Tren Hustle Culture; Budaya Gila Kerja yang Bikin Lupa Kalau Kita Punya Kehidupan Lainnya

hustle culture

Menjadi anak muda usia 20-an ternyata nggak semenyenangkan yang dibayangkan ketika kita masih kecil. Dulu, kita pikir saat berusia 20-an, kita bisa jalan-jalan atau melakukan segala hal yang kita inginkan. Nyatanya, waktu justru habis untuk bekerja. Tujuannya? Supaya bisa kebeli semua barang yang diinginkan dan ‘nggak kalah’ saat dibanding-bandingkan.

Hmm, jangan-jangan justru kita yang sedang kalah dari diri sendiri? Demi nggak dibanding-bandingkan atau bisa selalu jadi yang terdepan, kita akan rela kerja terus-terusan bahkan sampai lupa ‘pulang’. Padahal, istirahat sejenak dan menemui keluarga juga merupakan seni dalam menikmati hidup lo. Bayangkan, sudah kerja habis-habisan, uang yang dihasilkan bukan digunakan untuk memenuhi kebutuhan, eh malah habis untuk tagihan rumah sakit.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo! Kenalin aku Irwan, biasa dipanggil Wanca! Aku lulusan mikrobiologi ITB. Setelah lulus, aku bekerja sebagai pengajar dan produser di sebuah startup edtech di Indonesia. Aku juga memiliki ketertarikan di bidang kesehatan mental, sehingga aktif mengkaji dan menuangkan fakta dan sebagian opiniku dalam karya-karya dan kontenku di instagram @wantja dan twitter @xoxowantja