5 Manfaat Penting Punya Kartu Nama untuk Para Pebisnis atau Profesional. Jangan Disepelekan!

manfaat punya kartu nama

Kartu nama kelihatannya mungkin hanya sebuah kertas berisi data diri yang sepele dan sederhana. Jika tidak ada pun, kamu dan rekan bisnis masih bisa memiliki kontak satu sama lain dengan cara bertukar dan langsung menyimpannya di kontak atau catatan telepon. Akan tetapi, jika kamu perhatikan sampai saat ini masih banyak pebisnis dan para profesional yang memilih untuk mencetak kartu tersebut.

Advertisement

Ternyata kartu ini bukan hanya digunakan untuk bertukar kontak saja lo, kamu bahkan bisa menggunakannya sebagai sarana untuk marketing juga. Simak yuk kira-kira apa lagi benefit lain yang bisa kamu dapatkan dari secarik kerta kecil ini!

1. Tujuan utama dalam memberikan kartu nama adalah memberikan kontak, kamu bisa membuatnya lebih lengkap dan detail

Jika tanpa kartu nama biasanya kamu hanya bisa bertukar nomor telepon saja, maka kamu bisa menaruh berbagai informasi lainnya di kartumu mulai dari nomormu, nomor perusahaan, alamat e-mail, hingga alamat perusahaan. Bahkan sekarang, kamu bisa juga menaruh barcode yang bisa di-scan berisi informasi yang lebih lengkap. Ukurannya cukup handy sehingga bisa ditaruh di dompet dan bisa dicek kapan saja ketika si pemegang memerlukan detail kontakmu. Akan tetapi, sebaiknya hindari menaruh terlalu banyak detail yang tidak perlu ya. Selain kurang sedap dipandang, detail perusahaan bisa ia dapatkan jika memang sudah ingin mencari tahu lebih lanjut.

2. Kartu nama bisa menjadi sarana untuk menujukkan kesan pertama yang baik bagi calon klien atau rekan kerja

First impression/ Credit: pmvchamara on Freepik via www.freepik.com

Memiliki kartu nama akan menunjukkan sebuah profesionalitas yang memperlihatkan bahwa kamu memerhatikan hal sampai detail. Tak hanya berhenti sampai di situ, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan desain yang merepresentasikan seperti apa dirimu atau perusahaanmu. Perhatikan pemilihan warna, peletakkan logo, hingga hal hal detail seperti font yang kamu gunakan.

Advertisement

3. Saat bertemu calon klien yang potensial maka kartu namamu akan berubah menjadi sebuah alat marketing yang bisa kamu andalkan

Kamu mungkin bisa bertemu dengan calon klien potensial di mana saja dan hanya memiliki waktu yang singkat untuk mengobrol dengan mereka. Momen ini akan bisa kamu manfaatkan secara maksimal dengan berbincang tipis-tipis sambil bertukar kartu nama. Kertas kecil ini bisa menaikkan brand awareness dan membuat perusahaanmu lebih mudah diingat. Kontak informasi di kartumu juga akan memudahkan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang kemungkinan kerja sama yang mungkin bisa kalian lakukan di masa depan. Makanya, penting untuk menyimpan beberapa kartu nama di dalam sakumu.

4. Secarik kertas yang kamu berikan juga bisa digunakan untuk membangun kepercayaan dari klienmu lo

Lebih percaya/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dengan adanya banyak persaingan di dunia bisnis maka kamu perlu menjadi salah satu yang terbaik walau hanya dari hal yang kelihatannya sederhana. Pembuatan kartu nama membuatmu terlihat niat, berbagai informasi yang ada di dalamnya juga menunjukkan bahwa kamu seorang yang bisa dihubungi dan dicek latar belakangnya. Apalagi, biasanya akan ada pertemuan hangat dan jabat tangan ketika kalian bertukar kartu ini.

5. Ternyata di beberapa tempat bertukar kartu nama merupakan sebuah tradisi yang biasa, melakukannya akan membuatmu dapat nilai plus

Calon klienmu mungkin tak melulu orang Indonesia, bisa juga dari negara-negara lain atau terbiasa tinggal di sana. Di beberapa negara seperti Hong Kong dan Jepang, mereka akan terbiasa bertukar kartu nama bahkan melakukan penilaian mulai dari sana. Jika kamu melakukannya kamu akan dianggap mengerti dengan tradisi mereka dan satu langkah lebih unggul daripada yang tidak mengetahuinya.

Jika kartumu memiliki desain yang unik dan isinya kreatif bukan tak mungkin juga klienmu akan mennunjukkannya ke rekan kerja yang lain yang akhirnya akan memberikan keuntungan berupa koneksi dan marketing berkelanjutan bagi dirimu atau perusahaan. Makanya, walau barangnya kecil, jangan disepelekan ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE