4 Langkah Membersihkan Storage Google Drive Tanpa Bayar Biaya Langganan. Biar Muat Banyak!

Membersihkan storage google drive

Hampir setiap hari, kita punya file baru yang mesti disimpan. Sebenarnya file ini bisa disimpan dalam komputer, flash disk, atau hard disk, tapi agar mudah diakses, kita perlu memanfaatkan layanan penyimpan online, seperti Google Drive. Layanan penyimpanan ini memang gratis, tapi kapasitasnya nggak banyak, cuma tersedia 15 GB saja. Kalau mau lebih dari itu, kamu harus membayar biaya langganan sesuai dengan banyaknya ruang penyimpanan.

Advertisement

Nah, biar tetap muat banyak file, kamu harus rajin-rajin membersihkannya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk agar storage alias penyimpanan Google Drive nggak kepenuhan.

1. Wajib hukumnya buat menghapus setiap file yang berukuran besar

hapus file besar via asapguide.com

Beberapa orang biasanya nggak sadar kalau ternyata ia menyimpan file yang cukup besar di Google Drive-nya. Untuk mengecek besaran file, kamu bisa mengklik tautan ini (https://drive.google.com/drive/u/0/quota). Nggak lama, akan muncul file berurutan dari yang berkapasitas besar hingga kecil. Pilah dan hapus yang menurutmu nggak penting, apalagi kalau ukurannya besar.

2. Hapus juga spam dan aplikasi yang terhubung dengan Google Drive-mu

hapus aplikasi dan spam via mrguider.blogspot.com

Untuk mengecek aplikasi yang memuat sampah, kamu bisa mengklik ikon roda gerigi yang ada di bagian atas. Kemudian klik menu ‘Settings’ dan masuk ke ‘Manage Apps’. Di menu ini kamu akan melihat rincian file sampah yang ada di aplikasi. Pilah dan hapus semua file sampah.

Advertisement

Nggak cuma itu, kamu juga bisa menghapus beberapa aplikasi yang terhubung secara default dengan Google Drive. Masih di menu yang sama, tapi kamu cuma perlu menghilangkan centang pada layanan yang nggak digunakan.

3. Disarankan juga buat menghapus e-mail secara rutin setiap seminggu sekali. Ukuran e-mail-nya sih nggak besar, lampirannya itu yang menuh-menuhin

bersihkan email via support.google.com

Caranya gampang, pertama ketik ‘has:attachment larger:10M’ pada kolom pencarian di bagian atas. Biasanya, setelah itu akan muncul kumpulan e-mail yang ukurannya lebih dari 10 MB. Saring, kemudian hapus yang menurumu nggak penting. Supaya bersih permanen, hapus juga yang ada di folder ‘Trash‘.

4. Kalau Drive terhubung dengan Google Photos, kurangi kualitas fotonya biar nggak kepenuhan storage-mu

Advertisement

atur kualitas foto via www.theverge.com

Bagi pengguna Android, kamu bisa mencadangkan foto secara otomatis dengan layanan Google Photos. Sayangnya, layanan ini memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, apalagi kalau fotonya banyak. Triknya, kurangi resolusi fotonya. Caranya, masuk ke halaman pengaturan Google Photos melalui tautan berikut: https://photos.google.com/settings.

Di pilihan teratas, kamu akan melihat tulisan ‘Original’ dan ‘High Quality’. Pilihlah menu ‘High Quality’ untuk mendapatkan penyimpanan tak terbatas. Di halaman yang sama, kamu juga bisa mengklik ‘Recover Storage’ untuk mengubah resolusi semua foto dan video jadi lebih kecil.

Tanpa harus membayar biaya langganan agar kapasitas penyimpananmu lebih banyak, lakukan pembersihan file lebih rutin saja. Jangan lupa juga untuk selalu menghapus file nggak penting di folder ‘Trash’ dan ‘Shared with me’. Soalnya dua folder ini biasanya dipenuhi banyak file sampah.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE