Istirahat malam adalah waktu yang penting. Jika kamu tidak tidur dengan baik, tubuhmu tak akan mampu menyetor energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas maksimal esok hari. Sayangnya, kita tak selalu bisa langsung tertidur pulas selepas pulang kerja. Walau kepala sudah menempel ke bantal, banyak di antara kita yang sering kesusahan saat tidur. Bahkan malah tidak bisa tidur sampai pagi.

Nah, kali ini, Hipwee bakal bagi-bagi trik supaya waktu istirahat malammu yang berharga gak terbuang untuk guling-guling di kasur doang. Ini nih cara supaya kamu bisa lebih cepat pergi ke alam mimpi!

1. Olah Raga Rutin Itu Wajib, Tapi Jangan Dekat-Dekat Waktu Tidurmu

Music-while-Jogging-02

Olah raganya di pagi hari saja, jangan malam-malam via 3.bp.blogspot.com

Advertisement

Jogging atau pemanasan kecil setiap pagi merupakan rutinitas yang akan sangat membantumu tertidur pulas di malam hari. Olah raga teratur menopang pembentukan metabolisme tubuh yang baik sehingga tubuhmu akan dapat mengenali jika waktu istirahatmu telah tiba.

Di samping manfaatnya secara fisik, olah raga secara teratur juga sudah terbukti dapat menurunkan level stres-mu sehingga kamu akan dapat beristirahat dengan pikiran yang lebih tenang di malam hari.

Tapi ada satu hal mengenai olah raga yang justru harus kamu hindari jika kamu ingin tertidur lebih cepat di malam hari. Janganlah berolah raga di malam hari atau tiga jam sebelum waktu tidurmu, karena adrenalin yang terkumpul pada waktu berolah raga justru akan membuatmu terjaga lebih lama.

2. Batasi Konsumsi Minuman Yang Akan Mengganggu Tidurmu

half full glass of wine on bedside table of early twenties woman in bed in a bedroom

Ketiduran sih gara-gara mabuk, tapi tidurnya gak pulas via www.uottawa.ca

Advertisement

Sudah jadi rahasia umum bahwa konsumsi kafein akan membuatmu terjaga, sehingga minum kopi di malam hari tentunya tidak akan membuatmu tertidur lebih cepat. Namun selain kopi, ternyata minuman beralkohol juga sama tidak baiknya untuk tidur cantikmu. Walaupun bagi beberapa orang konsumsi alkohol justru membuat mereka cepat mengantuk, rasa kantuk tersebut tidak akan mengantar ke tidur yang pulas.

Kamu hanya akan dapat tertidur untuk beberapa saat sebelum terbangun kembali karena efek memabukkan alkohol. Alkohol juga memiliki efek diuretik yang menyebabkan kamu lebih cepat mengalami dehidrasi, seperti berkeringat dan mengeluarkan air kencing.

Bahkan konsumsi air putih yang menyehatkan pun harus dibatasi jika kamu mau tertidur pulas di malam hari. Kamu tidak mau kan harus terbirit-birit ke kamar mandi di tengah malam?

3. Sebisa Mungkin, Hindari Tidur Di Siang Hari

tumblr_lkdjuoSbJK1qda29ko1_1280

Tidur siang justru buat kamu semakin gak ngantuk di malam hari via www.biokineticspt.com

Banyak orang yang menderita insomnia atau kesulitan tidur di malam hari, berupaya mengejar kekurangan tidurnya di siang hari. Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan tersebut justru akan memperparah kondisi tidurmu.

Memang masih banyak perdebatan tentang manfaat dan kerugian tidur di siang hari, tapi itu semua tergantung tidurmu di malam hari. Jika kamu mendapatkan tidur yang baik di malam hari, 15-20 menit tidur siang diyakini akan mampu meningkatkan tingkat energimu. Tapi jika dari awalnya kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari, tidur siang tidak akan membantu. Justru itu akan menjerumuskan kamu lebih jauh dalam pola tidur yang salah.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari tidur siang. Jika memang kamu sangat mengantuk di siang hari, batasi waktu tidurmu hanya untuk 15-20 menit saja.

4. Jangan Makan Sembarangan Sebelum Tidur

girl-eating-cookies

Walaupun gak ada orang yang tahu kamu makan apa, tubuhmu gak bakal bisa bohong via meltitoffcr.com

Asupan makananmu akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tidurmu di malam hari. Jangan pernah tidur dengan perut yang terlalu penuh atau kosong. Jika kamu tidur dengan kondisi kekenyangan, kemungkinan besar makanan yang kamu konsumsi untuk makan malam belum selesai dicerna. Proses pencernaan yang terus berlangsung pada saat kamu tidur tersebut yang bakal terus membuatmu terbangun di malam hari.

Jadi pastikan kamu tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu berat di malam hari atau berikan waktu yang cukup untuk mencerna makanan tersebut sebelum tidur. Tapi pastikan kamu juga tidak tidur dalam kondisi kelaparan, terutama jika kamu ingin cepat terlelap. Kondisi lapar akan membuatmu terjaga.

Jadi pastikan kamu memiliki jumlah makanan yang tepat di perutmu sebelum tertidur. Kudapan ringan dengan kombinasi buah dan protein dapat mendorong produksi hormon penenang serotonin, yang akan membuatmu tidur lebih cepat.

5. Singkirkan Segala Peralatan Elektronik yang Akan Menggodamu

146954897

Kapan tidurnya coba?! via memoryfoammattresszleeps.co.uk

Peraturan pertama untuk dapat tidur dengan cepat: ya langsung saja tidur. Jangan melakukan kegiatan lain yang jelas-jelas akan menunda tidurmu. Banyak orang berdalih bahwa menonton TV atau menjelajah dunia maya lewat HP justru dapat membuat mereka cepat mengantuk di malam hari. Tapi sebenarnya, kebiasaan tersebut sangat buruk jika kamu ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

Aktivitas seperti menonton atau berkonsentrasi pada layar hp akan merangsang otak kita untuk tetap terjaga ketika seharusnya sudah waktunya untuk bersiap-siap beristirahat. Jadi singkirkanlah segala macam peralatan elektronik yang akan membuatmu tergoda untuk tidak tertidur. Toh kalaupun kamu memang akan lebih cepat mengantuk dengan bantuan alat-alat tersebut, tidurmu tidak akan tahan lama.

6. Kesejukan Kamarmu Dapat Membuat Kamu Lebih Cepat Mengantuk

o-WINTER-SLEEP-facebook

selimutan anget-anget via i.huffpost.com

Suhu kamar yang tepat ternyata memiliki peran krusial dalam membantumu mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari, terutama untuk mereka yang mengalami kesulitan tidur atau menderita insomnia.

Dari berbagai penelitian didapatkan bahwa suhu tubuh penderita insomnia sebelum tidur ternyata jauh lebih hangat daripada orang normal. Padahal dalam kondisi tidur, suhu tubuh manusia memang akan berada dalam titik terendahnya. Alhasil, mereka dengan suhu yang lebih tinggi akan mengalami kesulitan untuk mencapai suhu ideal. Suhu kamar yang dingin akan membantu proses tersebut.

Jadi, turunkanlah suhu kamarmu dengan pendingin udara atau kipas angin untuk lebih cepat mencapai suhu ideal yang diperlukan untuk tidur.

7. Kegelapan Total Akan Sangat Membantu Produksi Hormon Tidur

hands-light-dream-art-hd-wallpaper

matikan lampu sebelum tidur via freehdwalls.net

Paparan sinar matahari atau cahaya lampu menentukan produksi melatonin atau hormon tidur dalam tubuhmu. Hormon tidur ini mengatur kapan kamu merasa mengantuk atau merasa siap beraktivitas kembali. Secara alamiah, kerja hormon ini mengikuti pola siang-malam yang ditandai dengan terbit dan tenggelamnya matahari. Siang sudah seharusnya terang dan malam sepatutnya gelap.

Tapi sayangnya dengan pola kehidupan manusia yang tidak cukup mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari dan terlalu banyak cahaya di malam hari, kerja hormon ini semakin tidak maksimal. Maka dari itu semakin banyak orang yang mengalami kesulitan untuk bangun di pagi hari dan tidur di malam hari.

Jadi untuk mengembalikan kerja hormon tersebut, sesuaikanlah paparan sinar atau cahaya di malam hari dengan kegelapan total. Dengan begitu tubuhmu akan mengenali bahwa itu memang waktunya untuk beristirahat.

8. Hilangkan Atau Samarkan Suara-Suara yang Mengusik Waktu Istirahatmu di Malam Hari

photo-copy

kalau gak ampuh pakai bantal, pakai headset aja via buzz.bournemouth.ac.uk

Pada waktu tertidur, kamu masih bisa mendengar dalam batasan-batasan tertentu tergantung seberapa kepulasan tidurmu. Jadi, kamu tidak akan bisa mencapai tingkat kelelapan penuh jika terus terdapat gangguan suara dari luar.

Gangguan seperti keberisikan jalan atau suara dengkuran keluargamu tampaknya sudah jadi gangguan rutin yang dialami banyak orang. Tapi jangan sepelekan hal itu!

Berupayalah menghilangkan gangguan tersebut jika kamu ingin mendapatkan tidur yang baik. Jika kamu tidak bisa benar-benar menghilangkan gangguan suara tersebut, samarkanlah gangguan tersebut dengan memainkan suara-suara menenangkan seperti deburan ombak atau suara kicauan burung secara terus-menerus.

9. Aroma yang Tepat Akan Membantumu Mendapatkan Ketenangan Sebelum Tidur

What's-on-my-bedside-table-products-candle-bunny-8

aroma harum menenangkan via 2.bp.blogspot.com

Ketenangan pikiran adalah syarat penting untuk dapat tidur terlelap di malam hari. Salah satu cara untuk mendapatkan ketengangan tersebut adalah melalui aromaterapi. Aroma-aroma tertentu tersohor dengan efeknya untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Efek menenangkan ini tentu saja akan sangat membantumu untuk tertidur lebih cepat di malam hari. Jadi cobalah menggunakan aromaterapi lavender, vanila, atau kayu cendana untuk mengatasi kesulitan tidurmu di malam hari.

10. Buatlah Alarm Alami Dalam Tubuhmu Dengan Kebiasaan Bangun Dan Tidur Pada Jam Yang Sama Tiap Harinya

uykusuz

sudah telat tidur eh bangun kepagian via www.netgazete.com

Kesulitan tidur di malam hari menandakan bahwa tubuhmu tidak siap atau tidak mengenali waktu tidur tersebut. Walaupun berusaha tidur, tubuhmu tampaknya memberontak sendiri. Hal ini kemungkinan besar dilatarbelakangi oleh pola tidurmu yang tidak teratur.

Jika kamu terbiasa untuk tidur atau bangun pada jam yang berbeda-beda tiap harinya, tubuhmu akan mengalami kesulitan membedakan kapan waktu istirahat dan kapan waktu beraktivitas. Hasilnya, kamu akan mengalami kesulitan untuk bangun atau tertidur karena kebingungan tersebut.

Maka upayakanlah untuk memiliki pola tidur yang teratur sehingga secara alamiah tubuhmu akan mengetahui perbedaan waktu tidur dan bangun. Dengan pengetahuan tersebut, tubuhmu pasti tidak akan memberontak jika sudah tiba waktu tidur.

11. Membersihkan dan Menghangatkan Badanmu Sebelum Tidur Akan Mempercepat Kantukmu

bath night

biar nyaman tidurnya, harus mandi dulu via 1.bp.blogspot.com

Mandi air hangat sebelum tidur tidak hanya akan membersihkan segala kotoran yang menumpuk di badanmu sepanjang hari. Tapi juga membantu proses penurunan suhu yang secara dialami manusia sesaat sebelum tertidur.

Perbedaan suhu yang terjadi ketika kamu ‘mentas’ dari air hangat akan mempercepat penurunan suhu badan kamu secara keseluruhan. Sehingga suhu ideal yang diperlukan untuk tidur akan tercapai lebih cepat alias kamu akan lebih cepat mengantuk. Jadi jika kamu ingin lebih cepat merasakan kantuk, hangatkanlah badanmu sebaik mungkin sesaat sebelum tidur.

Mandi air hangat juga sangat bermanfaat untuk meregangkan otot-otot yang kaku karena kelelahan. Pereganganini nantinya akan membuat kamu akan lebih nyaman dan cepat tertidur.

12. Minumlah Segelas Teh Atau Susu Yang Akan Membuat Perutmu Hangat Dan Nyaman

3840x2160

Teh atau susu boleh, kalau kopi jangan deh via wallpaperscraft.com

Cara lain untuk menghangatkan badanmu sebelum tidur adalah dengan segelas susu atau teh hangat. Jika kamu kurang merasa mengantuk di malam yang semakin larut, cara ini dapat membantu merangsang rasa kantukmu.

Minuman hangat juga memiliki efek yang sama pada tubuh layaknya mandi air hangat yaitu membantu mempercepat proses penurunan suhu dalam tubuh sesaat sebelum tidur. Di samping itu, susu atau teh mengandung tryptophan yang mampu mendorong produksi hormon tidur atau melatonin. Segelas susu atau teh ditemani dengan sepiring kudapan ringan dapat jadi alternatif yang baik untuk mengantar tidurmu.

13. Bacaan Ringan Sebelum Tidur Dapat Membantu Mengalihkan Pikiranmu Dari Kesulitan Hari Ini

tale_girl_book_book_reading_teddy_bear_teddy_bear_toy_1600x1200

dongeng sebelum tidur via www.wallpaperup.com

Kebiasaan membaca cerita sebelum tidur kepada anak-anak membantu mereka untuk membangun imajinasi. Tapi kebiasaan ini juga sangat berguna walaupun kamu sudah dewasa.

Membaca buku favorit atau bahkan bacaan yang sangat tidak menarik pun akan membantu mengalihkan pikiranmu dari segala pekerjaan, tugas, atau hal lain yang membebanimu sepanjang hari. Kebiasaan ini akan sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiranmu. Pikiran yang tenang adalah tahapan pertama yang harus dicapai untuk dapat tertidur dengan pulas.

Tapi jangan pilih bacaan yang berat dan merangsang otakmu untuk berpikir. Pilih yang ringan dan menghibur saja!

14. Istirahatkan Badan dan Pikiranmu

o-YOGA-IN-BED-facebook

temukan ‘zen’-mu sebelum tidur via i.huffpost.com

Tidur adalah waktu istirahat, baik untuk tubuhmu maupun pikiranmu. Jadi untuk mempercepat proses istirahat tersebut, kamu bisa mempersiapkan tubuh dan pikiranmu terlebih dahulu sebelum benar-benar berada dalam situasi istirahat total dalam tidur lelap.

Untuk mempersiapkan tubuhmu, kamu bisa melakukan yoga atau strecthing ringan untuk mereggangkan otot-otot yang kaku. Sedangkan untuk pikiranmu, disamping membaca, kamu dapat menuliskan semua kekesalan dan beban harimu dalam jurnal. Dengan begitu di harapkan hati dan pikiranmu jadi lebih tenang. Kamu juga dapat membayangkan tempat-tempat yang indah dan menenangkan sebagai pengantar tidur.

15. Kasur Dan Pakaian Yang Nyaman Akan Lebih Menggodamu Untuk Tidur

o-WOMAN-SLEEPING-BED-facebook

untuk tidur yang lebih baik, kasur dan pakaianmu juga harus nyaman via i.huffpost.com

Pastikan kamu memiliki lingkungan yang mendukung untuk tidur. Kasur dan sprei yang bersih dan nyaman akan jauh lebih membuatmu mengantuk dibandingkan tempat tidur yang penuh buku dan sampah. Bayangkan jika kamu harus berbenah kamarmu terlebih dahulu sebelum tidur, bisa jadi kantukmu akan hilang dalam proses bersih-bersih itu. Jadi pastikan kasurmu sudah siap mengakomodasi kantukmu sehingga kamu bisa langsung tertidur.

Pastikan juga kamu memakai pakaian yang nyaman dan tidak panas sehingga kamu tidak perlu terbangun di malam hari gara-gara kepanasan.

16. Kembali Ke Posisi Tidur Yang Sama Tiap Malamnya Akan Membantumu Tidur Lebih Cepat

Sleep-Positions

mana posisi favoritmu? via thefunyuns.com

Biasakanlah dirimu untuk tidur dalam posisi yang sama tiap malamnya sehingga kamu tidak akan sibuk mencari posisi yang tepat semalam suntuk. Jika kamu sudah menemukan posisi yang nyaman bagimu, usahakanlah mempertahankan posisi tersebut tiap malam. Malam-malam pertama mungkin kamu masih akan menemukan kesulitan, tapi setelah beberapa lama kamu akan terbiasa.

Nah silakan deh coba tips-tips Hipwee di atas supaya kamu bisa tidur lebih mudah dan cepat malam ini! Gak perlu lagi tuh, mitos kayak menghitung domba lompat pagar demi lebih cepat tidur! 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya