3 Kunci Penting Agar Terhindar dari Penyakit Autoimun. Lebih Sering Menyerang Cewek Lo!

Cara mencegah penyakit autoimun

Ibunda Mikha Tambayong yang dikabarkan meninggal pada Minggu (3/3/2019) kemarin diketahui menderita penyakit autoimun selama setahun terakhir. Banyak yang masih asing dengan penyakit ini. Singkatnya, penyakit autoimun merupakan suatu kondisi ketika sistem imun yang seharusnya melindungi sel-sel tubuh dari serangan penyakit, justru menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Advertisement

Dari sekian banyak jenis penyakit autoimun, beberapa di antaranya yang kerap diderita seperti diabetes tipe 1, rematik, lupus, psoriasis, sklerosis, hingga radang usus. Faktanya, beberapa penyakit ini lebih sering menyerang cewek lo! Efek penyakit autoimun pada tubuh nggak main-main. Bahkan bisa sampai membuat pengidapnya merasa nggak mampu melakukan aktivitas harian.

Meskipun belum sepenuhnya jelas apa penyebabnya, beberapa faktor di bawah ini menentukan risiko seorang cewek menderita penyakit autoimun

1. Kadar hormon estrogen yang cenderung tinggi membuat cewek rentan mengidap penyakit autoimun

hormon estrogen cewek lebih banyak via himamaus.com

Fungsi sel di tubuh banyak dipengaruhi oleh hormon estrogen, yang mana banyak terdapat dalam tubuh cewek. Banyak penyakit autoimun yang cenderung membaik dan memburuk seiring dengan fluktuasi hormon estrogen, misalnya saat menstruasi, selama kehamilan, atau saat menggunakan kontrasepsi oral. Hal ini mengindikasikan bahwa hormon estrogen mungkin berperan dalam banyak penyakit autoimun.

2. Sistem kekebalan tubuh cewek cenderung lebih canggih daripada cowok

sistem kekebalannya lebih canggih via www.smartparents.sg

Cewek secara alami memiliki respons  yang lebih kuat daripada cowok saat sistem kekebalannya dipicu. Meskipun hal ini sering menghasilkan kekebalan yang superior di kalangan cewek, ini jugalah yang dapat meningkatkan risiko cewek mengembangkan kelainan autoimun jika terjadi kesalahan.

Advertisement

3. Kode genetik cewek yang lebih rentan dengan dua kromosom X dalam tubuhnya

kromosom pada tubuh cewek via io9.gizmodo.com

Cewek punya dua kromosom X sedangkan cowok memiliki kromosom X dan Y, secara genetik hal ini cenderung memicu berkembangnya penyakit autoimun. Ada beberapa bukti bahwa cacat pada kromosom X mungkin terkait dengan kerentanan terhadap penyakit autoimun tertentu.

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan dalam keseharian untuk mencegah penyakit autoimun. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

1. Sebisa mungkin hindari stres. Temukan metode relaksasi atau penyembuhan yang tepat untuk mengatasinya

temukan penghalau stresmu via www.therakyatpost.com

Nggak bisa dimungkiri lagi, stres jadi salah satu penyebab utama yang dapat mengganggu keseimbangan dan kesehatan tubuh. Gangguan kesehatan yang berlarut-larut ini akan menurunkan kemampuan sistem imun tubuh dan bisa berkembang menjadi penyakit autoimun. Makanya, sebisa mungkin temukan cara yang nyaman untuk menghalau stres dalam menjalani aktivitasmu sehari-hari.

2. Cukupi kebutuhan tubuh akan omega-3 yang adalah anti peradangan alami

cukupi kebutuhan omega-3 via www.algaecal.com

Selain dikenal dengan kebaikannya untuk perkembangan dan fungsi otak, omega 3 juga merupakan anti peradangan alami yang berperan untuk mengatasi radang pada tubuh. Asupan omega 3 yang cukup akan membantu sistem imun untuk tetap aktif dan bekerja optimal sehingga terhindar dari kegagalan fungsi yang dapat berkembang menjadi penyakit autoimun.

Advertisement

3. Olahraga yang rutin akan membantu mengatur sistem hormon dan kekebalan tubuh berfungsi dengan baik

olahraga teratur via www.runnersworld.com

Lagi-lagi olahraga. Ya, memang olahraga ini nggak bisa dipisahkan dari kesehatan tubuh. Begitu pun dengan gangguan autoimun. Olahraga dan aktivitas fisik yang rutin dilakukan sehari-hari akan mengatur sistem hormon, enzim dan sel-sel tubuh untuk bekerja secara optimal. Sehingga akan menghalau penyakit autoimun dengan sendirinya.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada pengobatan yang benar-benar menjamin semua jenis penyakit autoimun bisa sembuh total. Tapi jangan berkecil hati dulu, karena mendiagnosis penyakit sejak dini serta rutin melakukan pengobatan, sebenarnya merupakan langkah tepat untuk membantu mencegah dan mengendalikan kekambuhan gejala.

Maka penting buatmu untuk mengenali sekecil apa pun perubahan yang terjadi di tubuhmu, serta menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan pencegahan-pencegahan penyakit autoimun yang sudah Hipwee Tips jabarkan di atas. Semoga membantu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE