Kamu yang rutin tidur siang, boleh jadi berbangga hati. Menurut penelitian, tidur siang baik untuk produktivitas kita sebagai manusia. Orang yang mengalokasikan waktu rutin untuk tidur siang akan lebih kreatif dari orang yang terus-terusan bekerja.

Sadar atau nggak, tidur siang adalah waktu khusus untuk kembali menyegarkan pikiran di tengah kesibukan. Eits, tidur siang yang dimaksud bukan yang berjam-jam ya! Tidur singkat selama 30-20 menit saja sebenarnya sudah ideal untuk meningkatkan daya kreasi untuk digunakan setelahnya. Tunggu deh, terus apa hubungannya tidur siang sama kreativitas? Penasaran? Ini dia alasan-alasannya.

1. Percaya atau nggak, secara biologis manusia memang didesain untuk punya dua waktu tidur: malam dan siang

Bobo ciang dulu deh… via www.betches.com

Professor Jim Home dari Loughborough University mengatakan jika manusia itu didesain untuk memiliki dua waktu tidur setiap harinya, tidur yang panjang saat malam hari dan yang singkat di siang hari. Hmm.. kalau kebetulan kamu merasa sering mengantuk di siang hari, itu adalah hal yang wajar. Tandanya kamu butuh waktu untuk tidur sejenak. Nah, jangan merasa malu ya kalau kebetulan kamu sering menguap di tengah kelas saat tengah kuliah! Hehehehe.

2. Tidur sejenak di siang hari bikin mood kamu jadi baik lagi. Memangnya kamu bisa maksimal kerja dalam kondisi ngantuk dan letih?

Tidur siang biar mood-mu oke lagi. via manroebinsar.blogspot.com

Advertisement

Fungsi dari tidur siang adalah untuk mengistirahatkan pikiran. Jadi, saat kamu terbangun kamu akan mendapati pikiranmu sudah fresh kembali. Nggak hanya pikiran yang kembali segar, mood dan semangatmu pun jadi oke lagi. Coba kamu bayangin deh, kerja dalam kondisi ngantuk dan letih bakal bikin kamu kesusahan buat mikir kan? Sebaliknya, bekerja dengan mood yang baik dan pikiran yang segar, bakal bikin kamu semangat lagi.

3. Ketika menuju fase terlelap, gelombang otak yang memacu ide kreatif mulai aktif. Makanya banyak inspirasi datang!

Tidur siangnya kaya gini sih, betah kan? via www.dibagiin.com

Ide-ide kreatif biasanya muncul ketika seseorang dalam keadaan rileks. Nah, ini ada hubungannya dengan gelombang yang ada di dalam otak kita, yaitu gelombang gamma, alfa, beta, tetha, dan delta. Saat kamu memasuki fase rileks menuju tidur, maka otakmu memasuki gelombang alfa. Saat itu juga perasaan cemas dan depresi menurun, hingga otak yang bertugas untuk berpikir kreatif pun mulai aktif. Karenanya, banyak dari kamu yang kerap ketiban ide saat ingin tidur. Alhasil, kamu bingung, mau lanjut tidur atau menyempatkan diri untuk bangun demi mencatat. Kalau begitu, udah sempatkan catat aja ide-idemu.

Kalau kebetulan mentok dan bingung mencari ide kerjaan, sempatkan aja tidur siang sejenak. Yup, karena dalam keadaan rileks otak akan mudah mencari ide. Yuk, bobo ciang dulu!

4. Nggak cuma teori, sudah ada pembuktian ilmiah yang bisa bikin kamu makin yakin untuk gabung ke geng tidur siang

Kucing aja bobo ciang. via io9.gizmodo.com

Dr. Matthew Walker University of California, melakukan sebuah penelitian pada 39 orang dewasa muda. Dimana partisipannya dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pertama yang suka tidur siang dan kelompok kedua yang tidak pernah tidur siang. Hasilnya bakal bikin kamu yang suka tidur siang, senyum-senyum girang. Yup, ternyata mereka yang kerap tidur siang cenderung lebih fokus, lebih cerdas, dan lebih kreatif!

5. Tahukah kamu jika perusahaan di Jepang mengizinkan karyawannya untuk tidur siang sejenak? Asyik banget ya!

Ini nih kapsul untuk bobo ciang di Jepang. via www.pinterest.com

Kalau kamu bekerja di Jepang, kamu nggak perlu takut kena surat peringatan saat ketahuan lagi tidur siang. Ya, perusahaan-perusahaan di Jepang mengizinkan karyawannya untuk mengambil waktu tidur siang singkat. Perusahaan-perusahaan di Jepang percaya jika tidur siang dapat meningkatkan produktivitas karyawannya. Contohnya saja Hugo Inc, sebuah kantor konsultan internet di Osaka yang menetapkan aturan pada karyawan untuk tidur siang selama 30 menit pada rentang pukul 13.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Kebiasaan yang bernama Inemuri ini juga dimanfaatkan sebagai ladang bisnis lho. Yup, di Jepang ada kafe yang menyediakan 8 kasur yang diperuntukkan bagi para karyawan untuk istirahat sejenak. Tiap 10 menitnya dibandrol 160 Yen atau Rp 19 ribu aja!

Udah tahu dong manfaat tidur siang? Jadi, sempatkan untuk tidur siang ya setiap harinya! Jangan lama-lama, cukup 20-30 menit aja! Yuk, boci alias bobo ciang! :p