7 Kesalahan yang Sering Ditemukan Saat Mencuci Wajah. Jangan Begini ya!

Kesalahan mencuci wajah

Kesalahan mencuci wajah. Rangkaian skincare routine biasanya selalu diawali dengan tahapan cleansing. Apalagi setelah tahapan skincare routine ala Korea menyebar, banyak yang mengaplikasikan double cleansing agar dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah secara optimal.

Advertisement

Tetapi, sayangnya masih banyak juga nih yang melakukan kesalahan saat melakukan tahapan cleansing yang menyebabkan produk nggak menyerap secara maksimal. Kira-kira apa saja ya kesalahan yang sering ditemukan? Yuk simak ulasan Hipwee Style berikut ini~

1. Melewati tahapan first cleanser sebelum mencuci wajah. Padahal tahap pertama ini bisa membantu mengangkat kotoran di wajah lo

Tahapan first cleanser | Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Melansir dari laman Alodokter, kita sangat disarankan untuk melakukan double cleansing agar wajah kembali bersih dan segar. Tapi, sayangnya tahapan ini seringkali dilewatkan, nih. Padahal, pembersih wajah yang berbahan dasar minyak seperti micellar water, milk cleanser, dan cleansing balm dapat membantu mengangkat sisa kotoran dan kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori lo.

2. Lupa mencuci tangan sebelum mencuci wajah. Kuman dan bakteri dari tangan bisa berpindah ke wajah dan menimbulkan jerawat

Cuci tangan sebelum mencuci muka | Photo by Edward Jenner from Pexels

Hal sepele yang kadang sering terlupakan. Yup, sebaiknya kamu cuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu ya sebelum mengaplikasikan sabun pencuci wajah. Hal ini untuk menghindari kuman dan bakteri di tangan berpindah ke wajah lalu menimbulkan beragam permasalahan kulit seperti jerawat.

Advertisement

3. Kesalahan berikutnya, kamu nggak menggosok sabun pencuci wajah hingga berbusa. Jadi produknya kurang menyerap di kulit, deh

Gosok sabun pencuci wajah hingga berbusa | Photo by Ron Lach from Pexels

Menggosok sabun pencuci wajah hingga berbusa berguna agar molekul dalam produk tersebut berubah menjadi partikel yang lebih kecil sehingga kandungannya bekerja secara efektif. Selain itu, partikel kecil tersebut juga akan menyerap ke kulit secara lebih baik sehingga akan memberikan manfaat bagi kulit wajah.

4. Ada juga nih yang menggunakan face wash saat kondisi wajah dalam keadaan kering dan belum dibasuh dengan air

Mencuci muka dalam kondisi kering | Photo by Miriam Alonso from Pexels

Hayo siapa nih yang pernah melakukan hal ini? Sebaiknya saat hendak mencuci muka, kamu basahi terlebih dahulu area wajah dengan air bersih. Setelah area wajah dibasahi, kamu bisa lakukan tahapan cleansing menggunakan sabun pencuci wajah. Membasahi wajah sebelum cleansing berguna agar produk lebih mudah menyebar di area wajah serta agar kandungannya meresap dengan baik.

5. Menggunakan produk face wash yang nggak sesuai dengan tipe kulit juga bisa menimbulkan permasalahan kulit lo

Pakai produk yang nggak sesuai tipe kulit | Photo by Arina Krasnikova from Pexels

Sebelum menggunakan rangkaian skincare, sebaiknya pahami dulu tipe dan kondisi kulit wajahmu, ya. Setelah mengetahui tipe kulit wajah, kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit supaya produk dan biaya yang sudah kamu keluarkan nggak sia-sia dan bisa memberikan manfaat.

Advertisement

6. Membasuh area wajah menggunakan handuk badan yang memiliki serat cukup kasar. Hal ini juga dapat memicu iritasi pada wajah

Membasuh wajah dengan handuk | Photo by Ron Lach from Pexels

Membasuh wajah dengan menggunakan handuk badan juga dapat menimbulkan permasalahan kulit lo. Sebaiknya tepuk-tepuk wajah menggunakan tisu atau membasuh wajah dengan handuk yang memiliki permukaan serat yang halus agar nggak menyebabkan iritasi.

7. Siapa nih yang nggak langsung melembapkan wajah setelah mencuci muka? Hal ini juga bisa jadi pemicu kulit kering

Pakai produk pelembap wajah | Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Untuk melengkapi tahapan pembersihan kulit wajah, kamu juga perlu menggunakan beberapa produk seperti toner, essence, serum, dan pelembap untuk membuat kondisi kulit kembali segar, lembap dan ternutrisi dengan baik.

Setelah mengetahui beberapa kesalahan di atas, jangan lupa untuk perbaiki kebiasaan cleansing-mu agar produk yang kamu gunakan bisa bermanfaat untuk merawat dan mengatasi permasalahan kulit, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE