Banyak faktor yang bisa menyebabkan pasangan menikah sulit mendapatkan keturunan. Namun nggak selamanya disebabkan oleh gangguan reproduksi pada cewek. Beberapa di antaranya disebabkan oleh kelainan yang dialami oleh para cowok, mengingat sperma juga menjadi elemen penting untuk proses pembuahan.

Nah, artikel Hipwee kali ini ingin membahas tentang salah satu gangguan pada alat reproduksi cowok yang mengakibatkan dirinya sulit menghamili pasangan, alhasil jadi susah punya keturunan. Meski kamu nggak mengalaminya, ada baiknya kamu kenali gangguan pada sperma yang lumayan ngeri berikut.

Azoospermia, kondisi pada air mani yang nggak berisi sel sperma alias kosong sehingga sulit menghamili pasangannya

Sperma kosong via afairgo.net

Advertisement

Ada beberapa gangguan sperma yang terjadi pada cowok, salah satunya adalah azoospermia. Istilah ini digunakan ketika seorang cowok nggak mengeluarkan sperma sama sekali pada saat terjadi ejakulasi, jadi hanya air mani yang kosong tanpa isi. Karena nggak ada benih yang dikeluarkan saat ejakulasi, kondisi ini menjadi penyebab utama cowok hampir nggak mungkin membuahi pasangannya. Namun nggak selalu berarti mandul, asalkan testis nggak mengalami kerusakan dan masih bisa memproduksi sperma lho ya! Azoospermia sendiri nggak bisa dilihat dengan kasat mata, harus melalui analisis secara akurat di laboratorium.

Agar bisa segera diatasi, ketahui dulu penyebab kurangnya produksi sperma berikut ini…

Ada 3 faktor yang menyebabkan kondisi azoospermia:

1. Terganggunya hormon penunjang reproduksi akibat obat-obatan tertentu atau gaya hidup yang nggak baik

Kebiasaan buruk via www.dnaindia.com

Testis memerlukan hormon hipofisis untuk merangsang pembuatan sperma. Jika hormon tersebut nggak ada atau sangat kurang, maka testis otomatis nggak akan memproduksi sperma secara maksimal. Gangguan hormon ini bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti androgen (steroid), antibiotik, dan obat-obatan untuk mengobati peradangan atau kanker. Selain obat-obatan, gaya hidup yang nggak baik seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan penggunaan narkotika juga bisa menyebabkan gangguan hormon yang berfungsi untuk mendukung fungsi reproduksi.

2. Testis nggak mampu lagi memproduksi sperma dan membuat jumlah sperma matang yang memadai untuk membuahi

Nggak ada sel yang membelah menjadi sperma via histology.medicine.umich.edu

Advertisement

Ada beberapa alasan penyebab kegagalan testis nggak mampu memproduksi sperma. Yang pertama, testis nggak punya sel-sel yang membelah menjadi sperma atau yang disebut ‘Sertoli cell-only syndrome’. Kedua, sperma nggak mampu menyelesaikan tahap perkembangannya (maturation arrest). Nah yang ketiga, ketidakmampuan ini bisa juga disebabkan oleh adanya kelainan genetik.

3. Varises yang terjadi di buah zakar karena terbukanya pembuluh darah di dalam skrotum

Varises pada buah zakar ini biasa disebut dengan varicocele. Sama halnya dengan varises yang biasa terjadi di kaki, pembuluh darah vena yang membesar dan terbuka pada buah zakar disebabkan karena darah nggak mengalir dengan baik. Pelebaran pembuluh darah menyebabkan banyak darah yang mengalir ke skrotum yang berakibat negatif pada produksi sperma.

Proses pengobatannya sendiri ada beberapa prosedur, tergantung dari penyebab azoospermia yang didiagnosa. Tenang, masih ada harapan punya keturunan kok!

Konsultasikan dengan dokter via mylittlesoldiers.net

Jika sudah divonis azoospermia, bukan berarti bakal mandul selamanya dan nggak bakal punya keturunan. Beberapa pengobatan ini bisa mengatasi azoospermia yang menjadi masalah utama para cowok yang sulit membuahi pasangannya berikut.

  • Melalui obat-obatan berupa antibiotik yang bisa diberikan untuk mengobati infeksi pada sistem reproduksi juga mengatasi ketidakseimbangan hormon.
  • Percutaneous embolization, prosedur yang dapat digunakan untuk mengobati varicocele yakni dengan membuat sumbatan pada pembuluh darah yang membesar untuk menghentikan aliran darah.
  • Ekstraksi sperma, sperma dapat diekstraksi atau dihapus dari testis atau epididimis jika ada halangan. Semen yang diekstrak dapat disimpan atau digunakan untuk membuahi sel telur lewat bayi tabung.
  • Operasi untuk menghapus varicocele atau memperbaiki vas deferens yang tersumbat.

Informasi mengenai salah satu gangguan reproduksi cowok di atas mengingatkan kita bahwa masalah sulitnya punya keturunan nggak semata-mata karena adanya kekeliruan di pihak cewek. Jika ada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan, bisa jadi yang lebih berpotensi diperiksa kesehatannya adalah pihak suami. Semoga rumah tanggamu baik-baik saja, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya