8 Cara Mencegah Gagal Jantung di Usia Muda. Sayangi Nyawa Selagi Bisa!

Gagal jantung usia muda

Penyakit jantung di Indonesia merupakan penyebab kematian kedua setelah stroke. Meski dikenal sebagai penyakit orang tua, gangguan jantung juga bisa terjadi di usia muda. Beberapa penyakit jantung yang umum terjadi adalah gagal jantung dan serangan jantung.

Advertisement

Gagal jantung merupakan kondisi ketika otot-otot jantung melemah dan perlahan tidak bisa lagi memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan serangan jantung adalah keadaan adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner yang menghambat masuknya oksigen pada sel-sel otot jantung. Penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan memburuk dengan cepat.

Nah, gagal jantung yang terjadi secara perlahan sebetulnya bisa lo dicegah. Melakukan gaya hidup yang sehat sejak dini bahkan bisa meminimalisir penyakit tersebut. Terutama bagi kaum muda, yuk cegah penyakit gagal jantung dengan melakukan hal-hal di bawah ini!

1. Ubah pola hidup dengan makan teratur dengan mengonsumsi makanan yang sehat

Makanan sehat / Credit: Photo by destiawan nur agustra from Pexels

Penyebab gagal jantung di usia muda salah satunya terjadi karena adanya kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, seperti gorengan, kulit ayam, dan jeroan. Oleh karena itu, mengatur pola makan dengan makanan-makanan sehat perlu dilakukan. Cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, diantaranya bayam, stroberi, alpukat, tomat, dan kacang almon. Jika dilakukan dengan teratur, makanan sehat mampu meminimalisir munculnya penyakit jantung.

Advertisement

2. Mengurangi makanan instan dan junk food. Enaknya cuma sesaat!

Junk food / Credit: Photo by Robin Stickel from Pexels

Meski hingga saat ini penyakit gagal jantung belum dapat disembuhkan, kamu bisa mencegah ataupun menghindarinya dengan mengurangi makanan instan dan junk food, lo. Kedua jenis makanan tersebut jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan obesitas karena tingginya kalori. Nah, kalau sudah mengalami obesitas, jantung bakal kena batunya.

3. Kurangi konsumsi gula dan garam, perbanyak buah dan sayur

Memilih makanan sehat / Credit: Photo by Andres Ayrton from Pexels

Makanan yang memiliki cita rasa manis dan gurih memang enak untuk dikonsumsi. Namun, hal itu akan berbahaya bagi kesehatan jantung jika dikonsumsi berlebihan. Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan RI, konsumsi garam per hari untuk satu orang adalah sekitar 5 gram atau setara 1 sendok teh. Sedangkan gula minimal 4 sendok makan per hari. Daripada banyak mengonsumsi makanan manis dan gurih, lebih baik untuk mengonsumsi buah serta sayur yang mengandung serat.

4. Perbanyak minum air putih, meski termasuk hal sepele tetapi bisa mencegah penyakit jantung di usia muda lo

Dibandingkan rajin meminum air putih, kebanyakan anak muda lebih memilih mengonsumsi minuman manis atau kopi. Padahal, air putih berperan penting untuk melarutkan kandungan garam pada darah. Karena kandungan garam dalam darah yang terlalu banyak membuat darah menjadi kental. Hal itu bisa menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah segar dengan maksimal. Akibatnya, jantung akan bekerja lebih keras dan jika terjadi terus-menerus dapat menyebabkan penyakit jantung.

Advertisement

5. Kamu yang masih malas berolahraga, sebaiknya mulai coba untuk merutinkannya. Setengah jam setiap hari berharga

Olahraga rutin / Credit: Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Oahraga rutin mampu mengurangi risiko gagal jantung di usia muda lo. Oleh American Heart Association, waktu olahraga ideal bagi orang dewasa untuk menjaga kesehatan jantung adalah minimal adal 150 menit per minggu. Beberapa olahraga yang bermanfaat bagi jantung adalah aerobik seperti jalan kaki, berenang, atau bersepeda; resistensi atau kekuatan; dan olahraga peregangan.

6. Penyebab gagal jantung di usia muda bisa terjadi karena berat badan berlebihan atau obesitas. Makanya, penting untuk menjaga berat badan

Menjaga berat badan / Credit: Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Kondisi ini dapat membuat jantung mengalami tekanan atau stres. Akibatnya, jantung terpaksa bekerja lebih keras dibandingkan seseorang dengan berat badan normal. Oleh karena itu, menjaga berat badan perlu untuk diusahakan agar kinerja jantung bisa lebih terjaga. Salah satunya dengan menerapkan pola diet yang tepat untuk menjaga berat badan, seperti diet vegetarian atau gaya hidup tanpa memakan daging.

7. Hindari stres berlebih karena bisa meningkatkan tekanan darah yang tentu saja berdampak pada jantungmu

Stres berkepanjangan / Credit: Photo by Tim Gouw from Pexels

Tekanan darah bisa meningkat ketika kamu mengalami stres berlebihan secara terus-menerus. Hal itu tidak baik untuk kesehatan jantung karena dapat membuat aliran darah tidak lancar dan membebani kerja jantung. Selain itu, stres berat berkepanjangan juga dapat menurunkan lapisan pelindung dalam pembuluh darah dan memicu gangguan jantung serius seperti gagal jantung.

8. Hindari merokok!!!

Hindari merokok / Credit: Photo by Andres Siimon on Unsplash

Rokok memiliki sejumlah kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida. Kandungan zat tersebut dapat mengiritasi lapisan pembuluh darah hingga mempersempit aliran darah dalam tubuh. Tak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Bahkan, merokok tak hanya memicu penyakit jantung bagi penggunanya, tetapi juga perokok pasif yang secara tidak langsung menghirup asap rokok.

Nah, itu dia beberapa cara mencegah gagal jantung di usia muda yang bisa kamu lakukan. Meski gagal jantung bisa saja terjadi karena bawaan lahir atau genetik, kamu yang sehat pun perlu untuk tetap menjaga jantung agar selalu baik kondisinya. Jika kamu masih sering melakukan gaya hidup tidak sehat, coba yuk, untuk memulai lebih peduli pada kesehatan jantung.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE