6 Manfaat Mantap Minyak Ikan untuk Kesehatan. Bukan Sekadar Suplemen Anak Biar Doyan Makan

Minyak ikan

Waktu kita kecil, ada masa di mana ibu menyuruh kita untuk mengonsumsi minyak ikan. Katanya ini suplemen biar doyan makan. Itulah kenapa banyak yang bilang manfaat minyak ikan untuk menambah berat badan. Minyak ikan yang diberi ibu ada yang berbentuk sirup berwarna oranye, ada juga yang berbentuk kapsul berwarna kuning bening. Saat itu kita nurut-nurut saja lantaran belum ngerti.

Advertisement

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak ikan memiliki kandungan omega-3, asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bikin doyan makan, sebenarnya banyak sekali manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh selain sekadar manfaat minyak ikan untuk anak. Nah, Hipwee Tips kali akan menjabarkan beberapa di antaranya. Selengkapnya di bawah ini.

1. Mengonsumsi minyak ikan membantu kita menjaga kesehatan jantung

bagus untuk kesehatan jantung | credit: klikdokter.com via www.klikdokter.com

Kamu yang orangtuanya punya riwayat sakit jantung, penting sekali untuk rutin minum minyak ikan demi mencegah penyakit berbahaya ini menurun padamu. Melansir Alodokter, penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi rutin minyak ikan memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung dibanding yang tidak. Minyak ikan berfungsi untuk mengontrol tekanan darah kita.

2.  Minyak ikan juga baik untukmu yang sedang melakukan program diet. Minyak ikan akan membantumu menjaga berat badan agar tetap ideal

bagus untuk pendampingan diet | credit: alodokter.com via www.alodokter.com

Jika kamu sedang bermasalah dengan berat badan, minyak ikan merupakan suplemen yang tepat untuk menjaga tubuh tetap ideal. Melansir Jovee.id, Profesor Peter Howe dari University of South Australia pernah melakukan penelitian tentang obesitas. Penelitian itu menyimpulkan bahwa minyak ikan bisa dijadikan suplemen tambahan agar berat badan terus ideal.

Advertisement

Orang yang berolahraga sambil mengonsumi minyak ikan terbukti mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

3. Minyak ikan juga bermanfaat mengurangi peradangan dan gejala inflamasi

membantu menyembuhkan peradangan dan inflamasi | credit: sehatq.com via www.sehatq.com

Suplemen minyak ikan sangat berguna untuk mengobati peradangan dan gejala inflamasi pada tubuh. Kandungan minyak ikan membantumu mengurangi nyeri dan peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian. Cocok banget buat kamu yang aktif main badminton, naik gunung, bersepeda, dan olahraga lainnya.

4. Minyak ikan disinyalir mampu mengurangi depresi dan gangguan mental tertentu

mengurangi depresi | credit: alodokter.com via www.alodokter.com

Beberepa hasil penelitian menunjukkan fakta yang mengejutkan, orang-orang dengan gangguan mental tertentu ternyata memiliki kadar omega-3 yang rendah pada otak. Otak manusia hampir 60 persennya lemak, sebagian lemak itu adalah asam lemak omega-3. Dengan alasan itu, mengonsumsi minyak ikan penting banget untuk mengurangi risiko gangguan mental.

Advertisement

5. Kandungan minyak ikan juga baik untuk kesehatan mata, terutama untuk orang yang sudah berumur

baik untuk mata | credit: sehatq.com via www.sehatq.com

Orang yang sudah berumur selalu punya kendala pada indera penglihatannya. Mulai dari rabun sampai katarak. Melansir sehatq, ada penelitian yang menemukan bahwa minyak ikan jika dikonsumsi selama empat setengah bulan bisa meningkatkan penglihatan orang tua yang mengalami gangguan mata. 

6. Selain buat manusia, minyak ikan juga bermanfaat bagi kesehatan hewan piaraan lo, khususnya anjing dan kucing

anjing dan kucing | credit: suara.com via www.suara.com

Minyak ikan ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan anjing dan kucing. Kandungan omega-3 pada minyak ikan bagus untuk kesehatan kulit, persendian, jantung dan otak mereka. Namun, memberikan minyak ikan pada hewan bukanlah hal mudah sebab beberapa hewan nggak suka dengan rasa dan bau yang amis.

Kamu bisa memberikan minyak ikan satu kali sehari pada hewan piaraanmu. Dosisnya tergantung dari berat badan mereka. Kalau kamu belum yakin, baiknya konsultasikan dulu pemberian minyak ikan ini pada dokter hewan langgananmu.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan bagi kesehatan, belum lagi manfaat minyak ikan untuk wajah. Selama ini, banyak orang mengira minyak ikan untuk bayi atau anak saja, padahal minyak ikan berfungsi untuk orang dewasa juga. Harga minyak ikan yang bagus juga nggak mahal-mahal banget. Harga minyak ikan murah di apotik, yang paling murah mulai 20 ribuan sampai yang paling mahal 300 ratus ribuan – tergantung mereknya, baik minyak ikan salmon ataupun minyak ikan kutuk. Buruan beli. Demi kesehatan, uang segitu harusnya sepele banget.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE