Perasaan sudah rajin nabung, tapi kok nominal di rekening nggak nambah, ya?

Perasaan seperti di atas mungkin sedang dirasakan olehmu saat ini. Nggak sedikit orang yang kemudian bertanya-tanya, kenapa uang di tabungan nggak juga bertambah padahal sudah sering menabung. Meski secara logika, rasanya nggak mungkin, tapi ternyata hal seperti ini memang kerap kali terjadi. Alasannya, karena mereka memang sering melalukan kekhilafan saat menabung atau mengumpulkan uangnya.

Advertisement

Nah, apakah kamu juga merasa demikian? Untuk mengetahuinya, cek beberapa kesalahan menabung yang sudah Hipwee Tips rangkum berikut ini. Barangkali ternyata kamu memang melakukannya.

1. Kamu mungkin berpikir, mengatur keuangan akan lebih mudah jika punya satu rekening saja. Namun ternyata, hal ini justru keliru lo!

rekening lebih dari satu via www.sepulsa.com

Mencampurkan uang harian dengan tabungan justru bikin kamu jadi nggak displin menabung. Ya, karena kamu jadi sulit membedakan mana uang yang boleh dibelanjakan dan mana yang nggak.

Baiknya, buka rekening baru khusus untuk uang yang pengen ditabung. Bagus lagi tanpa ATM, biar kamu nggak tergoda untuk pakai uang yang sudah ditabung.

2. Kesalahan lain yang sering dilakukan ialah menabung dari uang sisaan pengeluaran setiap bulan

nabung uang sisaan via www.fool.com

Advertisement

Strategi ini justru bikin pengeluaranmu jadi membengkak yang secara nggak langsung bisa membuatmu belanja secara berlebihan. Lebih baik sisihkan sejumlah uang di awal bulan yang memang dikhususkan untuk ditabung. Kalau begini kan, kamu bisa punya perencanaan yang pas mana uang yang boleh dibelanjakan dan yang nggak.

3. Membiasakan diri menabung tiap bulan itu bagus, tapi lebih bagus lagi jika menabungkan nominal yang sama setiap bulannya

nabung dengan nominal sama tiap bulan via citramaja.com

Hal ini bertujuan untuk membuatmu lebih disiplin dalam menabung. Nggak cuma itu, cara menabung seperti ini juga bisa memudahkannmu menentukan anggaran bulanan lo! Nah, kalau terus dilakukan seperti ini, kondisi keuangamu jadi lebih teratur dan jauh dari tumpukan utang, kan?

4. Memang, terkadang kita memerlukan sebuah target supaya rajin menabung, tapi jika target yang dibuat selalu jangka pendek, hal ini justru keliru lo!

nabung untuk jangka pendek aja via www.selipan.com

Selain target jangka pendek, kamu juga perlu target jangka panjang supaya motivasi menabungmu terus tinggi. Kalau kamu hanya cuma target jangka pendek seperti menabung hanya untuk beli sepatu, kamu justru bisa membuat keuanganmu jadi nggak stabil setelah mencapai target jangka pendek itu lo!

5. Meski menabung tiap bulan, usahakan untuk nggak memangkas pengeluaran bulananmu, ya!

jangan kurangi pengeluaran bulanan via www.cermati.com

Bukannya jadi semangat menabung, memangkas pengeluaran bulanan justru bisa membuatmu stres lo! Gimana nggak? Saat bujet semakin ketat, maka ruang gerakmu pun jadiĀ  semakin sempit pula. Hal ini bisa membuatmu semakin berat untuk menabung. Baiknya jika ingin menabung lebih banyak, tambah dulu penghasilanmu. Kamu bisa kok melakukan bisnis kecil-kecilan tanpa harus memangkas pengeluaran bulananmu.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan ketika menabung. Apakah kamu juga melakukannya? Jika iya, yuk mulai benahi dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya