6 Cara ini Efektif Hilangkan Kebiasaan Tidur Mangap Tanpa Harus Pakai Plester di Mulut

mengatasi tidur mangap

Mangap saat tidur memang seringnya nggak disadari. Nggak hanya jadi bahan ejekan, tidur dengan mulut terbuka juga menjadi penyebab sekaligus menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya adalah erosi hingga pembusukan gigi lantaran kadar asam yang meningkat saat mulut menjadi kering.

Advertisement

Meski bisa diatasi dengan menerapkan teknik tidur dengan plester di mulut seperti yang telah dipraktikkan oleh Andien, kebiasaan tidur sambil mangap bisa dihilangkan perlahan dengan cara-cara yang telah Hipwee Tips himpun berikut.

1. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, coba cari tahu lebih dulu apa penyebabnya

amandel penyebabnya via www.halodoc.com

Amandel menjadi salah satu alasan yang menyebabkan tidur dengan mulut terbuka. Bisa juga karena struktur dalam mulut yang tidak sempurna. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengonsultasikannya dengan dokter agar penyebab mulut terbuka saat tidur terdeteksi dengan jelas.

2. Jika kamu memiliki alergi, cobalah untuk menghindari alergen agar nggak lagi tidur dengan mulut terbuka

supaya nggak berdebu via www.liputan6.com

Terpapar alergen juga bisa menyebabkan hidung tersumbat sehingga kamu pun terpaksa bernapas lewat mulut — yang akhirnya memicu tidur dengan mulut terbuka. Makanya, rajinlah membersihkan rumah untuk mengusir debu, serbuk tanaman, dan penyebab alergi lain yang bisa menyumbat saluran udara di hidung.

Advertisement
3. Tinggikan kepala dengan bantal atau kasur agar saluran udara dan pernapasan hidung jadi nggak terbatas sehingga kamu bisa tidur tanpa menganga

tidur dengan bantal tinggi via intisari.grid.id

Tambahkan bantal di bawah kepala agar posisi atas badan jadi lebih tinggi. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi mampu mencegah hidung tersumbat dan membuat saluran udara di hidung terbuka. Dengan begitu, kamu nggak akan lagi tidur mangap dan jadi bahan bercandaan.

4. Supaya nggak mangap, tidurlah dengan posisi tengkurap atau miring ke samping. Bebas kok, mau ke samping kiri atau kanan, senyamannya saja

tidur tengkurang via wow.tribunnews.com

Tidur telentang bisa memperburuk pernapasan ketika tidur di malam hari. Posisi ini bisa menyebabkan asupan napas menjadi berat sehingga sulit melepas udara melalui hidung. Makanya, kamu disarankan untuk tidur tengkurap atau miring supaya nggak mangap saat tidur.

5. Dengan melatih pernapasan, kebiasaan tidur dengan mulut terbuka lambat laun akan menghilang lo!

melatihan pernapasan via lifestyle.kompas.com

Jika sering latihan pola pernapasan, kamu akan terus ingat bahwa bernapas harus lewat hidung, bukan mulut. Latihan pernapasan ini juga bisa kamu biasakan dengan cara menutup mulut lebih dulu dan ambil nafas lewat hidung. Setelah itu, buang nafas yang sudah kamu ambil juga lewat hidung, jangan dari mulut. Lakukan setiap hari agar kamu terbiasa, ya!

Advertisement

6. Olahraga teratur merupakan salah satu kunci agar kebiasan tidur mangapmu perlahan hilang

Olahraga kardio dan yoga merupakan aktivitas fisik yang mampu meningkatkan pernapasan, khususnya lewat hidung. Dengan begitu, kamu jadi terbiasa untuk nggak bernapas melalui mulut. Tapi, pastikan bahwa olahraga yang kamu lakukan nggak berlebihan, ya!

Kebiasaan tidur mangap yang bukan karena gangguan kesehatan serius sebetulnya bisa dikurangi jika kamu rutin melakukan hal-hal di atas. Jadi, jika kamu masih ragu untuk menerapkan tidur dengan plester di mulut, nggak perlu dipaksakan kok~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE