Tanpa Perlu ke Toko, ini 6 Cara Bersihkan Perhiasan Emas dan Perak. Kinclong Kayak Beli Baru!

Cara membersihkan perhiasan

Sama seperti tubuh, perhiasaan juga butuh dibersihkan rutin supaya kilaunya tetap bagus dan nggak kusam. Apalagi kalau perhiasaan nggak kamu simpan dalam boks khusus. Sebagian orang mungkin berpikir untuk mengilaukan kembali perhiasannya di toko. Padahal, kamu bisa membersihkan perhiasaan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang tersedia.

Advertisement

Melansir dari beberapa sumber, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan perhiasaan emas dan perakmu. Biar kinclong kayak baru lagi!

1. Rendamlah dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring

air hangat + sabun via www.perfectweddingguide.com

Jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa merusak lapisan perhiasaan. Merendamnya juga jangan terlalu lama, lima menit cukup. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan debu yang menempel pada perhiasaan. Pakai sikat gigi untuk menyikat sela-selanya.

2. Gunakan pasta gigi tanpa pemutih untuk membersihkan perhiasaan kesayanganmu

pasta gigi tanpa pemutih via www.pinterest.es

Oleskan sedikit pasta gigi ke perhiasaan, kemudian gosok pelan dengan menggunakan sikat gigi bekas. Lalu rendam sebentar di air hangat selama lima menit. Jangan lupa keringkan dengan kain lembut, ya!

Advertisement

3. Campuran air lemon dan garam juga bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan kilau perhiasaan lo!

air lemon + garam via lavalier.com

Kandungan asam dan vitamin C dari kedua bahan ini bisa mengilatkan perhiasan. Caranya peras air lemon, campurkan dengan sedikit garam, lalu rendam perhiasaan ke larutan tersebut selama lima menit, lap menggunakan kain lembut.

4. Selain membersihkan perkakas logam, baking soda juga bisa dipakai membersihkan perhiasaan

baking soda via beautifulearthja.com

Campurkan dua hingga tiga sendok makan baking soda dengan sedikit air hangat. Oleskan ke perhiasaan lalu usap dengan spons atau sikat gigi. Setelah itu, cuci bersih dan lap hingga kering.

5. Kalau ada, manfaatkan juga alumunium foil untuk membersihkan perhiasaan

aluminium foil via www.thekitchn.com

Ambil beberapa alumunium foil dan taruh di atas mangkuk. Masukkan perhiasaan di atasnya dan taburkan sedikit baking soda lalu tuang air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali hingga kilau perhiasaan kembali.

6. Meski keras, bubuk amonia aman kok buat membersihkan perhiasaan

Campur bubuk amonia dengan air hangat, lalu rendam perhiasaan selama dua menit. Jangan terlalu lama agar perhiasaan nggak mengalami pengeroposan. Setelah itu, cuci bersih dengan air dan lap hingga kering. Sayangnya, cara ini nggak disarankan jika perhiasanmu punya mutiara atau permata.

Sebelum merogoh kocek untuk datang ke jasa pembersihan perhiasan, nggak ada salahnya lakukan cara mandiri ini di rumah. Pastikan untuk mengikuti anjurannya agar perhiasaan nggak malah rusak. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE