8 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya. Sobat Takut Getir Nggak Khawatir Makan Lagi!

Menghilangkan pahit daun pepaya

Nggak hanya buahnya, daun pepaya pun bisa dinikmati dan dijadikan masakan yang kaya gizi. Sayuran ini bisa kamu manfaatkan untuk memperlancar pencernaan atau mengobati demam berdarah. Akan tetapi, rasa pahit daun perasanya yang pahit bikin beberapa orang enggan untuk memakannya. Nah, melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pahit pada daun pepaya. Yuk, coba praktikkan!

1. Remas-remas daun pepaya yang mau dimasak

menghilangkan pahit daun pepaya

remas daun | Photo by www.idntimes.com

Advertisement

Ambil daun pepaya yang akan dimasak lalu remas-remas. Setelah itu, cuci dengan air mengalir agar getahnya hilang. Meski nggak terlalu mengurangi rasa pahitnya, daun pepayamu nggak akan segetir biasanya.

2. Merebus daun pepaya berkali-kali bisa bantu menghilangkan rasa pahitnya

merebus daun pepaya | Photo by www.youtube.com

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya adalah dengan merebusnya. Setelah rebusan pertama, buang airnya dan ganti dengan yang baru. Kalau sudah tiga kali rebusan, biasanya daun pepaya jadi nggak pahit lagi. Sayangnya, warna daun pepaya akan berubah. Untuk mengatasinya, tambahkan baking powder pada air rebusan kedua dan ketiga.

3. Nggak cuma untuk obat diare, daun jambu biji juga bisa dipakai untuk menghilangkan pahit daun pepaya lo!

menghilangkan pahit daun pepaya

daun jambu biji | Photo by merdeka.com

Rebuslah daun jambu biji berbarengan dengan daun pepaya dalam satu panci. Sebelumnya, remas-remas dulu daun bijinya. Rebus hingga 10 menit sampai air berubah keruh.

Advertisement

4. Kamu juga bisa mencampurkan daun pepaya ini dengan daun singkong lo!

rebus barengan dengan daun singkong | Photo by palembang.tribunnews.com

Nggak cuma bisa menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, bahkan daun singkong pun juga bisa sekalian kamu nikmati, lho. Jika memang nggak sempat merebus keduanya bersamaan terlebih dahulu, kamu bisa langsung mengolahnya jadi masakan lezat.

5. Garam kasar bisa jadi penetral rasa pahit daun pepaya

pakai garam kasar | Photo by www.bukalapak.com

Nggak perlu direbus, cukup remas saja daun pepaya yang sudah dilumuri garam kasar. Diamkan 10 menit dan olah daun pepaya setelahnya.

6. Selain garam, kamu juga bisa memakai gula pasir untuk menghilangkan pahitnya

menghilangkan pahit daun pepaya

gula pasir | Photo by www.klikdokter.com

Sama seperti garam, gula pun cukup diremas saja dengan daun pepaya. Rasa manis pada gula dipercaya mampu menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Advertisement

7. Manfaatkan asam jawa untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya

asam jawa | Photo by www.portraitnusantara.com

Nggak cuma menghilangkan pahit, asam jawa juga bisa menambah aroma daun pepaya lo! Rebus daun pepaya dan asam jawa secara bersamaan selama lima menit. Atau, kamu pun bisa merendamnya ke dalam larutan asam jawa sebelum dimasak.

8. Meski terbilang cukup unik, kamu juga bisa menghilangkan rasa pahit daun pepaya dengan tanah liat

tanah liat | Photo by tanahliatprakarya.com

Tanah liat dipercaya mampu memudarkan rasa pahit pada daun pepaya. Kamu hanya perlu merebus daun pepaya ini dengan campuran sedikit tanah liat. Sebelum daun pepaya matang, cuci daunnya dengan air yang mengalir lalu rebus kembali dengan air bersih sampai empuk.

Itu dia delapan cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Nggak perlu khawatir lagi ketika ingin memasak daun pepaya, sebab banyak cara bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa pahitnya. Cara-cara di atas juga nggak akan menghilangkan nilai gizi dari daun pepaya kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE