Usir Kutu Kasur dengan Garam dan 8 Bahan ini Biar Manjur. Nggak Mempan Kalau Cuma Dijemur

Kutu kasur

Kutu kasur adalah serangga yang memiliki banyak sebutan di kalangan orang Indonesia. Mulai dari kutu busuk, tinggi, tungau, tumila, atau kepinding. Biasanya kutu kasur hidup sebagai parasit di rumah terutama di tempat tidur. Bentuk kutu kasur yang mungil dan berdarah panas ini bertahan hidup dengan cara mengisap darah manusia. Penyebab kutu kasur umumnya karena kasur yang lembap dan jarang dibersihkan. Kutu kasur berasal dari debu dan kotoran yang terkumpul di sudut-sudut kasur.

Advertisement

Bahaya kutu busuk ini nggak main-main lo. Selepas terkena gigitan, kita bisa demam sampai menggigil. Nah, selama ini kebanyakan orang cuma tahu satu cara membasmi kutu kasur yakni dengan menjemur kasur. Cara ini bisa dilakukan tapi nggak terlalu ampuh. Ketimbang dijemur, sebenarnya garam dan bahan-bahan di bawah ini lebih manjur usir kutu kasur. Cus, langsung saja simak ulasannya~

1. Hanya bermodal garam, kita bisa bikin kutu kasur lari tunggang-langgang

garam ampuh basmi kutu kasur | photo by Castorly Stock via www.pexels.com

Jarang terpikirkan, garam ternyata efektif membasmi kutu kasur. Caranya pun gampang, hanya dengan mencampurkan garam dengan air, lalu masukkan cairan garam tadi ke dalam botol. Semprotkan cairan garam ke kasur yang ditinggali kutu kasur.

2. Nggak cuma bermanfaat saat mati lampu, lilin dapat digunakan untuk usir kutu kasur

gunakan lilin untuk usir kutu kasur | photo by thevibrantmachine via www.pexels.com

Cara agar tidak digigit kutu busuk juga bisa menggunakan lilin lo. Caranya, nyalakan lilin terlebih dulu, lalu meneteskannya di celah-celah tempat kutu kasur berada. Selain mudah dan murah, cara ini lebih efektif menghilangkan kutu kasur ketimbang dengan menjemur kasur.

Advertisement

3. Gunakan cuka yang ada di dapur untuk usir kutu kasur. Minim biaya tanpa tambahan bahan

tanpa tambahan bahan lain, cuka bisa disemportkan ke sarang kutu kasur | credit: Deposit Photo via depositphotos.com

Kita juga bisa melenyapkan kutu kasur dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur, cuka misalnya. Caranya cukup sederhana. Kita hanya perlu menyemprotkan cuka ke sarang kutu kasur. Nggak perlu ditambah air, ya. Dengan cara itu saja, kutu kasur sudah enyah dari kasur kesayangan kita.

4. Jadi musuh alami kutu kasur, tembakau layak diandalkan

tembakau dapat diandalkan untuk basmi kutu kasur | photo by Thibault Luycx via www.pexels.com

Siapa mengira kalau tembakau bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur? Ya, tembakau tergolong musuh alami kutu kasur. Dengan mengombinasikan tembakau dan air, kita bisa membuat cairan pengusir kutu kasur yang mujarab. Setelah cairan tercampur dengan baik, kocok-kocok sebentar lalu semprotkan cairan ke kasur. Agar hasilnya maksimal, kita bisa menaburkan tembakau di bawah kasur juga lo.

5. Perpaduan minyak tanah dan kapur barus ampuh bikin kutu kasur pergi. Bahkan telur-telurnya pun mati

haluskan kapur barus dan campurkan dengan minyak tanah untuk usir kutu kasur | credit: Deposit Photo via depositphotos.com

Nggak cuma membunuh kutu kasur besar, campuran minyak tanah dan kapur barus ampuh mematikan telur-telur kutu kasur juga. Pertama, kamu perlu menumbuk kapur barus sampai halus. Setelah itu, campurkan serpihan kapur barus ke dalam minyak tanah. Lalu semprotkan cairan ke area-area yang diduga ‘rumah’ kutu kasur.

Advertisement

6. Jangan buru-buru dibuang! Gel silika yang kita dapat saat membeli barang ternyata bisa dipakai untuk menghalau kutu kasur

gel silika membunuh kutu kasur | credit: Deposit Photo via depositphotos.com

Sehabis mendapatkan gel silika saat membeli barang, paling ujung-ujungnya kita buang saja. Padahal gel silika mempunyai fungsi yang jarang diketahui orang. Butiran berpori dari natrium silikat ini mampu mengusir kutu kasur. Untuk membasmi kutu kasur dan tungau, cukup taburkan gel silika di sekitar rumah yang kemungkinan dilewati kutu kasur. Misalnya di sudut kasur, di bawah kasur, atau sekitar dinding. Mempunyai efek bisa menempel pada tubuh kutu kasur, gel silika dinilai paling efektif bunuh kutu kasur secara perlahan-lahan.

7. Memiliki aroma yang dibenci kutu kasur, asam Jawa atau  daun Mindi dijamin bikin kutu kasur minggat sejauh-jauhnya

asam Jawa atau daun Mindi juga ampuh usir kutu kasur | photo by The Raj via www.pexels.com

Kita bisa memilih salah satu, mau pakai asam Jawa atau daun Mindi. Nggak masalah cuma salah satu, keduanya sama-sama ampuh usir kutu kasur. Kita hanya perlu meletakkan asam Jawa atau daun Mindi di tempat yang diyakini sebagai sarang kutu kasur. Setelah itu, kutu kasur busa atau kutu kasur springbed bakal minggat.

8. Bau menyengat kulit durian adalah musuh kutu kasur terbesar. Minimal dalam dua hari, kutu kasur akan hilang

kulit durian dengan bau menyengat adalah musuh kutu kasur| photo by Tom Fisk via www.pexels.com

Bagi orang yang nggak suka buah durian, disarankan tidak menggunakan cara ini. Aroma menyengat dari kulit durian bikin kutu kasur nggak betah tinggal lama-lama. Dari semua cara mengusir kutu kasur yang ada, cara ini terbilang cukup nyeleneh. Tapi hasilnya cukup mencengangkan. Dalam kurun waktu dua hari, kutu kasur akan pergi. Caranya, cukup letakkan kulit durian di tempat yang menjadi sarang kutu kasur.

Kalau ingin mengusir kutu kasur, kita harus memastikan dulu bahan-bahan yang digunakan aman, ya. Bagi yang punya anak kecil dan hewan peliharaan, sebaiknya nggak memakai gel silika karena rawan termakan. Selebihnya, cara-cara di atas sangat patut dijajal. Selamat mencoba dan segera ucapkan selamat tinggal kepada kutu kasur!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE