Nulis Cerpen di Hipwee: Salurkan Rasa Rindumu daripada Cuma Disimpan Sendiri

Nulis cerpen di Hipwee


"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." 

Advertisement

-Pramoedya Ananta Toer-


Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dari hobi menulis. Nggak melulu soal kamu bisa menerbitkan buku dan mendapat royalti dari situ kok. Menulis bisa menjadi stress therapy yang mujarab lo. Itu sebabnya, dulu kita sering merasa lega setelah mencurahkan uneg-uneg di buku harian. Ya nggak? 

Selain itu, menulis juga bisa membantumu menyusun pikiran. Misalnya nih, dalam membuat sebuah cerpen, kamu harus memikirkan alur, tata bahasa, dan logika cerita. Meskipun fiksi, logika dalam cerpen harus bisa diterima lo. 

Advertisement

Nah, apakah kamu termasuk orang yang suka menulis cerpen? Apakah selama ini kamu sering menulis cerpen, tapi kamu nggak punya wadah untuk mempublikasikannya? Atau justru kamu selalu berhenti di tengah-tengah karena kurang termotivasi untuk menyelesaikan tulisanmu? Mungkin kamu berpikir: "Ah, buat apa diselesaikan, toh nggak ada yang baca ini."

Hey, jangan begitu. Mulai hari ini, nggak ada alasan untuk malas-malasan melanjutkan ceritamu lagi ya. Karena Hipwee menantangmu untuk ikutan Nulis Cerpen di Hipwee! Nggak cuma ceritamu bakal dibaca banyak orang, tapi kamu juga berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik nih. Simak persyaratannya di bawah ini ya~

Advertisement

1. Tulis cerpenmu dengan tema Rindu. Tema ini bebas kamu kembangkan. Mau rindu sama teman-teman, rindu rutinitas kuliah atau kantoran, sampai rindu rumah karena belum bisa pulang juga boleh. Bebaslah pokoknya. Ssttt…tulis ceritamu di Hipwee.com dengan format narasi ya

2. Panjang ceritamu minimal harus 800 kata. Kamu bebas memilih genre apa pun untuk cerpen yang kamu tulis. Mau teenlit (remaja), chicklit atau young adult, personal literatur (seperti buku-buku Raditya Dika), atau genre apa pun yang kamu suka. 

3. Sebagai referensi, kamu bisa mengecek contoh cerpen Hipwee di sini.

4. Jangan lupa untuk menyertakan hashtag #HipweeCerpen pada judul serta di bagian tag-nya ya. Oh ya, kalau kamu belum pernah nulis di Hipwee, ikuti petunjuknya di sini.

5. Pastikan kamu udah follow akun media sosial Hipwee (@hipwee) dan Hipwee Community (@hipweecommunity) biar nggak ketinggalan info-info terbarunya.

6. Tulisan yang pernah dipublikasikan dalam blog pribadi boleh diikutsertakan. Kamu juga boleh mengumpulkan LEBIH DARI SATU CERPEN.

Tunggu apa lagi? Daripada cerpenmu cuma mengendap di laptop dan terlupakan, mending ikutan Nulis Cerpen di Hipwee.Siapa tahu dengan cerpenmu ini, kamu bisa memeluk orang dan turut meredakan kepanikan!

Ada pertanyaan? Colek saja community@hipwee.com atau langsung DM ke IG Hipwee Community ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE