5 Orang ini Baru Sukses di Usia ‘Matang’, Bukti bahwa Wujudkan Mimpi Tak Pernah Terbatas Usia

sukses di usia tua

Selama ini mungkin kita sering terpapar dengan beragam kesuksesan orang yang usianya terbilang masih cukup muda. Bahkan Forbes juga membuat daftar seperti orang terkaya di bawah usia 30 atau 40 tahun yang bagi orang biasa hal tersebut seolah tidak mungkin terjadi. Beberapa orang mungkin termotivasi dengan cerita-cerita sukses di usia muda tersebut tapi mungkin malah bisa jadi beban bagi yang lain. Pasalnya, sudah usia sekian tapi tak kunjung memperoleh kesuksesan padahal sudah berjuang mati-matian.

Advertisement

Padahal, kesuksesan tak melulu perkara usia. Banyak juga kok orang yang harus gagal dulu berkali-kali, bingung mencari tujuan hidup, hingga baru menemukan sebuah ‘jalan’ di usia yang terbilang sudah lanjut. Contohnya beberapa orang sukses berikut ini. Simak yuk siapa saja!

1. Nama Vera Wang rasanya sudah sangat dikenal sebagai desainer gaun pernikahan saat ini, siapa sangka ia baru memulai bisnisnya di usia 40 tahun

Vera Wang/ Credit: Glamour via www.glamour.com

Dilansir dari Her Money, Vera Wang ternyata dulunya adalah seorang skater lo, ia bahkan mengikuti US National Camphionship. Karena seringnya mengalami kegagalan, ia lalu beralih fokus ke bidang fesyen. Mulai dari menjadi seorang editor hingga desainer aksesori sudah ia jalani namun ternyata kesuksesannya dimulai menjelang pernikahannya di usia 40 tahun. Ia merasa bahwa desain gaun pernikahan saat itu masih sangat terbatas sehingga idenya muncul dari situ. Kini ia menjadi seorang desainer langganan artis-artis Hollywood.

2. Stan Lee menjadi salah satu nama yang banyak dipuja karena karyanya, ternyata ia hampir menyerah dengan kehidupan komiknya di usia 39 tahun

Stan Lee/ Credit: Insider via www.insider.com

Stan Lee ketika remaja sempat menjadi seorang asisten di Timely Comics, namun ia juga berusaha untuk menyiptakan komik buatannya sendiri pada masa itu. Ia hampir saja menyerah dari dunia komik setelah bergelut selama 20 tahun tepatnya pada 1960. Akan tetapi, pada saat itu pula istrinya menyarankan agar ia menulis sesuatu yang ia senangi hingga terciptalah karya berjudul Fantastic Four ketika usianya 39 tahun yang membawannya ke dalam kesuksesan.

Advertisement

3. Sam Walton yang berasal dari keluarga tidak mampu harus bekerja keras untuk menuai kesuksesan di usia 44 tahun

Sam Walton/ Credit: Succeed Feed via succeedfeed.com

Walmart adalah salah satu usaha retail yang terkenal di dunia. Pendirinya merupakan Sam Walton yang dari kecil sudah harus bekerja serabutan. Dilansir dari Entrepreneur, ia juga sempat bekerja sebagai seorang sales di sebuah perusahaan retail yang sempat hampir dipecat karena cara kerjanya yang kurang rapi. Namun, ternyata ia mampu meningkatkan sales perusahaan sebagai karyawan baru. Kemudian ia memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri dengan sang adik hingga sukses menjadi bisnis raksasa seperti saat ini. Kesuksesannya baru ia dapatkan di usia 44 tahun.

4. Si anak petani, Henry Ford akhirnya mencicipi kesuksesan setelah berusia 45 tahun, semua berkat kegigihan

Henry Ford/ Credit: The Henry Ford via www.thehenryford.org

Henry Ford merupakan seorang anak petani miskin asal Amerika. Ia sempat bekerja sebagai seorang karyawan sekaligus mencoba membuat berbagai kendaraan di bengkel rumahnya. Akan tetapi, usahanya ini tak begitu lancar dan malah bangkrut karena harganya yang terlalu tinggi. Akhirnya setelah ia terus gigih dan melakukan inovasi sampai ia berhasil sukses di usia 45 tahun.

5. Saat ini tempat makan Mc Donald’s tersebar di banyak sekali tempat, ternyata Ray Kroc yang menjadikan bisnis ini franchise di usia 50 tahun lebih

Advertisement

Ray Kroc/ Credit: Dictio via www.dictio.id

Sebelumnya, Ray Kroc menjual mesin milkshake keliling ke restoran-retoran hingga melihat sebuah peluang untuk mendirikan franchise Mc Donald’s. Ia mengatakan penawarannya ini kepada Mc Donald Brother namun mereka menolak dengan sopan karena merasa bahwa hidup dengan satu warung saja sudah cukup. Dengan penawaran untuk mengurus semua warung yang akan dibuka akhirnya terjadilah sebuah kesepakatan. Restoran cepat saji ini akhirnya sukses di mana-mana hingga membuat Ray Kroc juga sukses walau usianya saat itu sudah 54 tahun.

Usia tidak memengaruhi kesuksesan seseorang, walaupun sekarang kamu sudah 2o akhir atau 30 tahun lebih, kesempatan untuk memulai segalanya masih sangat terbuka lebar. Kuncinya adalah melihat peluang, kegigihan, dan mau terus belajar. Dengan demikian, bisa jadi kamu mengikuti langkah-langkah orang-orang sukses yang sudah disebutkan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE