Segudang Manfaat Taoge untuk Pasangan yang Sedang Progam Hamil. Murah dan Mudah Didapat!

tauge untuk kesuburan

Kalau selama ini kamu menyisihkan taoge dari rawon atau ketoprak yang sedang kamu makan, mungkin kamu perlu mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Apalagi jika kamu sedang dalam program untuk mendapatkan momongan. Satu perubahan kecil dari meja makan bisa jadi membantumu dan pasangan dalam mencapai keinginan. Pasalnya ternyata walaupun kecil namun tauge memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk kesuburan.

Advertisement

Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat kamu akan mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Kita simak dulu yuk kandungan, manfaat, hingga cara memilihnnya!

Salah satu kandungan taoge yang akan bermanfaat bagi kesuburan adalah antioksidan

Salah satu sayuran yang tinggi kandungan antioksidannya | Gambar oleh Arek Socha via pixabay.com

Dilansir dari Hello Sehat, sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Cochrane Collaboration pada tahun 2011 pria yang mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan akan lebih subur daripada yang tidak. Kandungan ini juga dapat melindungi sperma dari oksigen reaktif yang dapat merusaknya. Kelebihan oksigen reaktif ini dapat menyebabkan rusaknya struktur DNA, menurunkan jumlah sperma, menghambat pergerakan dan merusak fungsinya.

Taoge mengandung banyak antioksidan dalam bentuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Jika kamu adalah seorang perokok, maka antioksidan dari tauge adalah salah satu hal yang sangat kamu perlukan.

Advertisement

Jika biasanya asam folat dikonsumsi perempuan yang sedang program hamil, ternyata laki-laki juga membutuhkannya. Taoge bisa menyediakan asupannya, lo!

Dibutuhkan oleh semua, baik perempuan atau laki-laki |  Gambar oleh ivabalk via pixabay.com

Banyak sekali susu yang disediakan untuk perempuan yang sedang program hamil dan mengandung asam folat. Namun, ternyata kandungan ini tak hanya dibutuhkan oleh perempuan, laki-laki juga membutuhkannya. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk DNA, memproduksi dan menjaga sel-sel baru, serta membuat sel darah merah yang sehat. Kabar baiknya, kandungan ini bisa diperoleh dalam taoge yang mungkin saja selama ini kamu sisihkan begitu saja.

Meskipun mengandung berbagai manfaat tersebut, taoge juga memiliki kemungkinan mengandung bakteri jenis tertentu. Jadi, hati-hati dalam pengolahannya!

Taoge panjang yang sedang dibersihkan | Credit: Hyeon-Jeong Suk, CC BY 2.0 via commons.wikimedia.org

Dilansir dari Alo Dokter, kamu perlu berhati-hati saat memilih tauge apalagi jika membelinya di pasar. Alasannya, sayuran ini memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan infeksi dengan gejala sakit perut, diare, sakit kepala, pusing, muntah, dan demam. Selain itu mungkin ada juga bakteri E. C*li yang juga menyebabkan infeksi. Penyebab hal tersebut bisa terjadi mungkin karena kondisi yang hangat dan lembap saat proses perubahan kacang menjadi taoge yang mendukung perkembangan bakteri. Pemilihan biji yang kurang higienis juga bisa jadi penyebabnya.

Jika hendak mengonsumsi taoge secara aman ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memilih sayuran ini

Advertisement

Bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat | Gambar oleh eunyoung LEE via pixabay.com

Kamu bisa mencium baunya saat memilih, taoge yang bagus seharusnya tidak berbau. Untuk menghilangkan bakterinya, kamu bisa mencuci hingga bersih lalu memasukkannya ke kulkas. Kamu juga perlu memastikan bahwa tauge yang kamu makan adalah taoge yang sudah matang yang dimasak dengan air mendidih, jangan memakannya mentah.

Nah, walaupun tauge memiliki manfaat yang baik untuk kesuburan namun pemilihan saat membelinya juga perlu diperhatikan. Selain itu, hal yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah taoge harus dikonsumsi saat sudah matang, bukan ketika mentah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE