7 Kegiatan Sehari-hari Ini Bakar Kalori Secara Cuma-cuma. Happy plus Sehat Alami Jadinya!

Berbagai aktivitas menyenangkan untuk menurunkan berat badan

Memiliki berat badan proporsional sepertinya telah menjadi impian setiap orang, mungkin kamu termasuk salah satunya. Lantas, langkah apa yang sudah kamu lakukan? Rutin berolahraga? Ketahuilah, olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Ada banyak aktivitas menyenangkan lainnya yang dapat kamu lakukan, misalnya tertawa. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tertawa selama menyaksikan film lucu mampu menaikkan proses metabolisme sekitar 10-20%. Selain tertawa, ada cara lain yang dapat kamu lakukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Apa saja itu? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini! 

1. Membersihkan rumah sekaligus membakar kalori

Membersihkan rumah

Membersihkan rumah via https://www.pexels.com

Advertisement

Siapa di antara kamu yang senang membersihkan rumah? Kabar baik buat kamu yang hobi bersih-bersih karena kegiatan ini dapat membakar kalori. Meski membersihkan lantai atau kamar mandi terlihat melelahkan, secara tidak langsung kamu akan mendapat banyak manfaat dari kegiatan ini. Hanya mengelap jendela saja mampu membakar sekitar 65 kalori. Bagaimana kalau kamu membersihkan seluruh ruangan rumah, ya?

2. Mengunyah permen karet untuk meningkatkan rasa kenyang

Permen karet

Permen karet via https://www.pexels.com

Sebelumnya mungkin kamu tak pernah menyangka kalau kegiatan sepele seperti mengunyah permen karet dapat membantu menekan asupan kalori dalam tubuh. Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang. Hasil riset yang dilakukan University of Rhode Island menyebutkan bahwa orang yang mengunyah permen karet bebas gula akan mengonsumsi sedikit kalori ketika makan siang. Dia juga tidak akan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak pada jam makan berikutnya.

3. Berbelanja selain menyenangkan sekaligus olahraga ringan

Berbelanja

Berbelanja via https://www.pexels.com

Belanja adalah aktivitas menyenangkan lainnya yang dapat membantumu membakar kalori. Saat mondar-mandir memilih barang belanjaan, mungkin kamu tak akan pernah menyadari kalau sedang melakukan olahraga ringan karena saking asyiknya. Kalori yang terbakar akan semakin banyak kalau kamu sering menaiki tangga saat berbelanja. Ketika jarak antara satu barang dengan yang lainnya cukup jauh, mau tak mau kamu harus berjalan atau naik tangga, kan?

Advertisement

4. Menggerak-gerakkan tangan dan kaki daripada diam

Menggerakkan tangan dan kaki

Menggerakkan tangan dan kaki via https://www.posbagus.com

Meski terlihat sederhana, menggerak-gerakkan tangan dan kaki nyatanya juga mendorong terbakarnya kalori dalam tubuh. Ketika kamu sedang bosan atau malas berolahraga, tinggal goyang-goyangkan saja kaki atau tanganmu. Sebuah studi melaporkan bahwa seseorang yang merasa gelisah ketika berdiri atau duduk, secara tidak langsung kalori dalam tubuhnya akan turut terbakar sekitar 5-6 kali. Jumlah ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang cuma diam saat berdiri atau duduk.

5. Mendonorkan darah meningkatkan jumlah kalori yang terbakar

Donor darah

Donor darah via https://www.pexels.com

Apakah kamu rajin menjadi pendonor darah setiap bulannya? Selain beramal, kamu pun akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan satu ini. Ketika mendonorkan darah, jumlah kalori yang terbakar di dalam tubuhmu akan meningkat. Usai donor darah, tubuhmu akan membutuhkan banyak energi untuk membentuk sel darah merah, protein, dan zat pembentuk darah lainnya. Oleh karenanya, tubuh akan membakar kalori lebih banyak untuk menggantikan darah yang hilang.

6. Minum air dingin untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Advertisement
Minum air

Minum air via https://www.pexels.com

Hampir setiap orang menyukai minuman segar, termasuk air dingin. Kalau selama ini kamu beranggapan meminum air dingin dapat menyebabkan lemak menumpuk, sepertinya anggapan itu kurang tepat. Faktanya, minuman ini justru dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi air dingin sekitar 500 ml dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh sebanyak 24-30% selama kurang lebih 90 menit. Ketika kamu minum air dingin, metabolisme dalam tubuh akan meningkat karena tubuh menghasilkan panas. Saat itu tubuh akan membakar lebih banyak kalori agar suhu tubuh tetap terjaga.

Well, itulah 7 aktivitas unik sekaligus menyenangkan yang dapat kamu coba untuk membantu menurunkan berat badan. Kira-kira, nomor berapa nih yang paling sering kamu lakukan? Tak hanya melakukan kegiatan tersebut, alangkah baiknya kamu juga mengimbanginya dengan menjalankan gaya hidup sehat. Biasakan mengonsumsi makanan bergizi, minum vitamin, tidur yang cukup, dan melakukan hal-hal positif lainnya.

Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hidup tak selamanya harus serius, terkadang kita butuh sesuatu yang menghibur untuk menyegarkan pikiran agar bisa terhindar dari stres.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE