5 Cara Mengobati Mata Ikan dengan Bahan Alami, Syukur-syukur Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Mata ikan

Mata ikan adalah salah satu penyakit kulit yang mungkin bentuknya hanya kecil tapi rasanya benar-benar mengganggu. Gangguan mata ikan ini biasanya terjadi pada kaki, telapak tangan, bahkan juga hingga di jari tangan. Sering disepelekan, mata ikan ini ternyata juga merupakan salah satu penyakit menular. Bisa menular kepada orang lain, atau menyebar pada area tubuh lain. Pada umumnya, mata ikan di kaki lebih sering terjadi dibandingkan pada bagian tubuh lain seperti di tangan atau jari jemari.

Advertisement

Dalam tingkatannya, mata ikan dibedakan menjadi mata ikan ringan dan juga keras, tergantung dari gejala yang timbul. Nah, seringkali kita bingung, apakah mata ikan berbahaya, dan apa obatnya. Bahkan, banyak orang memutuskan untuk memilih melakukan tindakan operasi mata ikan. Padahal, mata ikan sendiri bisa diobati dengan cara-cara yang alami, murah, mudah, dan tentunya nggak ribet. Berikut ini adalah beberapa obat mata ikan alami yang bisa kamu coba.

1. Obati mata ikan dengan cuka apel dan batu halus, dijamin efektif banget

cuka apel / credit: Parenting Orami via parenting.orami.co.id

Siapa sangka jika manfaat cuka apel ini begitu banyak dalam keseharian kita, salah satunya adalah untuk mengobati mata ikan secara alami. Caranya pun bisa dibilang cukup mudah dan nggak butuh banyak biaya, yaitu cukup dengan cara merendam kaki yang terdapat mata ikan pada cairan berisi cuka apel tersebut selama kurang lebih 15-25 menit. Setelah itu, gosok bagian mata ikan dengan batu halus. Kemudian, balut kakimu dengan perban yang juga telah dibasahi dengan cairan cuka apel. Lakukan terapi ini selama kurang lebih satu minggu.

2. Selain menggunakan larutan cuka apel, kamu bisa obati mata ikan dengan lemon atau jeruk nipis

lemon dan jeruk nipis / credit: Thedailymeal via www.thedailymeal.com

Nggak berbeda jauh dengan cuka apel, lemon dan jeruk nipis punya kegunaan untuk membantu melembutkan bagian yang terkena mata ikan. Caranya, ambil air perasan lemon dan jeruk nipis, kemudian gunakan untuk mengompres dan dioleskan secara rutin pada bagian yang terdampak. Jangan lupa juga untuk menggosoknya dengan batu apung halus setelah diolesi dengan air lemon atau jeruk nipis. Lakukan cara ini secara berkala untuk memperoleh hasil maksimal.

Advertisement

3. Selain itu, bisa juga menggunakan pepaya muda atau mentah. Dijamin nggak kalah manjur kok~

pepaya muda / credit: Klikdokter via www.klikdokter.com

Pilih pepaya yang masih muda atau mentah, kemudian dijus hingga teksturnya benar-benar lembut. Setelah itu, oleskan jus pepaya dengan alat bantu kapas atau tisu yang lembut, jangan pakai tangan. Ingat, jangan pakai tangan apalagi jika kamu belum membersihkannya, karena dikhawatirkan malah bisa menambah dampak infeksinya. Lakukan hal ini secara rutin juga kemudian tinggal tunggu hasilnya deh 😀

4. Kalau masih dirasa kurang manjur, bisa juga mengombinasikan antara air perasan lemon dengan aspirin

aspirin / credit: Healthyfood via www.healthyfood.com

Untuk beberapa jenis mata ikan di kaki atau telapak tangan yang sedikit membandel, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengobatannya. Nah, dalam mengakali hal tersebut, kamu bisa mengombinasikan air perasan lemon atau jeruk nipis dan aspirin.

Sebelum mencampurnya, haluskan aspirin terlebih dahulu, kemudian tambahkan air setelah mencampurkannya dengan perasan lemon. Jika sudah, cukup oleskan aja ramuan yang telah dibuat tersebut dan jangan lupa untuk membungkus kakimu dengan handuk hangat.

Advertisement

5. Terakhir, gunakan bawang putih. Cara ini dianggap menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk obati penyakit mata ikan

bawang putih / credit: Jovee via jovee.id

Jika semua cara sebelumnya sudah dicoba, kamu bisa menambahkan cara yang satu ini biar semakin cepat pulihnya. Bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang dinilai paling manjur untuk mengobati mata ikan, baik itu mata ikan di kaki atau mata ikan di telapak tangan.

Caranya, cukup potong bawang putih menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan potongan bawang putih pada bagian yang terdapat mata ikannya. Lakukan cara ini selama kurang lebih satu menit dan rutin dalam seminggu, setelah itu tutup bagian mata ikan dengan perban yang telah diberi bawang putih halus.

Gimana, gampang banget kan ternyata ngobatin mata ikan dengan cara-cara alami seperti ini? Sebelum akhirnya harus operasi, menggunakan cara alami seperti ini tentu lebih ekonomis. Ingat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan agar terhindar dari penyakit mata ikan. Kamu bisa memulainya dengan cara menerapkan cara hidup yang sehat dan bersih sejak dini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE