewah. Misalnya nih, kamu suka banget sama jajan. Boleh kok, membeli jajan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Pastinya rasa penasaranmu bakal hilang dan terganti dengan rasa senang. Pastikan self reward harus tetap sesuai dengan budget yang kamu punya ya.

3. Harus berupa hal positif

Photo by Baurzhan Kadylzhanov from Pexels

Photo by Baurzhan Kadylzhanov from Pexels via https://www.pexels.com

Self reward harus berupa hal positif. Tujuan Self reward adalah membangkitkan energi positif pada diri sendiri. Membeli minuman keras dan obat terlarang tentu bukanlah opsi bagus untukmu. Alih-alih meningkatkan motivasi, hal negatif seperti tadi malah merugikanmu dalam jangka panjang.

4. Tetap saja, sesuaikan dengan isi dompet

Advertisement
Foto oleh Samson Katt dari Pexels

Foto oleh Samson Katt dari Pexels via https://www.pexels.com

Poin ini berkaitan dengan poin nomor dua, pemberian self reward harus dengan mempertimbangkan aspek keuangan kamu. Jika kamu gegabah, justru pemborosan yang akan didapat.

Oleh karena itu, siapkan dana khusus untuk hal ini. Misalnya kamu tetap ingin membeli barang mahal, cobalah untuk menabung dulu sampai terkumpul dan bisa membeli barang yang kamu inginkan.

5. Santai sejenak juga bagian dari Self reward

Photo by Ava Motive from Pexels

Photo by Ava Motive from Pexels via https://www.pexels.com

Kerja, kerja, kerja, tipes

Pernah dengan istilah itu? Ternyata istilah itu gak sepenuhnya salah lho. Badanmu yang dipaksa kerja terus-terusan justru akan membuatmu lebih rentan sakit dan gak produktif. Santai sejenak juga merupakan bagian dari Self reward yang murah meriah.

Dengan beristirahat, energimu akan kembali terkumpul sehingga cukup untuk amunisi keesokan hari. Bersantai bisa kamu lakukan sendirian, bersama teman maupun keluarga. Semuanya bisa kamu lakukan tanpa perlu merogoh kocek yang dalam. 

Jadi, kapan nih kamu akan memberikan Self reward pada diri sendiri?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE