8 Cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi, dari Cuci Muka Sampai Eksfoliasi

Cara menghilangkan bruntusan di dahi

Masalah kulit wajah memang bisa mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri, apalagi kalau harus tampil di depan umum. Ada banyak permasalahan kulit wajah yang biasa dialami oleh siapa saja. Selain jerawat, bruntusan menjadi permasalahan wajah yang paling sering kita alami. Kondisi ini menyebabkan kulit terasa kasar dan jika diraba akan terasa seperti bintik-bintik kecil. Biasanya, bruntusan muncul di dahi karena pemakaian kosmetik yang tidak cocok ataupun karena kebersihan kulit yang kurang terjaga.

Advertisement

Kalau kamu sedang mengalaminya, jangan khawatir karena bruntusan bisa dihilangkan. Ada berbagai macam cara menghilangkan bruntusan di dahi dan bagian wajah lainnya. Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini bisa kamu lakukan secara alami maupun dengan menggunakan produk skincare tertentu. Dengan begitu, kamu akan tampil lebih percaya diri, walaupun harus tampil di depan banyak orang. Bagaimana saja caranya, simak ulasan berikut ya!

1. Rutin bersihkan wajah menjadi kunci untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk bruntusan

Rutin bersihkan wajah | Photo by Ron Lach from Pexels

Cara paling ampuh untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan menerapkan perawatan dasar kulit yang benar. Kamu harus rutin membersihkan wajah, setidaknya dua kali sehari. Selain itu, cara menghilangkan bruntusan di dahi dan dagu adalah dengan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Jika perlu, lakukan double cleansing atau cuci wajah dua kali untuk memastikan kulit wajah benar-benar bersih.

2. Meredakan bruntusan bisa dengan memakai pelembap secara rutin. Jangan lupa sesuaikan dengan jenis kulit

Pakai pelembab | Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Setelah rutin membersihkan wajah, skincare untuk bruntusan di dahi berikutnya adalah produk pelembap. Kamu bisa memakainya setelah mencuci wajah. Namun, kamu perlu memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar bruntusan tidak menjadi semakin parah. Sebelum memakai pelembap, kamu juga bisa menggunakan produk toner atau serum yang sama-sama bisa mengatasi masalah bruntusan.

Advertisement

3. Selain basic skincare, memakai exfoliating toner juga bisa menghilangkan bruntusan

Pakai exfoliating toner | Photo by RODNAE Productions from Pexels

Selain menggunakan produk perawatan wajah mendasar, kamu juga bisa menghilangkan bruntusan dengan exfoliating toner. Eksfoliasi merupakan langkah perawatan untuk membantu menghilangkan bruntusan dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Penggunaan exfoliating toner ini bisa dilakukan secara berkala, seperti seminggu sekali. Dengan menggunakan produk yang tepat dan sesuai jenis kulit, bruntusan pun bisa teratasi.

4. Meredakan gatal dan kemerahan, kompres wajah yang bruntusan dengan es batu

Kompres es batu | Photo by Pixabay via Pexels

Saat mengalami bruntusan, seringkali kulit wajah terasa gatal dan kemerahan. Nah, untuk meredakan rasa gatal dan kemerahan yang muncul, kamu bisa memanfaatkan es batu. Meskipun cara ini tidak menghilangkan bruntusan di dahi dalam semalam, tetapi bisa menyamarkan masalah kulit wajah.

5. Oleskan tea tree oil yang bersifat antiradang di area wajah yang sudah dibersihkan

Tea tree oil | Photo by irakudryavtseva via Pixabay

Cara menghilangkan bruntusan di dahi dan hidung selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Terdapat kandungan senyawa antimikroba dan antiradang di dalam tea tree oil yang bisa meredakan bruntusan. Caranya, kamu cukup meneteskan beberapa tetes tea tree oil dengan air. Kemudian, oleskan pada area dahi dan wajah lainnya yang sudah dibersihkan.

Advertisement

6. Memakai masker teh hijau bisa mengatasi wajah bruntusan sekaligus kulit berminyak

Masker teh hijau | Photo by Polina Kovaleva from Pexels

Menggunakan masker wajah dari teh hijau merupakan salah satu cara menghilangkan bruntusan secara alami. Teh hijau mengandung senyawa yang mampu menghilangkan bruntusan sekaligus mengatasi kulit berminyak.  Caranya, kamu bisa menyeduh daun atau kantong teh hijau dengan air hangat. Kemudian, campurkan air seduhan teh hijau dengan madu dan oleskan pada area dahi yang sudah dibersihkan. Setelah itu, tunggu selama 10-20 menit, lalu bilas wajahmu.

7. Mudah ditemukan di rumah, pakai masker tomat bisa membantu meredakan bruntusan

Masker tomat | Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Kalau kamu ingin menggunakan bahan alami, cara menghilangkan bruntusan di dahi dengan tomat ini bisa dicoba. Tomat memiliki kandungan yang bersifat antiradang yang bisa membantu meredakan inflamasi dan iritasi kulit, seperti bruntusan. Caranya, kamu bisa memblender tomat sampai halus, lalu balurkan pada wajah secara merata. Setelah itu, diamkan beberapa menit sampai kering dan bilas wajah dengan air bersih.

8. Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh, madu asli juga bisa meredakan bruntusan

Oleskan madu | Photo by ROMAN ODINTSOV from Pexels

Selain tomat, madu juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Di dalamnya, madu mempunyai kandungan antibakteri yang ampuh meredakan bruntusan. Namun, pastikan madu yang kamu gunakan adalah madu asli yang tidak mengandung perasa. Caranya, kamu cukup mengoleskan madu ke wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit. Kalau sudah kering, bilas wajah sampai bersih.

Itu dia beberapa cara mengatasi bruntusan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih beberapa cara di atas untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Namun, jika bruntusan di kulitmu semakin meradang, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat tindakan medis yang tepat ya, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE