6 Trik Cerdas Renovasi Dapur Kecil yang Nggak Ngabisin Duit. Bujet 5 Juta Sudah Beres Semua

Renovasi dapur

Mewujudkan dapur minimalis impian di rumah KPR mungil bukanlah hal mustahil. Selain menggunakan jasa renovasi rumah, kamu pun bisa melakukan renovasi dapur rumah bersubsidi sendiri terutama jika dananya terbatas. Tak perlu khawatir soal desain maupun konsep dapurnya, sekarang sudah banyak gambar renovasi dapur yang bisa dengan mudah diakses melalui internet. Kalau sudah ketemu konsep dan desainnya, mulailah untuk membuat RAB renovasi dapur terlebih dulu. Dengan adanya RAB atau rancangan anggaran belanja, renovasi dapur minimalis nggak akan memakan banyak biaya. Jika rata-rata biaya buat dapur type 36 mencapai 10 juta, renovasi dapurmu nggak akan semahal itu.

Advertisement

Selalu ada banyak cara untuk menghemat biaya renovasi dapur. Dengan trik sederhana dari Hipwee Tips berikut, biaya membuat dapur ukuran 3×3 di rumah subsidimu bisa jauh lebih ditekan. Meski begitu, bukan berarti hasil renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 milikmu akan kelihatan murahan. Tetap senyaman dan seelok dapur impian yang ada di ekspektasimu kok. Yuk, simak!

1. Jika bujetmu terbatas, prioritaskan dulu untuk mengecat dinding dan kabinet dapurnya. Kalau dua komponen ini bisa disulap lebih maksimal, nuasana dapur akan langsung kelihatan berbeda

cat tembok dan kabinet dapur | credit: DIY Network via www.diynetwork.com

Pilihlah warna dinding yang bisa langsung mengubah mood dapurmu. Usahakan untuk memilih warna yang cenderung mudah diaplikasikan ke banyak dekorasi, misalnya abu-abu, krem, atau bisa hijau olive. Kalau sekiranya bakal butuh banyak cat, belilah yang emberan besar saja, biasanya sih jauh lebih murah. Rata-rata renovasi dapur mungil butuh sekitar 300 ribu untuk beli catnya.

2. Hal penting yang nggak boleh terlewat saat renovasi dapur dengan budget minim ialah memperbarui perkakas lama serta menambah beberapa aksesori dapur

perbarui perkakas dapur | credit: Sven Mieke via unsplash.com

Jangan lagi pakai sudip atau sutil yang sudah hilang gagangnya. Selain mengurangi kenyamanan saat memasak, sutil yang sudah tak bergagang akan mengganggu esetetika dapurmu. Perbaruilah perkakas dapur yang sekiranya memang perlu diganti dan pilih yang warnanya sesuai dengan tema dapur. Atau, kamu bisa menambahkan beberapa pernak-pernik dekorasi untuk menambah estetika dapur.

Advertisement

3. Pokok permasalahan dapur kecil biasanya ada di penerangannya. Tambahkan beberapa lampu saat renovasi dapur kecil supaya kelihatan lebih terang

tambahkan lampu | credit: Pinterest via in.pinterest.com

Daripada menjebol dinding untuk dibuat jendela lagi, mending tambahkan beberapa lampu sebagai sumber penerangan barunya. Pilihlah lampu LED yang hemat listrik serta memiliki warna yang sesuai dengan dinding maupun kabinet dapur. Pastikan lampu yang dipilih lebih terang daripada sebelumnya. Nah, supaya intensitas cahayanya menyebar, tempatkan lampu persis di tengah area dapur. Apalagi jika kamu mau renovasi dapur dan ruang makan digabung jadi satu.

4. Daripada mengganti ubin dan meja dapur, mending tambahkan stiker pelapis saja. Jauh lebih hemat pastinya~

pakai pelapis untuk ubin dan meja dapur | credit: Aliexpress via www.aliexpress.com

Sekalipun ubin nggak begitu kelihatan, namun perubahannya bisa membuat mood memasak jadi meningkat. Daripada mesti mengganti dengan motif keramik baru, lapisi saja dengan stiker yang motifnya sesuai dengan tema dapur. Untuk meja dapur, kamu bisa menggunakan pelapis dari bahan vinyl atau silikon agar lebih mudah dibersihkan kalau-kalau terkena noda saat memasak.

5. Sediakan bujet untuk cooker hood, apalagi jika ukuran dapurmu nggak begitu besar serta tak memiliki bukaan yang layak

Advertisement

bujet buat cooker hood | credit: Pinterest via www.pinterest.cl

Sekalipun sedang menggarap renovasi dapur sederhana, cooker hood tetap perlu diperhitungkan. Bagi sebagian orang, mungkin benda ini terkesan nggak begitu penting, padahal perannya sangat efektif untuk menciptakan dapur nyaman yang bebas asap. Dengan memasang cooker hood di sekitar kompor, asap masakan nggak akan memenuhi dapur lagi.

Selain lebih sehat karena bebas dapur asap, cooker hood juga dapat menambah kesan minimalis di area dapurmu. Trik ini akan sangat efektif jika kamu juga tengah melakukan renovasi dapur dan kamar mandi yang letaknya bersebelahan. Asap masakannya nggak akan sampai masuk ke kamar mandimu.

6. Tatalah perkakas dan pernak-pernik dekorasi di tempat yang paling sesuai. Pasalnya, kunci keberhasilan renovasi dapur minimalis murah yang paling utama ialah di penataannya

penataannya harus pas | credit: Pinterest via www.pinterest.cl

30 persen keberhasilan renovasi dapur cantik ialah di penataan perkakasnya. Untuk itu, cobalah letakkan perabot di tempat yang paling pas menurut seleramu. Berdasarkan pengalaman renovasi dapur, berikut beberapa hal penting terkait penataan perkakas dapur yang bisa dijadikan pedoman:

  • Pisau dan barang pecah belah ditaruh di lemari khusus yang jauh dari jangkauan anak-anak.
  • Bumbu dapur diletakkan di rak gantung yang mudah dijangkau.
  • Tempatkan satu meja di antara wastafel dan dapur untuk memudahkan akses masakmu.
  • Taruh tempat sampah di seberang wastafel supaya dapur nggak bau karena udaranya lembap.

Renovasi dapur gratis memang hal mustahil. Namun bukan berarti renovasi dapur harus selalu mahal. Dengan beberapa trik di atas, biaya renovasi dapur bisa jauh lebih ditekan. Jangan khawatir, bahkan dengan bujet dibawah 5 juta pun bisa kok. Asal kebutuhan dapurnya bisa disesuaikan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE