6 Langkah Buka Usaha Jasa Setrika Rumahan untuk IRT, Modalnya Lebih Murah dari Laundry-an

Jasa setrika

Jangan bertumpu pada satu sumber penghasilan. Kalau collapse nanti susah survive-nya.

Advertisement

Kalau dipikir-pikir, ungkapan tersebut ada benarnya lo! Jangan cuma mengandalkan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, usahakan miliki bisnis yang sekiranya bisa menambah sumber pemasukanmu. Banyak usaha yang bisa dicoba, salah satunya yakni buka jasa setrika pakaian. Kelihatannya memang sepele, tapi hasilnya lumayan juga lo! Modalnya pun nggak banyak. Seorang pelaku usaha jasa setrika keliling, Adelia Herawati, dalam laman Kompas mengungkap kalau ia tak mengeluarkan uang lebih dari 1 juta untuk membuka bisnisnya ini. Padahal untungnya bisa berkali-kali lipat.

Kalau sekiranya buka usaha jasa setrika keliling bikin capek, membuka jasa setrika di rumah pun tak masalah untuk dicoba. Tinggal pintar-pintar mengatur pemasaran dan promosi jasanya agar usahamu lebih dikenal. Berikut Hipwee Sukses berikan gambaran awal bagaimana cara memulai usaha jasa setrika rumahan. Simak, ya!

1. Sebelum memulai bisnis jasa setrika, kamu perlu memahami jenis kain dan bagaimana cara menyetrikanya

kenali bahan pakaian | credit: belchonock via id.depositphotos.com

Pahami beberapa bahan pakaian yang memang sering disetrika, seperti katun, rayon, atau poliester. Atau, kamu juga bisa mengenali jenis label yang ada di setiap pakaian. Biasanya dalam label terdapat simbol yang menuliskan aturan setrikanya.

Advertisement

Demi hasil yang maksimal, gunakan setrika uap yang lebih cepat melicinkan dan minim risiko rusak. Selain itu, setrika uap juga lebih hemat listrik. Yang terpenting pahami jenis bahan pakaian yang akan disetrika, mesti pakai suhu rendah atau tinggi. Jangan khawatir, meski harga modal jasa setrika uap lebih banyak, keuntungannya bisa berlipat.

2. Mempersiapkan peralatan sembari menghitung modal awal usaha

beli alat dan siapkan modal | credit: Petr Kurgan via jp.123rf.com

Beda dengan laundry yang mesti beli banyak perkakas, kamu cukup mempersiapkan beberapa peralatan saja saat akan membuka jasa setrika. Contohnya, setrika listrik atau uap, alas atau meja setrika, keranjang pakaian, hanger, dan botol semprot untuk pelicin.

Modal jasa setrika bisa bervariasi, kalau untuk awalan dan cuma beli satu setrika saja, 1 juta sudah cukup, bahkan bisa kurang. Pilihlah peralatan yang sesuai bujet tapi tetap bagus kualitasnya, terutama setrikanya. Paling krusial soalnya.

Advertisement

3. Biar nggak kalah saing dengan jasa setrika terdekat, carilah parfum setrika yang wanginya khas dan tahan lama

parfum setrika | credit: The Spruce via www.thespruce.com

Pada dasarnya, aroma parfum setrika hanya ada tiga, yakni wangi bunga, buah, dan manis seperti vanila. Sebisa mungkin, pilihlah parfum setrika yang wanginya khas, banyak disukai, serta tahan lama. Pasalnya, wangi parfum bisa membuat pengguna jasa jadi langganan alias balik lagi menyetrika di tempatmu.

Selain memilih parfum yang sesuai, kamu perlu memperhatikan pengemasannya. Pastikan pakaian dikemas dalam kondisi kering agar baunya nggak apek dan tata rapi supaya hasil setrikaan nggak lecek lagi.

4. Meski hanya jasa setrika rumahan, kamu tetap perlu menyediakan area khusus untuk dijadikan ruang kerja

sediakan ruang | credit: Ideal Home via www.idealhome.co.uk

Tujuannya agar pakaian dari jasa setrika kiloan nggak bercampur dengan baju pribadi serta nggak mengganggu ruang gerak di area rumah yang lainnya. Apalagi kalau kamu tinggal bersama anggota keluarga lain atau punya anak kecil. Nggak harus punya ruang besar, di kamar berukuran 2×3 pun cukup. Sediakan bukaan atau setidaknya kipas angin supaya nggak gerah dan pakaian pun tak lembap.

5. Pikirkan seperti apa pelayanan jasa setrika baju yang mau digarap. Mulai dari jam operasional sampai teknis pengiriman hasil garapan. Dari sini, kamu bisa mematok tarif jasa setrika yang ditawarkan

pelayanan dan tarif | credit: Darling Street via darlingstreet.com.au

Coba riset di beberapa jasa setrika kiloan terdekat dari rumahmu. Pun termasuk mereka yang buka jasa setrika panggilan terdekat. Cari tahu seperti apa pelayanan yang kebanyakan pelanggan inginkan. Riset juga tarif yang mereka patok. Dengan begini, kamu bisa menentukan berapa tarif jasa setrikamu. Jangan buru-buru menyimpulkan, lebih baik kroscek dulu sebenar-sebenarnya biar jasa setrika yang dibuka nanti laris-manis dan banyak pelanggan.

Agaknya kamu juga perlu memberikan layanan garansi di awal opening. Dengan adanya layanan ini, pelanggan akan merasa percaya dan nggak takut dikecewakan. Meski begitu, kamu berhak memberi syarat dan ketentuan untuk garansi pakaian yang disetrika.

6. Jika semua persiapan sudah cukup matang, mulailah lakukan promosi jasa. Bisa dengan membuat brosur yang ditempel atau dipasarkan secara daring

promosi jasa | credit: Martin Ray via martinray.com

Buatlah desain brosur yang eye cathing, jangan cuma polosan hitam putih saja. Nggak akan menarik. Banyak kok contoh brosur jasa setrika yang bisa dijadikan referensi. Bikinnya pun gampang, tinggal pakai template di laman desain gratis saja.

Selain ditempel atau disebarkan dari tangan ke tangan, pasarkan jasa setrika online melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Sebagai promosi awal, kamu bisa memasang tarif atau harga jasa setrika baju yang agak murah. Tarifnya bisa disesuaikan dengan beberapa jasa setrika baju terdekat.

Daripada kerja di tempat laundry dengan gaji jasa setrika yang relatif sedikit, kenapa nggak coba buka jasa setrika sendiri? Modal awalnya nggak semahal buka jasa laundry kok. Kalau rumahmu sempit, setidaknya bisa buka jasa setrika panggilan dulu. Ya, hitung-hitung sambil mempersiapkan modal lainnya kan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE