Gagang Pintu Sering Dol dan Rusak? Siapkan Obeng, Coba Perbaiki Sendiri dengan Langkah ini

Gagang pintu

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dengan gagang pintu. Baik itu gagang pintu rumah, gagang pintu kamar, gagang pintu lemari, bahkan gagang pintu kamar mandi. Masalah-masah seperti gagang yang kendor, dol, dan rusak memang wajar terjadi mengingat gagang pintu merupakan bagian dari pintu yang paling sering difungsikan sehari-hari.

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee Tips ingin memberikan solusi dan langkah-langkah untuk memperbaiki masalah pada gagang pintu kayu maupun gagang pintu unik di rumahmu. Solusi ini bisa diterapkan pada setiap gagang pintu kok. Baik itu gagang pintu minimalis, gagang pintu minimalis panjang, serta model gagang pintu modern. Tanpa harus manggil tukang, berikut langkah-langkahnya.

1. Memperbaiki gagang pintu yang dol atau longgar membutuhkan keterampilan dan ketelitian ekstra

gagang pintu dol | credit: nednapa via id.depositphotos.com

Masalah yang sering muncul adalah gagang pintu yang dol alias longgar. Untuk memperbaikinya, kamu membutuhkan beberapa peralatan sederhana seperti obeng dan pelat logam. Kamu juga harus teliti dan tahu kerusakan gagang pintu agar bisa memperbaikinya dengan tepat.

Langkah-langkahnya:

Advertisement
  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas gagang pintu yang rusak. Buka setiap sekrup sampai gagang dan rumah kunci terlepas dari daun pintu.
  • Amati kerusakan pada gagang. Apabila gagang terlihat rusak, berkarat, aus dan longgar maka tancapkan besi penghubung gagang pintu pada lubang kunci.
  • Selipkan pelat logam yang telah disediakan di antara celah besi penghubung dan sisi lubang kunci di gagang pintu. Pastikan pelat logam terjepit rapat agar besi penghubung nggak goyang dan kembali longgar.
  • Terakhir, pasangkan kembali gagang pintu sampai tuntas dan coba gerakkan pintu. Jika masih rusak, ulangi langkah-langkah sebelumnya dengan teliti sampai pintu berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Jika gagang pintu sudah rusak dan nggak bisa diperbaiki, kamu terpaksa harus mengikuti langkah untuk mengganti gagang pintu dengan yang baru

gagang pintu macet | credit: andov via id.depositphotos.com

Masalah berikutnya yang sering terjadi adalah gagang pintu yang macet dan berakhir rusak. Jika hal ini sudah terjadi, nggak ada jalan lain selain membongkar dan menggantinya. Nah, memberbaiki atau mengganti gagang pintu yang rusak membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra. Nggak perlu khawatir, kamu bisa kok melakukannya sendiri asal tahu peralatan dan langkah-langkah yang tepat. Nah, berikut ini persiapan dan langkah membenarkan gagang pintu rusak.

Advertisement

Perlengkapan:

  • Obeng
  • Pahat kayu
  • Palu
  • Kacamata pelindung

Langkah pengerjaan:

  • Pertama, lepaskan dua buah sekrup yang ada di permukaan pelat samping handle pintu stainless. Putar sekrup menggunakan obeng berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Lepas sekrup yang ada di permukaan handle pintu. Nantinya, handle akan melonggar dan akan mudah untuk dilepaskan dari dua sisi.
  • Tekan secara perlahan pelat kunci sampai lepas dari lubang pintu.
  • Lepaskan pelat dari kusen dengan memutar sekrupnya.
  • Jika gagang pintu lama sudah terlepas, kamu harus mengukur ulang lubang gagang baru. Kalau dirasa sempit, perlebar dengan palu dan pahat.
  • Tekan perlahan pelat kunci baru sampai masuk ke lubang pintu. Pastikan pelat rata dengan permukaan kayu agar pintu bisa tertutup sempurna. Jika dirasa pas, kamu boleh memperkuatnya dengan memasang sekrup dengan obeng.
  • Masukan handle pintu baru ke dalam lubang pintu. Sesuaikan dengan pelat kunci yang telah terpasang.
  • Teliti dan perhatian bagian sisi yang belum disekrup.
  • Jika sudah selesai, coba tes gagang pintu dengan membuka dan menutup pintu berulang kali.

Gimana, nggak terlalu sulit kan memperbaiki dan mengganti gagang pintu yang rusak?

3. Masalah terakhir yang sering terjadi dan cukup membahayakan adalah kunci gagang pintu yang mendadak macet. Ada beragam cara memperbaikinya, dari mulai mengoles cairan anti karat sampai mendobrak pintu jika terdesak

nggak bisa dibuka | credit: topntp26 via www.freepik.com

Terakhir adalah masalah yang sering terjadi dan cukup membahayakan bagi penghuni rumah, yakni kunci gagang pintu yang macet. Banyak kasus orang yang terkunci di dalam kamar atau kamar mandi karena tiba-tiba kunci gagang pintu macet. Sama seperti penyebabnya, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kunci gagang pintu yang macet.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengetok lubang kunci serta menggunakan cairan pembersih dengan bahan antikarat. Jika ingin mengetok, kamu harus tahu dulu cara menggunakan kunci ketok yang baik dan benar. Perlu diingat, menggunakan kunci ini bisa merusak gagang pintu. Apalagi jika rumahmu menggunakan gagang pintu bulat atau merk handle pintu rumah yang bagus.

Nah, sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan cairan pembersih antikarat. Kalau nggak punya, kamu boleh pakai oli. Sama aja kok. Kalau menggunakan cairan nggak berhasil, kamu mungkin harus membobol kunci dan menggantinya dengan yang baru. Berikut ini langkahnya:

  • Siapkan penjepit, gunting, atau tang yang berbahan alumunium yang nantinya digunakan sebagai penahan dan pengungkit.
  • Selanjutnya lepaskan sekrup yang ada pada sisi dalam kunci menggunakan obeng.
  • Ganti kunci yang lama dengan kunci baru yang punya ukuran persis.
  • Pasang kunci baru dengan memasukkan batang besi pada lubang gagang dan pasang kembali sekrup dari badan kunci.
  • Pasang kembali gagang dengan cara disekrup dengan obeng.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan kunci L. Jika dalam situasi darurat, kamu bisa mendobrak pintu sampai kunci penahan terlepas dari kusen. Jika sudah mentok dan kesulitan, barulah bisa gunakan jasa ahli kunci.

Nah, itu dia beberapa cara memperbaiki gagang pintu yang rusak atau longgar. Cara-cara di atas bisa kamu praktikkan pada setiap model gagang pintu. Mulai dari gagang pintu modern sampai gagang pintu tradisional. Gimana menurut kalian SoHip? Nggak terlalu sulit kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE