Ini bukan surga. Bahkan di surga saja, keindahan seperti ini akan sulit ditemui.

Larik puisi India kuno ini tepat rasanya menggambarkan Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua, negeri kita begitu kaya. Bahkan di antara tempat-tempat yang indah ini, ada saja yang tak membuat kita bosan mendatangi berulang kali.

Advertisement

Tempat-tempat ini biasanya memang memiliki pemandangan alam luar biasa. Tidak hanya alamnya saja, budaya dan kuliner yang ada di sana juga adalah komoditi yang selalu mendatangkan minat wisatawan untuk kembali datang. Kira-kira di mana saja ya tempat wisata tersebut?

1. Mulai dari keindahan matahari terbit sampai candi bersejarahnya, Dieng selalu sukses membuat orang ingin kembali ke sana

puncak sikunir

puncak sikunir via sikunirdieng.wordpress.com

Selama beberapa tahun terakhir ini Dieng muncul sebagai destinasi idola baru. Bahkan karena popularitasnya, Hipwee pernah loh membuatkan artikel tentang cara berlibur ala backpacker ke Dieng supaya kalau kamu tertarik datang ke sana, eksplorasi bisa lebih mudah dilakukan.

Dikenal dengan istilah Negeri Para Dewa banyak orang mengaku jatuh cinta dengan berbagai tempat wisata satu ini. Mulai dari keindahan Puncak Sikunir yang sangat menawan dengan golden sunrise-nya, telaga warna, sampai dengan deretan candi bersejarah selalu sukses membuat setiap orang yang pernah datang ke sini mengaku ingin selalu kembali.

2. Berbagai pulau di Kepulauan Seribu selalu membuatmu berharap punya libur beberapa minggu. Agar bisa khatam mengunjungi pulau-pulaunya yang cantik itu

Advertisement

Bagi masyarakat Jakarta, mencari tempat wisata yang masih perawan tentu sulit. Di tengah pembangunan gedung-gedung pencakar langit, kota ini kehilangan banyak lahan yang bisa dikelola untuk menjadi tempat wisata. Namun ternyata mereka gak sesengsara itu kok. Dengan berbagai pantai indah yang berlokasi di Kepulauan Seribu hasrat liburan penduduk kota ini masih bisa terpuaskan.

Beberapa pantai eksotis di sana adalah Pulau Bidadari, Ayer, Kotok, sampai dengan Putri. Kenikmatan berlibur di Pulau Seribu makin bertambah tatkala kini sudah semakin banyak agen perjalanan yang menyelenggarakan liburan ke sana. Tentu untuk kamu yang tinggal di Jakarta tahu dong susahnya menolak ajakan berlibur ke pantai-pantai super epik tersebut?

3. Buat para pendaki, ajakan muncak di Semeru adalah kesenangan yang tidak boleh dilewatkan

Gunung Semeru ibarat ‘artis’-nya para pendaki. Begitu banyak yang bermimpi bisa pergi ke gunung cantik ini. Memiliki ketinggian 3.676 mdpl, Semeru memang memiliki banyak spot yang layak dijelajahi. Salah satunya adalah Ranu Kumbolo yang keindahannya begitu termasyhur di atas sana. Tentu kamu tahu dong bahwa tidak sedikit pendaki yang sengaja naik ke sini karena penasaran dengan keindahan danau satu ini.

Meski sudah pernah didaki, banyak pendaki yang mengaku mau kalau diajak muncak lagi ke Semeru. Alasannya sih simpel, adrenalin dan keelokan alamnya itu adalah magnet tersendiri. Status Semeru sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa juga menambah daftar panjang alasan orang untuk mendatangi gunung berapi yang ternyata masih aktif ini.

4. Wisata alam bawah laut sampai dengan hidangan seafood menjadikan Pangandaran tidak pernah bosan meski didatangi berulang kali

Pangandaran

Pangandaran via visit-pangandaran.com

Kalau di Bali ada Pantai Kuta yang jadi unggulan, maka di Jawa Barat Pantai Pangandaran boleh jadi kebanggaan. Pantai yang memiliki garis panjang ini memang memiliki kelebihan antara lain ombaknya yang tinggi, wisata alam bawah laut, serta aneka seafood yang siap menggoyang lidah para turis yang datang. Kalau kamu adalah pecinta olahraga selancar, maka mengunjungi Pangandaran adalah pilihan yang tepat.

Di sore hari, kamu wajib berburu sunset-nya yang luar biasa kerennya. Meskipun telah dikunjungi berkali-berkali tapi nyatanya datang ke Pangandaran selalu memberi sensasi yang berbeda. Kalau kamu sudah pernah ke sini, dijamin deh gak akan sanggup nolak meski di ajang ke sana lagi.

5. Adakah dari kamu yang sanggup menolak ajakan plesir ke Kota Kembang?

Selain sebagai kota wisata, Bandung juga dikenal sebagai pusat mode. Biasanya orang akan datang ke berkunjung ke Bandung tidak hanya menikmati wisata alamnya saja, tapi juga memuaskan hasrat belanja yang ia punya. Udara sejuk khas pegunungan menjadi magnet tersendiri mengapa kota ini selalu padat pengunjung yang umumnya didominasi oleh penduduk Jakarta.

Meskipun sering dan sudah jadi tempat pelarian orang-orang di sekitarnya untuk berlibur, Bandung gak pernah kehilangan fans-nya. Di akhir minggu akan ada banyak orang yang berseliweran menikmati suasana Kota Kembang yang katanya makin keren di bawah pimpinan Kang Emil ini. Aneka kuliner di sana juga menjadi alasan tambahan kenapa banyak orang suka banget liburan ke kota berhawa sejuk tersebut.

6. Pesona wisata Banyuwangi adalah masterpiece dari Tuhan yang layak kamu datangi berulang kali

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen di Banyuwangi via junantoherdiawan.com

Nama Banyuwangi mungkin memang belum booming seperti Derawan atau Belitung. Tapi soal deretan wisata indah, jangan meragukan kota yang terletak di bagian paling Timur Pulau Jawa tersebut. Beberapa di antaranya adalah Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, sampai dengan Green Bay (Teluk Hijau) yang kini sudah banyak dikenal.

Ya, banyak wisatawan yang kini mulai melirik berbagai tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Kelengkapan aneka spot wisata mulai dari pengunungan sampai keindahan pantai menjadikan kota ini diprediksi akan menyaingi popularitas Malang sebagai tempat wisata. Nah kalau kamu mau tahu betapa istimewanya Banyuwangi cobain deh sekali ke sana, dijamin di kunjungan berikutnya kamu pasti mau diajak ke Banyuwangi lagi.

7. Sementara untuk sunrise, Bromo juaranya

Minimal sekali seumur hidupmu, menurut Hipwee kamu wajib mendatangi Gunung Bromo. Menyaksikan matahri terbit di atas sana bukan hanya diakui indah oleh turis lokal bahkan sampai dengan internasional. Meski harus berjibaku dengan rasa dingin menusuk tulang, tapi apa yang akan kamu saksikan di atas sana membuat semua perjuanganmu terasa di balas dengan setimpal.

Banyak orang mengaku bahwa kecantikan pemandangan di Bromo tidak hanya cukup didatangi sekali. Jika diajak lagi ke sana, tidak sedikit orang yang merasa susah menolak. Mungkin kalau kamu sudah pernah ke sana, pasti setuju deh dengan anggapan tersebut. Iya apa enggak?

8. Wisata alam, kuliner, sampai budaya membuat kunjunganmu ke Yogyakarta tidak pernah sia-sia

Semua dari kamu pasti setuju deh kalau Yogyakarta adalah salah satu kota yang gak akan pernah mati meski sudah sering dikunjungi. Bosan dengan wisata kotanya kamu bisa belok ke Pantai Gunung Kidul yang ada di sana. Jangan lupa berkunjung ke Kali Biru yang lagi hits banget. Pokoknya kota ini selalu punya tawaran menarik yang bikin orang gak sanggup nolak untuk berlibur ke sana lagi.

Letak kelebihan Yogyakarta juga ada pada budaya Jawanya yang kental. Kesopanan dan keramahan masyarakat sekitar jadi nilai plus yang membuat orang yang menjatuhkan pilihan untuk berlibur ke sini lagi dan lagi. Nah kalau kamu adalah traveler yang punya budget terbatas, Yogyakarta juga terkenal ramah banget soal harga.

9. Meski telah dikunjungi ribuan kali, siapa juga yang sanggup menolak plesiran ke pulau yang punya banyak stok pantai menawan ini?

Coba deh kalau dipikir-pikir tempat mana yang kayaknya dari kecil sering dikunjungin tapi belum pernah kerasa bosannya?

Mungkin jawabannya adalah Bali. Study tour sekolah ke Bali, liburan sama teman ke Bali, outting kantor Bali lagi, bahkan sampai honeymoon nanti nama Bali bisa jadi muncul terus. Sulit dipungkiri pulau seribu pantai ini memang selalu menjadi top of mind kita saat berlibur. Kayaknya mau sampai tua pun kamu akan tetap memfavoritkan Bali sebagai tempat berlibur.

Dari beberapa tempat wisata di atas, mana nih yang menurut kamu gak ada matinya walau sudah didatangi berulang kali? Atau mungkin masih ada tempat lainnya yang terlewati? Kasih tahu kita via kolom comment di bawah ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya